Home  »  Hosting   »   Cara Install Express.js di Hosting

Cara Install Express.js di Hosting

Last Update:

Cara Install Express.js
Hi DomaiNesians! Kamu suka utak-atik website? Suka iseng coba bikin website sendiri? Nah, buat kamu yang udah bosen pakai bahasa pemrograman PHP, kamu bisa lho move on ke Node.js. Mau tahu apa itu Node.js dan kelebihannya? Silahkan baca Kelebihan Node.js dalam Pembuatan Website. Sebagai pengganti bahasa pemrograman PHP, tentu saja Node.js juga memiliki berbagai macam web framework. Kalau di PHP, kamu bisa menemukan framework seperti Codeigniter, Laravel dan Yii. Di Node.js kamu juga bisa menemukan web framework seperti Express.js, Sails.js dan Kraken.js. Nah, pada panduan kali ini DomaiNesia akan menjelaskan bagaimana cara install Express.js di Hosting. Pengen tahu? Yuk ikuti step per stepnya.

Baca Juga: Tips Memilih Hosting Terbaik

Apa itu Express.js?

Sebelum masuk ke cara install, sebaiknya kamu harus kenalan dulu dengan Express.js. Apa sih Express.js itu? DIkutip dari website resminya, Express.js merupakan salah satu jenis web framework berbasis Node.js. Di dalam express.js ini kamu bisa menemukan beberapa modul, helper dan library seperti layaknya framework PHP biasa.

Mengapa Harus Menggunakan Express.js?

Ada beberapa alasan mengapa kamu perlu melirik Express.js sebagai framework pilihan.
1.Cepat dan Fleksibel
2.Banyak fitur untuk development website
3.Adanya dukungan middleware
4.Support HTTP verb seperti POST, GET, PUT dan sebagainya
5.Routing dan Helper yang digunakan sangat mudah dan terstruktur
6.Dokumentasi komplit dan mudah dimengerti

Tahap Persiapan

Ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum mengikuti Cara Install Express.js yaitu.
Pertama, kamu harus tahu bagaimana akses server via SSH. Hal ini nanti berguna ketika melakukan instalasi. Nah buat kamu yang belum tahu, silahkan baca Cara Akses SSH Melalui Terminal atau PuTTy. Atau buat kamu yang belum tahu apa itu SSH, silahkan baca Apa itu SSH Server.
Kedua, karena proses instalasi banyak menggunakan command Linux jadi sebaiknya kamu kenalan dulu dengan berbagai command/perintah Linux. Buat kamu yang belum tahu, bisa baca di 10 Perintah Linux Yang Harus Kamu Tahu.
Ketiga, pastikan kamu sudah instal Node.js. Untuk panduannya, bisa cek di Cara Install Node.js di Hosting
Setelah ketiga persiapan tersebut sudah dilakukan, maka kamu siap untuk menginstall Express.js :))

Cara Install Express.js di Hosting

Adapun cara install Express.js di Hosting adalah sebagai berikut.

1. Menentukan Lokasi Install

Hal pertama yang harus kamu pikirkan adalah lokasi di mana Express.js akan diinstal. Apakah di domain utama? Apakah di subdomain? Jika di domain utama, silahkan lakukan instalasi di dalam public_html. Jika di subdomain, silahkan lakukan instalasi Express.js di dalam foldernya.
Misal:
Domain utama: websitesaya.com
Subdomain: express.websitesaya.com
Untuk membuat subdomain, silahkan ikuti panduan Cara Membuat Subdomain di Hosting.

Cara Install Express.js

2. Membuat NodeJS App

Karena Express.js adalah web framework berbasis Node.js maka kamu harus membuat NodeJS App terlebih dahulu di cPanel. Silahkan login cPanel dan pilih menu Setup Nodejs App. Silahkan buat sesuai Panduan Setting NodeJS.

Cara Install Express.js

Kemudian pilih versi NodeJS yang digunakan. Kami merekomendasikan untuk menggunakan NodeJS versi 8.10.0 karena sudah stabil. Pada Application mode, silahkan pilih mode Production. Pada Application root, kamu bisa buat folder untuk tempat instalasi. Setelah itu klik Create.

Cara Install Express.js

Tunggu sebentar hingga muncul seperti gambar. Pastikan kamu sudah menyalin/ mengcopy  path yang ada di Command for entering to virtual environment: . Jangan lupa untuk mengingat nama folder yang telah kamu buat! Path tersebut nantinya digunakan untuk instalasi Express.js di Hosting.

Cara Install Express.js

3. Akses SSH via Terminal atau PuTTy

Kemudian yang harus kamu lakukan yaitu mengakses server via SSH menggunakan Terminal atau Software PuTTy. Buat kamu pengguna Linux atau Mac, bisa menggunakan terminal. Buat kamu pengguna WIndows, bisa menggunakan Software PuTTy. Apabila anda belum mengetahui caranya, silahkan baca di Panduan Cara Akses SSH. Tulis

ssh username@controlpanelURL –p 64000

Perlu diingat bahwa SSH hanya bisa dilakukan minimal Paket Hosting Super

4. Masuk ke Node Environment

Instalasi Express.js harus dilakukan di enviroment Node.js yang tadi telah dibuat. Setelah berhasil masuk hosting via SSH, kamu bisa langsung masuk node environment. Adapun caranya yaitu, path yang tadi sudah kamu copy silahkan di paste di terminal. Misalnya,

source /home/websites/nodevenv/expressbaru/8/bin/activate

Setelah di paste dan enter, maka tampilan akan berubah. Folder akan dipindah ke node environment berdasarkan folder yang tadi dibuat.

Cara Install Express.js

5. Konfigurasi NPM

Silahkan masuk ke folder yang tadi dibuat. Karena Express.js berbasis NodeJS, maka kali ini package manager yang digunakan yaitu npm. Nah, silahkan tulis perintah berikut,

NODE_ENV=production npm install

Kemudian tulis

npm init

perintah ini berfungsi untuk membuat file package.json. Tunggu sebentar hingga proses selesai.

Setelah itu, silahkan buka halaman Setup NodeJS App di cPanel Hosting kembali. Silahkan klik Run NPM Install. Tunggu sebentar kemudian klik Save. Setelah itu klik Restart.

Cara Install Express.js

4. Install Express.js di Hosting

Sekarang, kembali ke mode terminal/ konsol. Nah untuk melakukan instalasi Express.js silahkan tulis command berikut,

npm install express

Tunggu sebentar hingga proses instalasi selesai. Jika sudah, kamu bisa mendapatkan folder node_modules yang berisi beberapa folder salah satunya folder express.

5. Menjalankan File ExpressJS

Nah, untuk mengetahui apakah proses install Express.js berhasil, kamu harus membuat file berbasis Node.js. Kamu bisa menggunakan perintah nano atau vim.

vim app.js

Kemudian isi dengan kode berikut:

var express = require(‘express’);
var app = express();
// Routes
app.get(‘/’, function(req, res) {
res.send(‘Hello World!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!’);
});
// Listen
var port = process.env.PORT || 3000;
app.listen(port);
console.log(‘Listening on localhost:’+ port);

Catatan: Bagi kamu yang belum terbiasa menggunakan vim, silahkan copy script di atas. Kemudian tulis vim index.js. Ketika muncul layar kosong, silahkan klik kanan pilih paste. Setelah itu untuk menyimpan script, silahkan tekan “Esc” pada keyboard. Lalu tulis :wq dan enter.

6. Proses Install Express.js Berhasil!

Oke, coba sekarang buka web browser kemudian tulis sesuai nama domain kamu. Jika menggunakan subdomain, pastikan tulis juga dengan subdomainnya. Dan lihat apa yang terjadi! Jika berhasil, maka file app.js tadi akan berjalan dengan sukses.

Pastikan pada Application startup file, kamu tulis sesuai file ExpressJS yang ingin dijalankan. Pada kasus ini, silahkan tulis app.js.

Oiya kamu juga bisa cek service Express.js melalui terminal. Silahkan tulis command berikut,

Closing

Nah, cara install Express.js sangat mudah kan? Memang bagi yang belum terbiasa menggunakan perintah terminal Linux akan cukup membingungkan. Tetapi jika kamu mengikuti step by step cara di atas, Kami pastikan kamu akan lebih mudah untuk melakukan instalasi. Jangan ragu untuk menghubungi Tim Support DomaiNesia apabila kamu mengalami kesulitan ya! Tertarik dengan Hosting Murah Berkualitas? Cek aja Hosting DomaiNesia!

Baca Juga: Cara Membuat Toko Online Sendiri

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!