Home  »  Permulaan   »   Hosting dan Domain Telah Aktif? Ayo Membuat Website dengan Mudah

Hosting dan Domain Telah Aktif? Ayo Membuat Website dengan Mudah

Last Update:

membuat website dengan mudah, membuat website sendiri

Introduction

Terkadang banyak pertanyaan yang muncul tentang apa sih yang harus dilakukan ketika hosting dan domain telah aktif? Eittss sebelumnya udah paham kan ya apa perbedaan domain, hosting, SSL dan website? Jika belum paham silahkan baca selengkapnya di Apa itu Domain dan Hosting. Nah jika domain dan hosting sudah ada, apakah saya bisa membuat website sendiri? Apakah perlu setting macam- macam? Butuh biaya tambahan untuk membuat website?  Tenang, ketika hosting dan domain yang anda beli di DomaiNesia telah aktif maka ada banyak hal yang dapat dilakukan. Jangan lupa untuk menentukan tujuan utama anda dalam pembelian domain dan hosting. Apakah digunakan untuk membuat website company profile, ecommerce, sistem informasi, toko online maupun website organisasi lainnya. Dengan DomaiNesia, anda dapat membuat website dengan mudah. Anda bisa membuat website sendiri, membuat toko online, melakukan upload file website, membuat elearning dan sebagainya. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu anda ketahui dan lakukan ketika hosting dan domain telah aktif. Antara lain,

Membuat Static Website

Apabila anda hanya ingin membuat suatu website yang static saja, maka anda dapat menggunakan fitur Site Publisher dari cPanel di DomaiNesia. Fitur ini mempermudah anda apabila ingin membuat tampilan di awal saja. Hal ini sangat berfungsi untuk membuat portofolio website, company profile, maupun tampilan under construction Misalnya, website utama sedang dalam masa maintenance atau belum jadi namun anda telah membeli domain dan hosting maka dapat menggunakan fitur Site Publisher. Untuk membuat static website, lebih lengkapnya dapat anda baca di Panduan Membuat Static Website Menggunakan Site Publisher.

Mudahnya Membuat Website Sendiri

Membuat website untuk para developer terbilang tidak cukup sulit. Namun, bagi masyarakat umum membuat website sendiri bukan perkara yang mudah. Karena diperlukan skill khusus dalam bahasa pemrograman untuk membangun suatu website. Tidak sedikit biaya yang dikeluarkan hanya untuk membangun website sekolah, company profile dan sebagainya. Namun, sekarang ini anda tidak perlu khawatir. Walaupun anda tidak mengerti tentang bahasa pemrograman, anda tetap dapat membuat website sendiri dengan mudah, cepat dan simpel.

Terobosan baru kami hadirkan untuk anda mengenai cara membuat website sendiri dengan mudah, yaitu menggunakan fitur Instant Deploy DomaiNesia. Melalui fitur ini, anda tidak perlu susah- susah membangun suatu website dari nol. Cukup memilih kategori website yang diinginkan, melakukan pembelian hosting dan domain serta memasukkan email dan password untuk melakukan pengelolaan website. Maka dengan sekejap website yang anda impikan akan jadi kenyataan. Untuk membuat website melalui fitur Instant Deploy, anda dapat membaca di Cara Membuat Website Sendiri

Membuat Database Baru

Databaseadalah hal yang penting dalam suatu website. Anda dapat membuat database baru kemudian melakukan konfigurasi website yang ada buat di server lokal. Terdapat berbagai macam jenis database, misalnya MySQL dan PostgreSQL. Untuk membuat database baru maka dapat anda baca di Panduan Membuat Database MySQL di cPanel. Untuk membuat database di cPanel sangat mudah. Anda cukup membuat database baru kemudian memasukkan username dan password saja sebagaimana membuat database MySQL biasa. Buat pengguna PostgreSQL, kamu bisa mengikuti panduan Cara Membuat Database PostgreSQL di cPanel Hosting. Bagi yang sudah memiliki website sendiri, kamu bisa  mengikuti cara upload database ke hosting.

Membuat Website dengan WordPress Melalui Softaculous

Bagi anda yang tidak terlalu mengerti dengan dunia pemrograman namun ingin memiliki website yang bagus menarik jangan khawatir. Anda dapat menggunakan Content Management System atau CMS WorPpress. CMS WordPress ini sangat terkenal di kalangan masyarakat karena cara penggunaanya yang mudah, powerful dan sangat efisien sesuai dengan penggunaan. Anda dapat melakukan kustomisasi template, dashboard dan menambah beberapa plugin agar sesuai dengan website yang diinginkan. Di DomaiNesia, anda sebenarnya dapat membuat website sendiri dengan mudah dan cepat melalui fitur Instant Deploy. Namun, bagi anda yang telah membeli domain dan hosting bukan melalui fitur Instant Deploy, jangan khawatir. Anda dapat melakukan instalasi WordPress melalui Softaculous. Softaculous merupakan fitur cPanel yang digunakan untuk mempermudah anda dalam proses instalasi CMS. Untuk membuat website sendiri dengan WordPress melalui Softaculous, anda dapat melihat panduannya di Panduan Instalasi Worpress Melalui Softaculous. DomaiNesia juga punya Hosting WordPress Murah lho! Dengan hosting ini, WordPress akan terinstall secara otomatis.

Upload File Website ke Hosting

Apabila anda telah mendevelop suatu website di server lokal (localhost), maka anda dapat membuat website segera online dan dapat diakses banyak orang dengan melakukan upload ke hosting. Untuk melakukan upload file website ke hosting anda dapat membacanya di Panduan Upload File Website ke Hosting. Namun pastikan kamu tahu bagaimana cara login cPanel Hosting Upload website dengan mudah dapat dilakukan melalui file manager yang ada di cPanel DomaiNesia atau melalui FTP Client seperti FileZilla. Untuk melakukan upload file website melalui FileZilla maka anda dapat membacanya di Panduan Upload File Website Melalui FileZilla. Sebelum melakukan upload file website, jangan lupa membuat dan melakukan konfigurasi database agar website berjalan seperti yang diinginkan.

Build Your Online Shop!

Anda ingin membuat toko online namun tidak tahu cara membuatnya? Tenang, setelah hosting dan domain telah aktif maka anda dapat membuat toko online dengan mudah menggunakan CMS Prestashop, OpenCart dan WooCommerce. Prestashop adalah salah satu CMS yang cukup populer di kalangan masyarakat karena mudah digunakan, bersifat open source dan memiliki kemampuan yang cukup mumpuni untuk membangun toko online atau sistem e-commerce. Untuk membuat toko online di hosting, anda dapat membacanya di Panduan Instalasi Prestashop Melalui Softaculous. Buat yang nggak mau ribet, anda bisa baca Cara Membuat Toko Online Sendiri

Closing

Dengan segala kemudahan yang ditawarkan DomaiNesia, anda dapat dengan mudah mengetahui hal- hal yang dapat anda lakukan setelah hosting dan domain telah aktif. Setelah domain dan hosting aktif, anda dapat melakukan beberapa hal diantaranya yaitu membuat static website, membuat database baru, upload website, membuat website sendiri maupun membuat toko online.


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!