Home  »  Permulaan   »   Cara Kirim Email Laravel via SMTP Hosting

Cara Kirim Email Laravel via SMTP Hosting

Last Update:
No ratings yet.


Hi DomaiNesians! Sebagai developer pasti kamu sudah sering mendengar framework Laravel. Yaps, kali ini akan membahas tentang cara kirim email Laravel via SMTP Hosting. Pada panduan sebelumnya, telah dibahas tentang Cara Kirim Email Laravel via Gmail. Pastikan sebelum mengikuti step by step panduan ini, kamu harus memiliki hosting ya. Apa inti dari panduan ini? Intinya adalah kamu bisa mengirimkan/ menerima email dari website berbasis Laravel dengan menggunakan konfigurasi email SMTP yang ada di hosting. Penasaran bagaimana caranya? Yuk ikuti step by step nya ya!

Baca Juga: Membuat Email dengan Domain Sendiri

Cara Kirim Email Laravel via SMTP Hosting

Ada beberapa langkah yang harus kamu ikuti agar dapat mengirimkan email di Laravel melalui SMTP Hosting.

1. Tahap Persiapan

Pastikan kamu mempersiapkan hal-hal berikut:

2. Masuk ke File Laravel

Sekarang saatnya login ke cPanel Hosting dengan mengikuti panduan Cara Login cPanel Hosting. Kemudian masukkan username dan password cPanel. Jika sudah, pada bagian form pencarian silakan tulis “File Manager”. Pastikan kamu memilih folder public_html atau subdomain yang terinstall Laravel.
Cara Kirim Email Laravel via SMTP Hosting

Jika sudah, silakan temukan file .env.example. Apabila kamu tidak menemukannya, silakan klik Settings dan pilih Show Hidden Files. Kamu bisa klik kanan file .env.example kemudian rename menjadi .env
Cara Kirim Email Laravel via SMTP Hosting

3. Edit file .env

File .env berisi beberapa konfigurasi terkait dengan Laravel. Silakan pilih file .env lalu klik Edit

4. Kirim Email Laravel via SMTP Gmail

Temukan script seperti gambar,
Cara Kirim Email Laravel via SMTP Hosting
lalu sesuaikan dengan script berikut,

Pada bagian MAIL_HOST, silakan diisi dengan nama domain atau nama server kamu. Untuk cek nama server, bisa baca Panduan Cek Nama Server di Hosting. Jangan lupa klik Save Changes.

5. Kesimpulan

Untuk mengirimkan email di Laravel, ada berbagai macam cara. Bisa melalui Gmail ataupun melalui SMTP Hosting. Pastikan sebelum kamu ikuti panduan ini, baiknya baca-baca terlebih dahulu tentang cara setting email dengan domain sendiri di hosting ya. Agar kamu tidak kebingungan! Jika masih bingung, bisa langsung chat ke Tim Support DomaiNesia! Selamat mencoba! 😀

Baca Juga: Cara Setting Email Domain Sendiri ke Gmail

Please rate this


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!