Home  »  Permulaan   »   Yuk Cek Nama Server Hosting Kamu, Sekarang!

Yuk Cek Nama Server Hosting Kamu, Sekarang!

Last Update:

cara mengetahui nama server hosting
Hi DomaiNesians! Sudah punya hosting di DomaiNesia belum? Jika belum, kamu bisa dapatkan hosting murah dengan kualitas terbaik di Hosting Murah DomaiNesia ya. Kamu bisa dapatkan hosting dengan teknologi Enterpirse grade SSD yang akan membuat performa website secepat kilat. Dikutip dari Wikipedia, SSD memiliki akses data yang lebih tinggi. Selain itu, kamu bebas memilih lokasi server lho! DomaiNesia memiliki beberapa server yang tersebar di Indonesia, Singapura, Amerika dan Jepang. Nah, setiap hosting pastinya memiliki nama server. Apa sih nama server? Nama server adalah sebutan/ identitas dari setiap server.

Oiya, kamu juga bisa cek status server di DomaiNesia lho! Silakan buka https://www.domainesia.com/status/ lalu cek load dari setiap server. Ingat! DomaiNesia memberikan garansi 99.9% uptime untuk semua paket hosting murah dengan jaminan SLA! Untuk itu, mengetahui nama server dari masing-masing hosting yang kamu miliki ya adalah suatu kewajiban ya. Pada panduan ini akan dijelaskan cara mengetahui nama server Hosting. Yuk ikuti step by step nya!

Cara Mengetahui Nama Server Hosting

Adapun cara mengetahui nama server Hosting DomaiNesia ada 2 cara, yaitu:

1. Cek Email

Ketika pertama kali order hosting dan invoice sudah dilunasi, maka DomaiNesia akan mengaktifkan hosting yang kamu miliki. Nah, DomaiNesia juga akan mengirimkan email berupa Informasi Account Hosting. Di dalam email tersebut terdapat beberapa informasi penting tentang detail login cPanel, informasi akun hosting, informasi server, FTP, Setting Email serta Informasi Versi PHP.
Nah, untuk mengetahui nama server di Hosting silakan cek Detail Login cPanel.

cara mengetahui nama server hosting

Pada informasi tersebut, kamu bisa tahu cPanel Username, cPanel Password hinggal Control Panel URL. Adapun nama server hosting yang kamu miliki yaitu terletak di Control Panel URL tersebut. Misalnya pada contoh, Canary adalah nama server kamu. Belum tahu cara mengakses cPanel? Yuk baca Cara Login cPanel Hosting.

Selain itu, ada lagi cara mengetahui nama server Hosting lewat email. Silakan cek Informasi Server. Di sana terdapat informasi berupa Server Name. Itulah nama server hosting yang kamu miliki!

cara mengetahui nama server hosting

2. Melalui namadomain/cpanel

Cara mengetahui nama server Hosting yang kedua yaitu melalui namadomain/cpanel. Ketika kamu mengakses namadomain/cpanel sistem akan langsung mengarahkan ke halaman control panel URL. Nah di control panel URL ini dapat kamu temui nama server hosting.

cara mengetahui nama server hosting

3. Melalui Server Information di cPanel

Cara mengetahui nama server hosting yang ketiga, yaitu melalui menu Server Information yang ada di cPanel. Silakan login cPanel Hosting terlebih dahulu. Jika sudah, pada bagian dashboard sebelah kanan terdapat tulisan Server Information. Silakan klik Server Information dan tunggu sebentar, maka kamu akan mendapatkan berbagai hal tentang server. Dari mulai paket hosting yang dimiliki, versi Apache, versi PHP, sistem operasi, IP Hosting serta Server Name. Nah, server name inilah adalah nama server hosting kamu!

Cara mengetahui nama server hosting

Kesimpulan

Bagaimana? Cara mengetahui nama server hosting sangatlah mudah bukan? Tahu nama server hosting sendiri itu penting lho! Karena nama server ini digunakan pada saat setting email di Android, setting email di iOS, setting email domain pada Gmail dan tentu saja untuk mengetahui status server. Ingin membuat website sendiri tetapi bingung caranya? Yuk baca Cara Membuat Website dari Nol. Butuh domain? Silakan cek Domain Murah atau segera hubungi Tim Support DomaiNesia!

Baca Juga: Tutorial Membuat Website Untuk Pemula (Garansi 100% Mahir)


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!