Cara Buat Website Untuk Pemula (Garansi 100% Mahir)

cara buat website
Hi DomaiNesians! Hingga saat ini kamu merasa kebingungan membuat website? Kata orang, di jaman sekarang membuat website adalah hal yang sangat mudah. Tersedia banyak tutorial di Google yang bisa kamu ikuti. Namun, apakah kamu pernah merasa bingung bagaimana cara buat website paling mudah dan cocok untuk pemula? Semua tutorial rasanya sudah pernah dicoba namun tidak ada satupun yang berhasil? Tenang! Jangan panik! Kami akan memberikan tutorial cara buat website untuk pemula dari dasar hingga website kamu jadi. Kami juga akan memberikan tips dan trik agar website kamu dapat menempati halaman pertama di Google. Yuk ikuti tutorial berikut ini cara buat website dari awal!

1. Apa itu Website

Sebelum mengikuti cara buat website, pastikan kamu tahu apa definisi website. Apa itu website? Pernahkah kamu membuka website melalui web browser seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox? Pernahkah kamu mencari sesuatu di Google lalu muncul banyak website yang bisa di klik? Pernahkan kamu membuka facebook(dot)com, medium(dot)com, twitter(dot)com, nytimes(dot)com ataupun domainesia(dot)com? Nah, semuanya itu disebut website. Website adalah sebuah kumpulan halaman web yang saling berhubungan dan berisi informasi tentang suatu hal. Informasi tersebut dapat berupa gambar, tulisan bahkan video. Website dibangun dari beberapa aspek seperti domain dan hosting. Saat ini di dunia, sekitar 380 website baru hadir bermunculan tiap menit.

cara buat website

Website Apa Yang Ingin Dibuat

Oke, sekarang kamu tahu bentuk dari suatu website. Sebelum mengikuti cara buat website, pastikan kamu tahu atau punya gambaran tentang website apa yang ingin kamu buat. DomaiNesia telah mengulas secara umum website apa saja yang bisa dibangun. Kamu bisa baca 5 Jurus Jitu Membuat Website Dari Nol. Pada artikel tersebut juga sedikit dijelaskan tentang cara membuat website murah dan mudah serta beberapa hal yang terkait. Tentukan tujuan pembuatan website dari sekarang! Jangan sampai, ditengah jalan nanti kamu berpindah haluan. Website apa yang ingin kamu buat?

Apakah Cara Buat Website pribadi?
Apakah Cara Buat Website perusahaan?
Ingin membuat toko online?
Ingin membuat website untuk mengenalkan produk yang dijual?
Ingin buat website portofolio?
Atau ingin Cara Buat Website elearning untuk para siswa?

Tentukan mulai sekarang ya. Selain itu, kamu juga harus menentukan apa saja yang ingin dipasang di website, warnanya apa, websitenya bisa ngapain aja, ada berapa tombol menu serta halaman apa saja yang ingin ditampilkan.

Tentukan Rancangan Cara Buat Website

Misalnya kamu ingin membuat website pribadi yang isinya hanya tentang sharing pengalaman serta tutorial saja. Tentukan menu apa yang harus ada disitu misalnya, menu home, menu tentang saya, menu tutorial, dan menu kontak. Siapa tahu, website kamu bakalan terkenal seperti Raditya Dika ataupun Bena Kribo. Walaupun hampir mirip seperti blog namun jangan salah lho! Website pribadi juga dapat mendatangkan pundi-pundi uang! Tentukan juga warna dasar website serta konten yang ingin dipasang. Nggak usah banyak-banyak, cukup tulis outline atau garis besarnya saja di secarik kertas.

Misalnya lagi, kamu ingin membuat toko online. Tentukan produk yang akan kamu jual. Jangan lupa potret produk yang ingin dijual sebagus mungkin agar orang tertarik ya! Tentukan juga bagaimana customer berinteraksi dengan toko online kamu! Misalnya, bagaimana cara order, cara memilih produk, cara memilih ukuran, cara memasukkan ke keranjang belanja serta cara bayar melalui website. Pastikan warna yang digunakan juga jangan terlalu mencolok ya!

cara buat website

Bagaimana jika website digunakan untuk berjualan jasa seperti desainer? Bisa juga! Website tersebut sering dinamakan website portofolio. Kamu bisa memasukkan portofolio desain yang pernah dibuat ke website. Taruh beberapa logo perusahaan yang pernah kamu handle. Oiya, kamu juga bisa mengkombinasikan website portofolio dengan website pribadi lho! Sesuaikan warna dan tampilan sesuai kepribadian dan ciri khas kamu! Jangan lupa cantumkan menu kontak di sana ya! Siapa tahu ada client dari luar negeri yang tertarik dengan desain kamu!

Koding Website Sendiri!

Oke, saatnya sekarang membuat website impian menjadi kenyataan. Ada dua cara buat website yaitu koding sendiri secara manual serta menggunakan CMS (Content Management System). Koding? Apa itu koding? Koding adalah berasal dari kata “membuat kode”. Koding adalah sebuah aktivitas untuk menyelesaikan task komputer atau membuat suatu website/aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu dan algoritma tertentu. Koding biasa disebut dengan Computer Programming. Jadi intinya website dapat dibuat dengan beberapa hal seperti:

– Bahasa Pemrograman

Terdapat berbagai macam bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membuat website. Dikutip dari W3Techs pada tahun 2018 ini bahasa pemrograman PHP masih merajai pasaran untuk dari sisi server. PHP digunakan oleh sekitar 83,6% website diseluruh dunia. Kemudian disusul oleh ASP.NET sebanyak 13,1% serta bahasa pemrograman Java sebanyak 2,2%. Sedangkan dari sisi client, Javascript masih menjadi yang terdepan dengan 94,9% di atas yang lainnya. Nah, bahasa pemrograman ini nantinya kamu olah atau kamu “koding” agar menjadi sebuah website. Selain itu, kamu juga harus tahu beberapa hal mengenai database juga.

cara buat website

Sumber: Pexels

– Web Server

Agar bahasa pemrograman sisi server dapat dijalankan, maka diperlukan web server. Nah web server ini nantinya akan mengeksekusi kode program sehingga website dapat berjalan. Jika kamu koding manual dari awal, biasanya akan menggunakan bantuan software tertentu seperti XAMPP atau LAMPP. Software ini akan membantu dalam urusan web server yang dapat berdiri sendiri (localhost). Mengapa harus localhost? Perlu diingat, website dibangun agar dapat diakses banyak orang lewat internet. Untuk itu diperlukan suatu Hosting atau tempat dimana website diletakkan. Nah karena hosting sifatnya berbayar, maka biasanya para programmer menggunakan bantuan localhost terlebih dahulu. Jika nanti website sudah jadi dan siap untuk dipublish, maka mereka baru akan menyewa sebuah Hosting.

– Web Framework

Sebenarnya ada beberapa cara buat website yaitu menggunakan metode native, web framework dan menggunakan CMS. Metode native adalah metode membangun website benar-benar dari nol. Sedangkan web framework adalah suatu metode membangun website dengan mengikuti kerangka standard, library serta otomatisasi fungsi dalam website. Kamu tidak perlu membangun website dari nol, tetapi kamu cukup mengikuti fungsi dan kerangka dari suatu web framework. Terdapat berbagai web framework yang tersedia dari masing-masing bahasa pemrograman, seperti:
PHP : Laravel, Codeigniter, Symfony, CakePHP, Yii, Phalcon, dan sebagainya
Java : Spring, JSF, Google Web Toolkit
Javascript : AngularJS, React, Angular, VueJS, ExpressJS, Meteor, EmberJS
Phyton : Django, Flask, Tornado

cara buat website

Sumber: HotFrameworks

Bagi yang mengerti bahasa pemrograman, membuat website menggunakan web framework adalah hal yang mudah. Namun, bagi kamu yang masih pemula dan belum pernah membuat website Kami sarankan tidak menggunakan web framework. Dijamin kamu bakal bingung dan tidak bisa tidur deh. Buat kamu yang masih baru dan masih awam, Kami sarankan menggunakan CMS (Content Management System) saja!

– Menggunakan CMS

Nah untuk kamu yang masih pemula, menggunakan CMS (Content Management System) untuk membangun sebuah website adalah cara buat website paling mudah. CMS berbeda dengan Web framework lho ya! CMS adalah suatu sistem informasi yang sudah jadi dan tidak perlu di”koding” lagi. Semua dapat melakukan instalasi dan pengelolaan CMS, bahkan orang awam sekalipun. Mengelolan CMS hampir sama dengan mengelola sebuah blog. Berbeda dengan web framework yang hanya bisa digunakan oleh programmer atau developer website saja.

Adapun manfaat yang bisa kamu ambil yaitu:
Kamu tidak perlu mengerti bahasa pemrograman secara mendalam
Kamu tidak perlu memperdulikan bagaimana menjalankan website dari sisi server dan sisi client
Untuk Cara Buat Website Tidak perlu koding manual
Hanya butuh username dan password aplikasi website
Tidak perlu query database manual
Tema dan plugin sudah tersedia
Aman dan tidak perlu perlindungan secara manual
Otomatis

Apa benar dengan menggunakan CMS, website akan langsung jadi? Benar sekali! Website kamu akan langsung jadi tanpa harus berpusing-pusing ria memikirkan kode program yang rumit. Kamu hanya perlu menyesuaikan dengan catatan awal tentang website yang ingin dibuat. Sesuaikan saja warnanya, tema, menu yang diinginkan serta konten. Ada beberapa CMS yang dapat kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan. Misalnya,
Cara Buat Website pribadi/ Cara Buat Website Perusahaan: WordPress, Drupal, Joomla, Ghost
Website E-learning: Moodle
Toko Online: Prestashop, OpenCart, Magento
Kamu hanya perlu melakukan instalasi dan sesuaikan saja dengan apa yang diinginkan!

cara buat website

2. Cara Buat Website Kdua Butuh Domain dan Hosting

Nah, baik cara buat website manual, menggunakan web framework ataupun menggunakan CMS pada dasarnya butuh sebuah Domain dan Hosting. Domain dan Hosting dibutuhkan agar website dapat online dan diakses banyak orang melalui internet. Buat apa buat website namun hanya disimpan di laptop atau di localhost saja? Tentunya harus bisa diakses banyak orang dong ya! Untuk itu, diperlukan domain dan hosting. Oke, Kami akan bahas satu persatu.

Apa itu Domain dan Hosting?

Domain adalah alamat dari sebuah website, sedangkan Hosting adalah tempat untuk menyimpan file website. Anggap saja website sebagai sebuah bangunan. Bangunan itu akan didirikan pada kavling tanah yang sudah dipetak-petak dengan ukuran tertentu. Nah, sepetak tanah tersebut dapat disebut Hosting. Lalu, Domain akan menuntun pengunjung untuk menuju ke sepetak tanah (hosting), yang sudah didirikan suatu bangunan (website) tadi. Biasanya domain dalam bentuk situsanda(dot)com atau situsanda(dot)id, ataupun yang lainnya. Untuk domain biasanya memiliki akhiran .com, .net, .org, .id, atau biasa disebut dengan ekstensi domain.

Masih belum mengerti?
Oke begini, kamu pernah mencari sesuatu di Google? Ketika kamu menuliskan kata kunci yang diinginkan lalu tekan enter, maka akan muncul banyak alamat website. Nah, alamat website itu disebut dengan Domain. Kemudian kamu klik alamat tersebut dan akan diarahkan ke suatu halaman website tertentu. Tempat atau lokasi di mana website disimpan disebut dengan Hosting. Ingin melihat ilustrasinya agar lebih jelas? Silakan cek Apa itu Domain, Hosting, SSL dan Website.

cara buat website

Hubungan Website dengan Domain Hosting

Sudah tahu kan apa hubungan website dengan domain dan hosting? Intinya, tanpa domain dan hosting, website tidak akan dapat diakses banyak orang melalui internet! Kamu bisa beli Domain Murah dan Hosting Murah dengan kualitas terbaik di DomaiNesia lho! Ada juga paket hemat yang dapat kamu gunakan.

Memilih Domain dan Hosting Terbaik

Memilih domain dan hosting bukanlah perkara yang sepele lho. Kamu harus pilih hosting dengan teknologi yang mumpuni agar website memiliki performa yang tinggi. Pastikan hosting yang kamu pilih harus memenuhi 3S yaitu “Speed, Support, dan Security”.

Apakah servernya menggunakan teknologi terbaru?
Apakah menggunakan SSD agar website secepat kilat?
Apa sistem operasi yang digunakan?
Bagaimana respon Tim Support dalam menanggapi pertanyaan dan permasalahan customer?
Apa saja fitur dan fasilitas yang didapat?
Apakah ada fitur security seperti AntiVirus ataupun AntiMalware?
Nah, ada banyak faktor yang harus diperhatikan ketika ingin memilih domain dan hosting. Ingin tahu tips cara memilih web hosting terbaik? Silakan baca 7 Cara Memilih Web Hosting Terbaik di Jaman Sekarang.

3. Cara Buat Website

Persiapan website sudah, domain dan hosting juga sudah. Sekarang saatnya untuk membuat website. Nah, kamu bisa membuat website secara manual dengan koding sendiri atau menggunakan CMS ya. Nah, buat kamu yang membangun website dari nol menggunakan bahasa pemrograman, kamu harus meletakkan website ke hosting. Ada 2 cara yaitu cara manual upload ke hosting dan cara otomatis.

Upload Web Hosting Manual

Buat kamu yang mengembangkan website dari nol dan melalui localhost, tentunya harus melakukan upload file ke Hosting. Kamu harus memindahkan folder/ file website dari localhost ke hosting beneran agar bisa diakses banyak orang melalui internet. Ada berbagai cara yaitu langsung upload melalui file manager ataupun menggunakan FTP client seperti upload file website via FileZilla. Selain file websitenya, kamu juga perlu perhatikan database yang digunakan lho! Jika kamu berhasil upload website tetapi database belum dipindah maka website akan error. Untuk itu silakan lakukan eksport database dari phpMyAdmin di localhost, kemudian lakukan import database ke Hosting yang baru. Pastikan sebelumnya kamu membuat database di hosting terlebih dahulu. Untuk kamu yang membuat website menggunakan CMS, hal ini tidak usah dilakukan. Kecuali kamu mengembangkan CMS di localhost terlebih dahulu.

Otomatis Jadi!

Saya tidak ingin membuat website dari nol dan juga tidak ingin upload manual. Saya ingin membuat website menggunakan CMS yang mudah dan murah. Hanya perlu instalasi dan mengurusi pengelolaan websitenya saja. Saya tidak ingin ribet. Apakah ada solusi? Apakah ada cara buat website paling mudah?

Ya! Kamu bisa gunakan lakukan instalasi otomatis.

– Menggunakan Softaculous Apps Installer

Softaculous Apps Installer adalah auto installer yang terdapat di panel Hosting untuk mempermudah user dalam menginstal aplikasi. Kamu dapat menemukan beberapa aplikasi CMS di sana. Tinggal disesuaikan dengan website yang ingin dibuat. Misalnya ingin membuat website perusahaan menggunakan WordPress. Ingin tahu lebih detail tentang apa itu Softaculous dan bagaimana cara menggunakan Softaculous? Coba baca Mengenal Softaculous Apps Installer dan Cara Menggunakannya.

cara buat website

– Menggunakan Fitur Instant Deploy

Apa itu Instant Deploy? Instant Deploy adalah cara buat website hanya dengan sekali klik. Cukup memilih kategori website yang diinginkan, memilih jenis hosting dan domain, kemudian memasukkan email serta password yang berguna untuk pengelolaan website. Maka website anda siap untuk digunakan. DomaiNesia menyediakan fitur Instant Deploy khusus untuk para pemula yang ingin membuat website lho! Silakan ikuti Panduan Instant Deploy DomaiNesia. Bagi yang ingin membuat website perusahaan/ website pribadi menggunakan WordPress, silakan langsung baca Tutorial Cara Membuat Website dengan WordPress. Cara buat website menggunakan fitur Instant Deploy ini adalah cara paling mudah dalam pembuatan website.

cara buat website

4. Penampilan Website Yang Utama

Oke, sekarang posisi kamu sudah membuat sebuah website menggunakan CMS dengan bantuan Instant Deploy tadi ya. Mengapa CMS (Content Management System) yang harus kamu pilih? Karena ini adalah cara buat website yang paling mudah, nggak ribet dan cocok untuk pemula. Namun, perjalanan membuat website belum berhenti sampai di sini lho! Kamu harus mempercantik tampilan dan menyesuaikan dengan rancangan website yang telah dibuat diawal.

Ubah Tampilan Website

Dengan CMS, kamu bisa ubah tampilan website dengan mudah. Hanya cukup klik klik klik saja tanpa harus masuk ke kode program. Selain itu, ada beragam tema/ template gratis maupun berbayar! Jika kamu menggunakan CMS WordPress, kamu bisa pilih banyak di https://wordpress.org/themes/ . Silakan baca Cara Mengganti Tema WordPress step by step ya. Untuk CMS lainnya, jangan takut! Ada beragam tema yang dapat kamu pilih. Jangan lupa disesuaikan dengan website kamu lho ya! Misalnya, kamu pilih tema yang simpel untuk website perusahaan. Sesuaikan warnanya juga. Jangan menggunakan warna mencolok atau menggunakan banyak galeri/ foto.

cara buat website

Memasang Plugin dan Widget

Inilah salah satu kelebihan dari CMS. Kamu bisa menggunakan beragam plugin dan widget untuk meningkatkan performa dan fungsional website. Sebagai contoh:
Optimasi SEO menggunakan Yoast SEO (Baca juga: 5 Plugin SEO WordPress Gratis Yang Wajib Kamu Pasang)
Pengelolaan komentar di website menggunakan Akismet
Meningkatkan performa website menggunakan W3 Total Cache atau WP Super Cache
Meningkatkan keamanan website menggunakan WordFence atau All In One WP Security & Firewall
Mengubah tata letak website tanpa koding menggunakan Elementor Page Builder
Menambah album foto menggunakan NextGen Gallery
Menambahkan form kontak untuk buku tamu menggunakan Contact Form 7
dan sebagainya.

cara buat website

Sumber: WordPress Plugin

Untuk tahu plugin apa saja yang bisa kamu gunakan, silakan cek https://wordpress.org/plugins/
Selain plugin, ada juga yang dinamakan widget. Widget adalah sebuah kotak yang berisi kode- kode di mana kamu bisa memindahkan ke dalam sidebar. Terdapat beberapa widget seperti Calendar, Recent Post, Recent Comments, kode HTML ataupun Search. Kamu bisa menambahkan link video, kalender, post terakhir atau kolom pencarian . Untuk memasang widget di website, silakan baca Cara Memasang Widget di WordPress.

5. Tingkatkan Performa Website

Oke, website sudah jadi. Dari segi tampilan pun juga sudah cantik. Sekarang saatnya meningkatkan performa website kamu agar menjadi lebih cepat.

Aktifkan WordPress Accelerator

Sebenarnya, performa website tergantung dari teknologi hosting yang yang digunakan. Untuk itu, pastikan kamu memiliki Hosting dengan Enterprise Grade SSD. Teknologi ini akan membuat performa website meningkat. Selain itu, pastikan kamu mengaktifkan WordPress Accelerator agar website WordPress kamu semakin melaju secepat kilat. Semua hosting di DomaiNesia dilengkapi dengan WordPress Accelerator lho!

Gunakan Memcached dan W3 Total Cache

Untuk meningkatkan performa website, kamu juga bisa mengaktifkan Memcached dan W3 Total Cache. Memcached berfungsi untuk mempercepat aplikasi web dinamis hingga berkali-kali lipat serta meringankan load database. W3 Total Cache adalah plugin WordPress yang dapat menyelesaikan masalah mengenai cache data yang cukup besar. Sehingga kombinasi antara kedua plugin tersebut tentu saja dapat meningkatkan performa website. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa baca Tingkatkan Performa Website dengan Memcached dan W3 Total Cache.

cara buat website

Sumber: WordPress Plugin

Pasang Plugin AMP

Untuk mempercepat loading website, kamu bisa pasang plugin AMP for WP. AMP akan menunjang peningkatan peringkat website kamu di mesin pencari. Perubahan algoritma google pada Agustus 2018 menjadikan website yang cepat diakses menjadi poin penting untuk menunjang peringkat dalam pencarian google. Silakan baca Cara Mempercepat Proses Website dengan AMP.

6. Lindungi Website Kamu Sekarang!

Website impian sudah di tangan, performa website sudah ditingkatkan, sekarang saatnya lindungi website kamu! Jangan sampai website kamu dihack oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Apalagi sampai disisipi malware hingga folder penting di hosting hilang. Kamu tidak mau itu terjadi kan? Untuk itu lindungi website kamu sekarang juga!

Pasang SSL di Website

Cara buat website selanjutnya adalah melindungi website dengan SSL. Apa itu SSL? SSL adalah jalur yang berfungsi sebagai pengaman sebuah website. SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer, yang akan membuat suatu jalur secara terenkripsi antara server dan web browser pada sisi pengunjung. SSL ibarat pagar pengaman yang berfungsi melindungi bangunan dari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya pencurian data. Untuk mendapatkan SSL sangatlah mudah lho. DomaiNesia menyediakan SSL berbayar dan SSL Gratis yang bisa gunakan! Kamu bisa baca Tips Memilih SSL Untuk Pemula.

cara buat website

Gunakan CloudFlare

Untuk menghindari serangan ddos dan spam, kamu bisa menggunakan CloudFlare Railgun di website. CloudFlare adalah salah satu Content Delivery Network yang berada di antara domain dan web hosting. CloudFlare akan memberikan perlindungan sebelum ada yang bisa masuk ke website. Jadi, jika ada sesuatu yang mencurigakan CloudFlare akan bertindak. Silakan baca Cara Setting CloudFlare 

Ikuti Tips agar WordPress Aman

Banyak yang bilang bahwa CMS tidak aman dan mudah di hack. Siapa bilang? No system is safe, tidak ada sistem yang 100% aman ya! Website berbasis CMS kamu akan aman sepanjang kamu rutin melakukan update versi terbaru. Para pengembang WordPress senantiasa melakukan patching atau menutup celah keamanan yang ada. Berbeda dengan website yang kamu buat manual. Kamu sendirilah yang harus menutup celah keamanan. Jika ilmu kamu masih terbatas, maka dijamin website akan rentan terhadap serangan virus maupun malware. Kamu bisa ikuti Tips Agar WordPress Aman berikut ya.

cara buat website

Sumber: WordPress Plugin

7. Tingkatkan Ranking Website di Google

Website sudah jadi,
Tampilan sudah oke,
Performa website sudah meningkat,
Website sudah aman dari serangan malware atau virus,
Sekarang saatnya tingkatkan rangking website di Google. Teknik atau metode untuk meningkatkan traffic atau meningkatkan rangking website disebut dengan SEO. Tidak setiap orang mengerti ilmu tentang SEO, namun kamu bisa pelajari lho! DomaiNesia memiliki berbagai Panduan Agar Website Kamu Muncul di Halaman Pertama Google. Selain itu, kamu juga bisa update tentang Algoritma Google Terbaru 2018.

cara buat website

Sumber: Pexels

8. Website Sudah Siap!

Oke, website kamu sudah siap diluncurkan! Sekarang kamu bisa menyebarkan website kamu melalui media sosial lho seperti Instagram, Facebook ataupun Twitter. Agar lebih profesional, kamu bisa membuat alamat email dengan nama sendiri atau nama perusahaan lho! Itu semua dilakukan agar kamu atau perusahaan kamu menjadi lebih profesional. Misalnya support@namadomain.com atau support@namaperusahaan.net. Silakan ikuti cara membuat email dengan nama domain sendiri.

Kesimpulan

Bagaimana? Cara buat website sangatlah mudah kan? Buat kamu pemula, jangan takut untuk membuat website sendiri ya. Ada cara terbaik untuk membuat website mudah, murah dan nggak ribet yaitu menggunakan CMS. Ada beragam CMS yang bisa kamu gunakan seperti WordPress, Moodle, Joomla, Prestashop dan sebagainya. Untuk membuat website pastikan kamu sudah tahu website apa yang ingin dibuat. Kemudian sesuaikan tema, plugin dan widget dengan rancangan kamu. Setelah itu tingkatkan performa website dan segera lindungi website kamu. Jika semua sudah dilakukan, sekarang saatnya tingkatkan peringkat website di Google agar ada di halaman pertama. Voila! Website sudah jadi! Sekarang kamu bisa membuat email perusahaan dan membagikannya ke media sosial. Ingin bertanya masalah Hosting Murah dan Domain Murah DomaiNesia? Silakan hubungi Tim Support DomaiNesia ya!

Salam,
Tim DomaiNesia

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!