Cara Membuat Website dan Toko Online, GRATIS!

cara membuat website gratis
Cara membuat website gratis – Pernahkah anda bermimpi bahwa ada suatu teknologi yang memungkinkan semua orang dapat membuat website sendiri? Apakah ada cara membuat website gratis dan mudah? Saya orang awam, lalu apakah bisa membuat website sendiri? Apa bisa membuat toko online tidak menggunakan jasa developer? Bisa dong! Sekarang ini ada teknologi yang dinamakan CMS (Content Management System). Dengan CMS, semua orang dapat membuat website mudah dan gratis. Berikut ini ada beberapa cara membuat website gratis untuk anda pemula.

Cara Membuat Website Gratis

Dikutip dari Wikipedia, Content Management System adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menambahkan, memanipulasi dan mengubah isi dari suatu situs web. Anda tidak perlu repot memikirkan bagaimana suatu website dibuat atau bagaimana kode-kode pemrograman dapat dibentuk sedemikian rupa menjadi sebuah website. Yang harus anda pikirkan hanyalah konten dari website. Misalnya, ingin membuat website pribadi. Jadi, anda harus memikirkan website apa yang ingin dibuat, menu yang ada serta beberapa gambar yang harus ditampilkan. Begitu halnya dengan membuat toko online. Coba pikirkan barang apa yang ingin dijual, harga produk, tampilan produk, metode pembayaran, cara kirim barang, spesifikasi produk dan sebagainya. Intinya, kekuatan website anda ada di dalam konten. Untuk membuat website gratis ada beragam cara.

Tentukan Website Yang Ingin Dibuat

Pertama-tama yang harus kamu ikuti dalam cara membuat website gratis yaitu menentukan website yang ingin dibuat.

Apakah ingin membuat website pribadi?
Apakah ingin membuat website perusahaan?
Apakah ingin membuat toko online?
Apakah ingin membuat website portofolio?
Apakah ingin membuat landing page saja?

Pastikan semuanya harus jelas dari awal ya! Anda juga harus mempersiapkan beberapa hal yang berkaitan dengan hal tersebut. Misalnya ingin membuat website pribadi, pastikan anda sudah tahu bagaimana gambaran website yang ingin dibangun. Apa warnanya, bagaimana tampilannya, apa saja menu-menu yang ada, apa isinya, kontak yang dapat dihubungi dan sebagainya. Begitu juga ketika anda ingin membuat toko online. Pastikan sudah jelas apa produk yang dijual, harga, spesifikasi, warna website, proses bisnis, metode pembayaran dan sebagainya. Intinya, semua harus sudah jelas di awal ya!

Memilih CMS Yang Tepat

Ada ratusan CMS yang dapat kamu pilih. Agar lebih jelas, kamu bisa masuk ke cPanel Hosting lalu lihat dibagian Softaculous Apps Installer. Disana ada banyak sekali CMS baik untuk kepentingan blog, toko online, ecommerce, website elearning bahkan website diskusi. Nah, salah satu CMS yang terkenal untuk membuat blog dan website adalah WordPress. Anda bisa membuat website gratis menggunakan WordPress. Sedangkan untuk toko online,  salah satu CMS yang terkenal adalah Prestashop. Untuk keduanya, cara membuat website gratis sangat mudah.

WordPress: Mudahnya Membuat Website

Mengapa Harus WordPress?

WordPress adalah CMS (Content Management System) yang sudah berupa website. Untuk itu, anda tidak perlu membuat website dari awal dan tidak perlu mengerti bahasa pemrograman website. Dari segi pengelolaan juga mudah, anda bisa melakukan kustomisasi tema sesuai keinginan. Ada banyak tema yang bisa dipilih dari mulai berbayar hingga gratis. Dari segi security, anda juga tidak perlu repot karena Tim WordPress yang mengurus semuanya. Dan, dengan WordPress anda bisa membuat website GRATIS !!

Apa Kelebihannya?

Dikutip dari website resminya (https://wordpress.org/), kelebihan WordPress apabila digunakan sebagai website yaitu:
+ Mudah+ Cepat
+ Gratis
+ Cocok untuk pemula
+ Banyak plugin dan template (tema)
+ Responsive untuk tampilan mobile
+ Memiliki Performa Tinggi
+ Memiliki halaman admin
+ SEO Friendly
+ Tidak perlu mengurus security/ kemanan web
+ Tidak perlu mengerti bahasa pemrograman web
+ Mudah dikustomisasi

Website Apa Saja yang Bisa Dibuat?

Ada berbagai macam website yang bisa dibuat dengan menggunakan WordPress. Misalnya,
1. Website Pribadi
2. Website Kantor
3. Website Sekolah
4. Company Profile
5. Toko Online
6. Travel Website
7. Website Perlombaan
8. Blog
9. Website Masakan
10. Website Tutorial
dan sebagainya. Anda bisa membuat website sesuai dengan keinginan 🙂

Dikutip dari W3Tech pada bulan September 2018, 31.7% website di dunia telah menggunakan WordPress. Hal ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan jika dilihat pada Bulan Maret 2018, hanya sekitar 30% website saja yang menggunakan WordPress. Untuk lebih jelasnya, silakan baca WordPress Mendominasi 30% Website di Dunia. Inilah bukti bahwa WordPress cukup populer dan cukup terkenal di kalangan masyarakat.

Membuat Website WordPress Dalam 30 Menit

Nah buat anda yang ingin menjatuhkan pilihan pada WordPress, ada banyak cara untuk membuat website gratis. Anda bisa instalasi manual, menggunakan Softaculous Apps Installer serta menggunakan fitur Instant Deploy DomaiNesia.

1. Instalasi Manual

Cara membuat website gratis yang pertama adalah melakukan instalasi manual WordPress. Hal ini cocok untuk yang sudah terbiasa dengan bahasa pemrograman ataupun hosting web, pasti melakukan instalasi WordPress secara manual bukan hal yang sulit. Anda bisa langsung download file zip WordPress  kemudian lakukan kustomisasi di localhost ataupun langsung di hosting. Anda bebas untuk mengganti tema, memasang plugin, serta mengisi konten melalui localhost. Setelah itu baru lakukan upload ke hosting melalui File Manager ataupun upload melalui FileZilla.

2. Melalui Softaculous Apps Installer

Sudah punya domain ataupun hosting? Anda dapat membuat website gratis dengan WordPress melalui Softaculous Apps Installer. Softaculous Apps Installer adalah auto installer yang ada di Hosting dan berfungsi untuk mempermudah instalasi berbagai CMS (content management system) serta beragam aplikasi website yang bersifat open source. Silakan masuk ke cPanel Hosting kemudian lakukan instalasi melalui Softaculous Apps Installer. Anda dapat mengikuti Panduan Install WordPress Melalui Softaculous.

3. Melalui Fitur Instant Deploy DomaiNesia

Ingin membuat website gratis? DomaiNesia bisa membantu anda lho. Anda dapat memanfaatkan fitur Instant Deploy DomaiNesia untuk membuat website gratis dengan WordPress. Yuk baca Tutorial Buat Website Gratis Dalam Waktu 30 Menit berikut. Anda dapat langsung order domain, order hosting dan membuat website WordPress dalam satu langkah. Cukup pilih paket hosting, tulis nama domain serta tulis username password untuk login WordPress saja lho!

Mengganti Tema dan Memasang Plugin WordPress

Setelah berhasil membuat website dengan WordPress, sekarang saatnya mempercantik tampilan website anda. Segala kemudahan telah ditawarkan WordPress. Anda dapat mempercantik tampilan dengan beberapa tema dan plugin yang ada. Anda dapat memilih tema gratis ataupun berbayar sesuai dengan kebutuhan. Ada juga bermacam-macam plugin yang dapat kamu pilih. Untuk mempermudah kustomisasi tampilan, anda dapat memasang Elementor Page Builder di WordPress. Ingin tahu step by step kustomisasi WordPress agar menjadi website idaman? Yuk ikut step by stepnya di Panduan WordPress Lengkap

Cara Agar WordPress Aman

Agar website WordPress aman, pastikan anda memasang plugin pilihan seperti All in One WP Security & Firewall ataupun WordFence. Selain itu, DomaiNesia sudah dilengkapi dengan Anti-virus dan Anti-Malware untuk menanggulangi peretasan. Untuk mencegah serangan DDOS, anda juga dapat menggunakan CloudFlare. Ingin tahu tips agar WordPress aman dari serangan hacker? Baca Cara Agar Website Aman

cara membuat website gratis

Prestashop: Mudahnya Membuat Toko Online

Mengapa Harus Prestashop?

Prestashop juga merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang dibangun khusus untuk membuat toko online. Dikutip dari Wikipedia, Prestashop ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL. Sama seperti WordPress, dengan Prestashop anda bisa membuat toko online sesuai dengan keinginan. Lengkap dengan beberapa fitur seperti tambah pesanan, keranjang belanja, cara pembayaran, katalog produk bahkan fitur pengiriman. Anda tidak perlu susah-susah untuk membuatnya dari nol. Cukup sesuaikan saja dengan lokasi, mata uang, metode pembayaran dan fitur apa yang dibutuhkan toko anda. Untuk masalah tampilan jangan khawatir! Ada banyak tema yang bisa anda pilih. Dari segi security, anda juga tidak perlu repot karena Tim Prestashop juga yang mengurusnya. Satu, lagi! Anda bisa mendapatkan sebuah toko online, GRATIS!

Apa Kelebihannya?

Dikutip dari website resmi Prestashop, ada banyak kelebihan jika menggunakan Prestashop. Antara lain:
+ Mudah digunakan
+ Seperti Layaknya Toko Online Profesional
+ Memiliki Beragam Fitur (Pesanan, Pembayaran, Pengiriman, Customer, Statistik Penjualan, dan sebagainya)
+ User Bisa Melakukan Kustomisasi Sesuai Keinginan
+ Banyak Tema dan Module yang bisa digunakan
+ User dapat mengembangkan module sendiri
+ Gratis
+ Bisa Menggunakan Bahasa Indonesia
+ Tidak Perlu Mengerti Bahasa Pemrograman

Membuat Toko Online Gratis Dalam 30 Menit

Yuk buat toko online sekarang! Ada banyak cara untuk membuat toko online gratis menggunakan Prestashop lho. Anda bisa instal manual, menggunakan Softaculous Apps Installer serta menggunakan fitur Instant Deploy DomaiNesia.

1. Instalasi Manual

Anda bisa langsung download file zip Prestashop  kemudian lakukan kustomisasi di localhost ataupun langsung di hosting. Anda bebas mengisi konten, memasang produk, memilih tema, menuliskan harga dan spesifikasi produk melalui localhost. Setelah itu baru lakukan upload ke hosting melalui File Manager ataupun upload melalui FileZilla.

2. Melalui Softaculous Apps Installer

Kalau sudah punya domain ataupun hosting? Anda dapat membuat toko online gratis dengan Prestashop melalui Softaculous Apps Installer. Softaculous Apps Installer adalah auto installer yang ada di Hosting dan berfungsi untuk mempermudah instalasi berbagai CMS (content management system) serta beragam aplikasi website yang bersifat open source. Silakan masuk ke cPanel Hosting kemudian lakukan instalasi melalui Softaculous Apps Installer. Anda dapat mengikuti Cara Membuat Toko Online dengan Prestashop. Tulis nama domain serta username dan password untuk login Prestashop.

3. Melalui Fitur Instant Deploy DomaiNesia

Ingin membuat toko online gratis tapi tidak tahu harus darimana untuk memulainya? DomaiNesia dapat membantu anda lho. Manfaatkan fitur Instant Deploy DomaiNesia untuk membuat toko online gratis. Anda dapat langsung order domain, order hosting dan membuat toko online Prestashop dalam satu langkah. Untuk mengetahui cara membuat toko online dengan Instant Deploy, silakan baca Tutorial Membuat Toko Online Untuk Pemula. Ingin tahu bagaimana memasukkan katalog produk, memasukkan harga produk hingga kustomisasi tampilan?  Yuk cek Cara Membuat Toko Online Sendiri. Cara membuat website gratis termudah adalah menggunakan fitur Instant Deploy DomaiNesia ya!

Buat Website dan Toko Online Ada di Halaman Pertama Google!

Salah satu hal yang menjadi penentu website dan toko online anda sukses atau tidak adalah jumlah pengunjung yang datang. Untuk menarik pengunjung, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan.

1. Perbaiki Tampilan Website

First impression adalah yang utama. Apakah anda percaya dengan cinta pada pandangan pertama? Untuk urusan tampilan website, mungkin anda harus percaya. Bagaimana bisa pengunjung tertarik dengan website yang tampilannya berantakan? Untuk itu, pilih tema dan plugin yang sesuai dengan website anda ya.

2. Perbaiki SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah sesuatu yang berguna untuk menaikkan traffic serta membuat website ada di peringkat pertama Google. Selain mempercantik tampilan, anda juga harus memperbaiki SEO. Untuk pengguna WordPress, anda dapat memasang Plugin Terbaik Untuk SEO. Anda juga dapat menaikkan peringkat website di Google dengan mengikuti Cara Agar Website Muncul di Halaman Pertama Google.

Kesimpulan

Cara membuat website gratis ada banyak cara. Untuk membuat website pribadi ataupun website perusahaan, anda dapat menggunakan WordPress. Untuk membuat toko online, anda dapat menggunakan Prestashop. Sekarang, untuk membuat website atau toko online tidak perlu belajar bahasa pemrograman. Persiapkan konten, harga, spesifikasi produk serta desain website yang anda inginkan. Lalu gunakan CMS dan lakukan kustomisasi. Untuk anda yang ingin membuat website dari nol, silakan ikuti Tutorial Cara Buat Website Untuk Pemula (Garansi 100%). Salam DomaiNesia!

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!