Home  »  SSL   »   Perlukah Saya Menggunakan SSL?

Perlukah Saya Menggunakan SSL?

Last Update:

Introduction

Hi DomaiNesians! Pernah mendengar kata SSL sebelumnya? Mungkin sebagian dari DomaiNesians udah pernah dengar tapi belum mengerti apa itu SSL ya. Atau mungkin sebelumnya ada teman yang menyarankan untuk menggunakan SSL. Tapi masih bingung perlu nggak sih saya menggunakan SSL. Apa sih efeknya kalau saya pasang SSL di website? Bisa bikin error nggak? Website saya terlindungi dari serangan hacker nggak? Hmmm… Jangan bingung! Panduan kali ini akan dibahas secara tuntas tentang apa itu SSL, perlu nggak sih pakai SSL dan apa fungsi dan manfaatnya. Selain itu, kamu akan dipandu bagaimana sih tips memilih SSL yang baik dan benar. Kalau budget terbatas, apakah ada SSL murah atau yang gratis gitu? Oke, daripada banyak pertanyaan mendingan langsung saja 😀

Apa itu SSL?

Oke, mungkin kamu agak kurang familiar dengan kata SSL ya sebelumnya. Lalu sebenarnya apasih perbedaan Website, Hosting, Domain dan SSL? Kami sudah memberikan perumpamaan agar anda mudah untuk memahaminya lho. Silahkan cek Apa itu Website, Domain, Hosting dan SSL. Jadi, SSL adalah kepanjangan dari Secure Socket Layer. Menurut Wikipedia, SSL akan melindungi website anda dari serangan orang yang tidak bertanggung jawab. SSL akan bekerja dengan membuat suatu jalur terenkripsi antara website dan web browser. Sehingga informasi yang terdapat dalam website akan aman dari pencurian orang lain. Ibarat pagar yang mengelilingi rumah, SSL akan melindungi website dari berbagai indikasi pencurian data. Biasanya pada url suatu website yang memiliki sertifikat SSL akan bertransformasi menjadi HTTPS bukan lagi HTTP.

Apa Fungsi dan Manfaat SSL?

Ada beberapa fungsi dan manfaat SSL yang harus kamu tahu. Antara lain,

1. Melindungi Website

Fungsi dan manfaat utama dari SSL tentu saja melindungi website kamu. SSL akan membuat website kamu susah untuk dihack orang lain. Selain itu, SSL juga akan melindungi data penting yang ada di dalam website.

2. Data Akan Terenkripsi

Pada dasarnya SSL merupakan suatu protokol atau jalur antara website dan web browser. Nah, biasanya jalur tersebut sangat rentan terhadap indikasi pencurian data. Bisa dibayangkan apabila data tersebut tidak dienkripsi, maka orang lain dapat dengan mudah melakukan penyadapan. Berbeda dengan website yang sudah dipasang SSL. Jalur website yang sudah dilindung SSL akan sulit untuk diambil dan diterjemahkan oleh orang lain. Karena informasi/ data tersebut berbentuk kode- kode yang sulit untuk dibaca.

Cara Memilih SSL Terbaik

SSL ada banyak jenisnya lho! Ada yang berbayar dan ada juga SSL Gratis. Bagi anda yang menginginkan keamanan lebih bisa memilih SSL berbayar seperti RapidSSL, Comodo PositiveSSL, VeriSign Secure Site dari Symantec, AlphaSSL dari GlobalSign, Geotrust dari TrueBusiness dan sebagainya. Bagi anda yang menginginkan SSL yang tidak berbayar, DomaiNesia menyediakan Let’s Encrypt secara GRATIS! Untuk lebih jelasnya, silahkan baca Tips Memilih SSL Murah.

Pengen pasang SSL Gratis Let’s Encrypt? Cek aja Cara Install Let’s Encrypt

Cara Order SSL Murah

Nah setelah mengetahui apa itu SSL serta fungsi, manfaat hingga pilih berbayar atau gratis, maka sekarang saatnya memantapkan pilihan untuk menggunakan SSL. DomaiNesia juga dikenal dengan penyedia SSL Murah Indonesia lho! Kamu bisa beli SSL yang sesuai dengan budget dan kebutuhan. Adapun caranya, silahkan baca Cara Membeli SSL Murah. Kalau budget kamu terbatas, DomaiNesia punya SSL Let’s Encrypt yang bisa kamu gunakan secara GRATIS!

Nah, bagaimana? Sekarang sudah lebih tercerahkan ya pastinya? Keberadaan SSL memang sangat diperlukan untuk mengamankan website dari ancaman hacker. Terdapat berbagai Sertifikat SSL baik yang GRATIS ataupun yang berbayar. DomaiNesia jual SSL dengan berbagai tipe dan mereka yang beragam lho. Tentu saja dengan harga yang terjangkau pula. Ingin lihat SSL apa saja yang ada di DomaiNesia? Cek aja di SSL Murah DomaiNesia.

Baca Juga: Tips Agar Website WordPress Aman


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!