• Home
  • SSL
  • SSL adalah dan Apa itu SSL? Penjelasan Lengkap

SSL adalah dan Apa itu SSL? Penjelasan Lengkap

Oleh Mutiara Auliya
4.75/5 (4)

Hi DomaiNesians! Pernah mendengar kata SSL sebelumnya? Mungkin sebagian dari DomaiNesians juga mencari tahu ssl adalah ? atau sudah pernah dengar tapi belum mengerti apa itu SSL ya. Atau mungkin sebelumnya ada teman yang menyarankan untuk menggunakan SSL. Tapi masih bingung perlu nggak sih saya menggunakan SSL. Apa sih efeknya kalau saya pasang SSL di website? Bisa bikin error nggak? Website saya terlindungi dari serangan hacker nggak? Hmmm… Jangan bingung! Panduan kali ini akan dibahas secara tuntas tentang apa itu SSL, perlu nggak sih pakai SSL dan apa fungsi dan manfaatnya. Selain itu, kamu akan dipandu bagaimana sih tips memilih SSL yang baik dan benar. Kalau budget terbatas, apakah ada SSL murah atau yang gratis gitu? Oke, daripada banyak pertanyaan mendingan langsung saja 😀

SSL adalah?

Oke, mungkin kamu agak kurang familiar dengan kata SSL ya sebelumnya. Lalu sebenarnya apasih perbedaan Website, Hosting, Domain dan SSL? Kami sudah memberikan perumpamaan agar anda mudah untuk memahaminya lho. Silahkan cek Apa itu Website, Domain, Hosting dan SSL.

SSL adalah kepanjangan dari Secure Socket Layer. Menurut Wikipedia, SSL akan melindungi website anda dari serangan orang yang tidak bertanggung jawab. SSL akan bekerja dengan membuat suatu jalur terenkripsi antara website dan web browser. Sehingga informasi yang terdapat dalam website akan aman dari pencurian orang lain. Ibarat pagar yang mengelilingi rumah, SSL akan melindungi website dari berbagai indikasi pencurian data. Biasanya pada url suatu website yang memiliki sertifikat SSL akan bertransformasi menjadi HTTPS bukan lagi HTTP.

Apa Fungsi SSL/TLS?

Ada beberapa fungsi dan manfaat SSL yang harus kamu tahu. Antara lain,

1. Melindungi Website

Fungsi dan manfaat utama dari SSL tentu saja melindungi website kamu. SSL akan membuat website kamu susah untuk dihack orang lain. Selain itu, SSL juga akan melindungi data penting yang ada di dalam website.

2. Data Akan Terenkripsi

Pada dasarnya SSL merupakan suatu protokol atau jalur antara website dan web browser. Nah, biasanya jalur tersebut sangat rentan terhadap indikasi pencurian data. Bisa dibayangkan apabila data tersebut tidak dienkripsi, maka orang lain dapat dengan mudah melakukan penyadapan. Berbeda dengan website yang sudah dipasang SSL. Jalur website yang sudah dilindung SSL akan sulit untuk diambil dan diterjemahkan oleh orang lain. Karena informasi/ data tersebut berbentuk kode- kode yang sulit untuk dibaca.

Manfaat SSL

SSL sangat penting untuk website, karena fungsi SSL adalah melindungi website dari orang yang tidak bertanggung jawab, berikut ini adalah manfaat SSL yang paling sering orang cari

  1. Meningkatkan Ranking Website

    Saat ini bukan hanya mitos bahwa SSL mampu meningkatkan ranking website, ternyata update algoritma terbaru mengharuskan website memiliki SSL agar bisa mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari Google. Saat ini google juga melarang mengunjungi website yang tidak memakai SSL/TLS karena sangat rawan dengan pencurian data pengguna. Menurut data yang di buat oleh NeilPate pakar SEO luar negeri, website yang memiliki HTTPS lebih mudah mendapatkan ranking dibandingkan website yang masih HTTP saja.

  2. Menghindari Pencurian data Website

    Dengan mengintall SSL/TLS di website kamu, dapat menghindarkan para hacker mengambil data penting website, ada beberapa website yang memiliki sistem pembayaran, website yang memiliki sistem pembayaran kartu kredit inilah biasanya menjadi sasaran utama para hacker dalam mengumpulkan data kartu kredit pelanggan. Untuk menghindari pencurian data dan hal-hal yang tidak di inginkan, segera daftarkan SSL Indonesia di website Anda.

  3. Meningkatkan Reputasi Website

    Manfaat lain dari SSL adalah website yang sudah menginstall SSL/TLS atau yang belum menginstall akan mendapatkan notifikasi ketika pengguna masuk ke website kamu. Jika sudah menginstall TLS/SSL website kamu akan ada notifikasi hijau, jika belum akan ada notifikasi merah di bagian url website.
    Bayangkan jika kamu seorang pengguna yang hendak mengakses website yang ada notifikasi merah, tentu saja kamu akan berfikir dua kali jika ingin memasukan data ke website tersebut. ssl adalah

  4. Mematuhi Aturan Transaksi

    Jika website kamu adalah website toko online yang menyediakan payment otomatis menggunakan kartu kredit atau kartu debit, tentu website kamu harus terinstall TLS/SSL terlebih dahulu. Sebab jika terjadi kebocoran data nasabah atau pelanggan, kamu bisa di denda maksimal $500.000 atau setara dengan 7 triliun rupiah menurut data ini.

  5. Menghindari Salah Kirim Data

    Manfaat terakhir dari SSL adalah SSL tak hanya mengamankan website dari serangan hacker, apa itu SSL juga berguna untuk otentikiasi data yang dikirimkan ke server tujuan, sehingga data penting yang dikirimkan tidak salah alamat.

Jenis Sertifikasi SSL

Berikut ini adalah jenis-jenis sertifikasi SSL di Indonesia

  1. SSL single domain

    Apa itu TLS/SSL single domain? SSL single domain adalah SSL yang hanya bisa mengamankan hanya satu domain saja, tidak bisa lebih dari satu domain. Adapun beberapa keuntungan dari single domain TLS antara lain:

    • SSL ini adalah tipe yang sangat sederhana. Validasi sangat mudah dan sangat cocok bagi orang yang baru memulai website.
    • SSL ini juga memiliki enkripsi sebesar 256-bit. Perlu kamu ketahui bahwa 256-bit adalah enkripsi level tinggi dimana hacker untuk bisa membobol enkripsi ini harus mencoba sebanyak 2256 kombinasi agar bisa membobol websitemu, Jika dicoba dalam jangka waktu, si hacker harus mencoba membobol websitemu dalam waktu puluhan tahun.
    • Jika kamu memberli SSL jenis ini, maka waktu penerbitan sertifikat sangat cepat.
  2. SSL Wilcard

    Wildcard SSL adalah sertifikat SSL yang memiliki karakter wildcard (bintang) pada domain. Bintang ini bertugas untuk mengamankan beberapa nama sub domain (host) yang terhubung dengan domain utama, contohnya adalah subdomain.websiteUtama.com. Kelebihan dari sertifikat ini antara lain :

    • Subdomain website, dan website utama akan mendapatkan perlindungan SSL. dan jumlah subdomain yang akan mendapatkan secure adalah tak terbatas.
    • Membeli wildcard SSL akan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan membeli satu persatu SSL single domain.
  3. SSL multi Domain

    SSL ini adalah SSL yang bisa memberikan keamanan di banyak domain, syarat utama membeli SSL ini adalah domain yang akan di secure haruslah aktif. sertifikat ini biasanya dipakai perusahaan yang memiliki banyak nama domain dan mencari harga terbaik jika dibandingkan dengan membeli satu-satu sertifikat.

  4. Unified Communications Certificates

    Unified Communications Certificate SSL adalah jenis SSL yang dibuat khusus untuk Office Communication Server dan Microsoft Exchange. Dengan membeli sertifikat ini kamu bisa mengamankan beberapa domain dan subdomain. Cuman, SSL ini hanya bisa menggunakan proses validasi OV. dan tidak bisa memakai validasi DV. Apa itu OV dan DV ? akan dibahas di selanjutnya.
    adapun manfaat dari UCC SSL antara lain :

    – Bisa mengamankan banyak domain dan subdomain sekaligus hanya dengan membeli 1 sertifikat saja.
    – Tidak harus melakukan penerbitan ulang. Kamu dapat mengubah domain dengan sertifikat ini.
    – Mengurangi biaya dan memudahkan mengelola banyak domain sekaligus.

  5. Domain Validated SSL (DV SSL)

    Domain Validation SSL adalah cara validasi ssl yang paling cepat diantara yang lain, kamu hanya memerlukan validasi kepemilikan domain melalui email saja, jadi kamu tidak memerlukan dokumen yang lain, hanya perlu alamat email, http dan DNS-based Authentication.

  6. Organization Validated SSL (OV SSL)

    Organization Validation SSL adalah cara penerbitan SSL yang paling rumit namun tetap bisa di lakukan dengan beberapa syarat. Untuk memesan SSL tipe ini kamu perlu memenuhi beberapa persyaratan diantaranya adalah mengirimkan dokumen ke penyedia SSL. Apa saja persyaratanya kamu bisa baca disini. SSL adalah

  7. Extended Validated SSL (EV SSL)

    Extended Validation SSL adalah validasi SSL dengan keamanan tertinggi. Bagi kamu yang memerlukan tingkat keamanan website paling tinggi, bisa memilih SSL Extended validated ini. Produk SSL biasa dipakai oleh beberapa perusahaan yang benar-benar membutuhkan keamanan tingkat tinggi, salah satunya adalah website perbankan. Jika kamu ingin tahu lebih jauh tentang SSL ini, kamu bisa cek di panduan EV SSL

Cara Memilih SSL Terbaik

SSL ada banyak jenisnya lho! Bagi anda yang menginginkan keamanan lebih, bisa memilih SSL berbayar seperti RapidSSL, Comodo PositiveSSL, VeriSign Secure Site dari Digicert, AlphaSSL dari GlobalSign, Geotrust dari TrueBusiness dan sebagainya. DomaiNesia memiliki rekomendasi sertifikat SSL yang cocok untuk para pemula dengan harga yang murah. Hanya 99 ribu setahun!

Pengen pasang SSL Gratis Let’s Encrypt? Cek aja Cara Install Let’s Encrypt

Nah, buat kamu pemula terkadang suka bingung bagaimana cara memilih SSL yang baik untuk website. Apakah harus memilih SSL gratis atau yang berbayar? Hmm kalau begitu, sebaiknya kamu baca Tips Memilih SSL Untuk Pemula. Buat kamu yang pilih SSL berbayar untuk dipasang di Hosting, silakan baca Cara Install SSL di Hosting.

Cara Order SSL Murah

Nah setelah mengetahui apa itu SSL serta fungsi, manfaat hingga pilih berbayar atau gratis, maka sekarang saatnya memantapkan pilihan untuk menggunakan SSL. DomaiNesia juga dikenal dengan penyedia SSL Murah Indonesia lho! Kamu bisa beli SSL yang sesuai dengan budget dan kebutuhan. Adapun caranya, silahkan baca Cara Membeli SSL Murah. Kalau budget kamu terbatas, tenang saja. Di semua Hosting DomaiNesia sudah terdapat SSL Let’s Encrypt gratis.

apa itu ssl

Nah, bagaimana? Sekarang sudah lebih tercerahkan ya pastinya? Keberadaan SSL memang sangat diperlukan untuk mengamankan website dari ancaman hacker. DomaiNesia jual SSL dengan berbagai tipe dan mereka yang beragam lho. Tentu saja dengan harga yang terjangkau pula. Ingin lihat SSL apa saja yang ada di DomaiNesia? Cek aja di SSL Murah DomaiNesia.

Baca Juga: Tips Agar Website WordPress Aman

Mutiara Auliya

Hi! I am Data Analyst and Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!