Panduan Setting SSL di Joomla

panduan install ssl untuk joomla

Haruskah Melakukan Setting SSL di Joomla?

SSL merupakan salah satu protokol yang banyak digunakan dan berfungsi sebagai pengaman website. SSL akan membuat jalur yang terkenripsi antara web browser dan server. Sehingga, proses pertukaran data antara user dan server tidak dapat diakses orang lain. Begitu juga dengan di di Joomla. Di Joomla, anda dapat melakukan setting SSL dengan mudah. Dengan melakukan setting SSL di Joomla, maka anda akan terhindar dari serangan para orang yang tidak bertanggung jawab. Di DomaiNesia terdapat beberapa SSL yang dapat anda gunakan. Untuk melihat SSL apa saja yang dapat anda gunakan, maka dapat dibaca di Macam- Macam SSL DomaiNesia.

Instalasi Let’s Encrypt di DomaiNesia

Pada panduan kali ini, kami menggunakan SSL Let’s Encrypt yang dapat anda miliki secara Gratis di DomaiNesia. Anda cukup login cPanel, memilih Let’s Encrypt serta memilih domain yang akan diberi SSL maka sudah selesai. SSL telah terpasang di domain yang akan anda install dengan CMS Joomla. Adapun panduannya dapat anda lihat di Cara Instal Let’s Encrypt di DomaiNesia.

Setting SSL di Joomla

Setelah domain yang ingin diinstal CMS Joomla terpasangan SSL, maka anda dapat melakukan tahapan selanjutnya. Yaitu, instalasi CMS Joomla. Anda dapat melakukannya secara manual atau melalui Softaculous. Adapun langkah- langkahnya dapat anda baca di Panduan Instalasi Joomla. Pada saat proses instalasi, jangan lupa untuk memilih protokol HTTPS pada bagian Software Setup. Apabila proses instalasi selesai maka lakukan hal- hal berikut,
1. Login ke halaman administrator Joomla. Silahkan isi dengan username dan password anda.
enter image description here
2. Maka anda akan diarahkan ke halaman dashboard Joomla.
enter image description here
3. Untuk melakukan setting SSL di Joomla, maka pada bagian side bar sebelah kiri bagian Configuration silahkan pilih Global.
enter image description here
4. Maka anda akan diarahkan ke halaman configuration. Di sini anda dapat melakukan beberapa konfigurasi mengenai website, sistem, server, permission dan sebagainya. Untuk melakukan setting SSL di Joomla, maka pilih tab Server. Silahkan lihat pada bagian Server Settings khususnya bagian Force SSL. Secara default, yang diaktifkan adalah None. Namun, apabila anda ingin memberikan SSL di website Joomla maka terdapat dua pilihan yang dapat dipilih. Yaitu, pertama Adminstrator Only artinya SSL diaktifkan pada halaman administrator saja. Kedua, yaitu Entire Site. Entire Site ini berarti SSL akan diaktifkan ke semua halaman website Joomla.
enter image description here
5. Setelah memilih bagian Force SSL, maka klik Save. Dan setting SSL di Joomla pun telah berhasil dilakukan.
enter image description here

Closing

Dengan melakukan setting SSL di Joomla, maka website anda akan aman dari serangan orang- orang yang tidak bertanggung jawab. Karena SSL telah melakukan pengamanan data antara web browser dengan server. Di DomaiNesia, anda dapat dengan mudah melakukan setting SSL khususnya untuk CMS Joomla.

Panduan dibuat khusus untuk pelanggan DomaiNesia, jika ada perbedaan dalam fitur/layanan dengan layanan yang Anda pakai, silakan hubungi penyedia layanan Anda.

Pindah ke DomaiNesia

Migrasi
Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Related Articles