Home  »  Permulaan   »   Panduan Instalasi Joomla

Panduan Instalasi Joomla

Last Update:

cara install joomla

Apa itu Joomla?

Joomla merupakan salah satu jenis CMS (Content Management System) yang digunakan untuk membangun berbagai macam aplikasi online seperti surat kabar online, website perusahaan, website sekolah maupun website pribadi. Pada dasarnya CMS Joomla ini sama dengan WordPress, namun Joomla memiliki beberapa keunggulan apabila digunakan dalam pembuatan website yang sifatnya untuk perusahaan, pemerintah, sekolah atau organisasi. Diantaranya yaitu, Joomla memiliki fitur yang lebih banyak, mudah dimodifikasi, serta banyak modul yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Instalasi Joomla

Anda dapat melakukan instalasi Joomla dengan mudah. Seperti pada umumnya, anda dapat melakukan instalasi Joomla di localhost terlebih dahulu kemudian upload file ke hosting atau menggunakan Softaculous. Bagi anda yang masih awam dengan proses instalasi manual, maka kami sarankan untuk menggunakan bantuan dari Softaculous Apps Installer. Adapun panduan instalasi Joomla di Softaculous adalah sebagai berikut,
1. Masuk ke dalam cPanel anda melalui https://namadomain/cpanel,
enter image description here
lalu login sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting
enter image description here
2. Kemudian masuk ke halaman cPanel. Pada kolom pencarian ketikkan “softaculous” lalu pilih “Softaculous Apps Installer”
enter image description here
3. Maka anda akan diarahkan ke dashboard Softaculous. Terdapat berbagai macam Content Management System (CMS) yang dapat anda pilih. Untuk melakukan instalasi Joomla, maka silahkan tuliskan Joomla di kolom pencarian. Setelah itu klik Joomla.
enter image description here
4. Kemudian anda akan masuk ke installer Joomla. Pada halaman ini anda akan menemukan beberapa fitur, screenshots, versi yang digunakan, demo, ratings serta review dari CMS Joomla. Untuk melakukan instalasi silahkan klik Install Now.
enter image description here
5. Setelah itu, anda akan diminta untuk mengisi beberapa form yang akan digunakan sebagai acuan CMS Joomla yang akan diinstal. Pada bagian Software Setup anda diminta untuk menentukan versi Joomla, protokol yang digunakan (pilih HTTPS apabila domain telah terpasang SSL), domain yang digunakan untuk CMS Joomla serta pemilihan direktori instalasi. Kosongkan direktori instalasi agar Joomla dapat terinstall di folder utama/ root. Pada bagian Site Settings, anda dapat menuliskan judul website dan deskripsi website.
enter image description here
6. Pada bagian Database Settings, anda diminta untuk memilih import database. Biarkan default saja. Sedangkan pada bagian Admin Account, silahkan isi username, password, nama asli serta email dari admin Joomla.
enter image description here
7. Kemudian pada bagian Choose Language, pilih bahasa yang diinginkan. Klik Advanced Options agar anda dapat melakukan backup secara berkala. Setelah semua selesai, maka klik Install.
enter image description here
8. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
enter image description here
9. Setelah selesai, maka akan muncul tulisan Congratulations, the software was installed successfully. Itu menandakan bahwa proses instalasi Joomla telah berhasil.
enter image description here
10. Untuk mengakses halaman utama maka klik domain tersebut. Sedangkan untuk mengakses halaman admin, maka tuliskan /administrator setelah nama domain. Misalnya domainesia.com/administrator. Maka akan muncul halam login seperti ini.
enter image description here
11. Tuliskan username dan password Joomla tadi. Apabila berhasil maka akan muncul tampilan berikut. Anda dapat menerbitkan artikel, menambah kategori, mengganti template atau menambah modul sesuai keinginan.
enter image description here

Closing

Joomla merupakan salah satu CMS yang cukup powerful dan hampir sama kegunaannya dengan WordPress. Namun, apabila digunakan sebagai website perusahaan, website pemerintah, maupun website organisasi Joomla lebih unggul dibandingkan dengan CMS lainnya. Proses instalasi Joomla pun cukup mudah dan cepat. Anda dapat melakukan instalasinya secara manual atau menggunakan Softaculous Apps Installer.


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!