Home  »  Permulaan   »   Apa itu CloudLinux ?

Apa itu CloudLinux ?

Last Update:

apa itu cloudlinux
Apa itu CloudLinux – Ingin tahu teknologi dibalik semua server DomaiNesia? Apa sebenarnya yang menyebabkan DomaiNesia terkenal dengan kehandalan servernya namun tetap termasuk hosting murah? Kamu bisa baca 12 Kelebihan DomaiNesia Yang Harus Kamu Tahu. Nah, salah satu kelebihan hosting yang disebutkan adalah menggunakan teknologi CloudLinux OS. Dengan teknologi ini, semua hosting di DomaiNesia memiliki efisiensi dan performa yang stabil. Sebenarnya apa itu CloudLinux OS? Apa sih keunggulan CloudLinux OS? Nah, pada panduan kali ini akan dijelaskan tentang apa itu CloudLinux agar kamu lebih paham ya.

Apa itu CloudLinux?

CloudLinux adalah suatu sistem operasi yang didesain untuk server. Dikutip dari CloudLinux, CloudLinux adalah suatu sistem operasi berbayar dengan teknologi Lightweight Virtualized Environment (LVE) yang memungkinkan shared hosting dapat bekerja seperti layaknya virtual server. Dengan CloudLinux, server hosting akan menjadi lebih stabil dan proses pembagian resources lebih terkontrol. Teknologi LVE akan membentuk suatu sistem virtual, mempartisi, mengalokasi dan melakukan limitasi terhadap resources yang ada. Seperti memori, CPU, dan koneksi untuk masing-masing user cPanel.

apa itu cloudlinux

Sumber: CloudLinux

Jika di server biasa, tidak ada limitasi (pembatasan) resouces untuk masing-masing user cPanel. Sehingga, apabila ada user yang menyebabkan load server meningkat maka Tim Support hanya dapat melakukan suspend terhadap user tersebut. Nah jika user tersuspend, sering kali komplain dan menanyakan apa yang terjadi sebenarnya. Parahnya lagi, terkadang user adalah si pemilik website dan tidak tahu tentang hal tersebut. Untuk itu, hal ini sering kali menimbulkan permasalahan.

Berbeda dengan server yang menggunakan sistem operasi CloudLinux. CloudLinux akan melakukan limitasi terhadap resource user. Jika user tersebut menyebabkan load server tinggi, maka sistem akan melakukan limitasi dengan sendirinya. Akses menjadi lambat dan website menjadi error. CloudLinux OS juga telah kompatibel dengan beberapa software kontrol panel seperti cPanel, Plesk, ISP Manager serta Webmin.

Keunggulan CloudLinux OS

Setelah mengetahui apa itu CloudLinux, sekarang saatnya mengetahui apa keunggulan sistem operasi ini. Yaitu:

1. Membuat Server Lebih Stabil

Lonjakan load server adalah hal yang biasa. Asalkan masih diambang batas dan uptime 99,9% hal tersebut masih dianggap wajar. CloudLinux OS akan membuat server kamu lebih stabil dengan hadirnya teknologi LVE dan MySQL Governor.

Lightweight Virtualized Environment (LVE)

Lightweight Virtualized Environment adalah teknologi di sisi kernel sistem operasi yang akan mengisolasi resources dari masing-masing user baik dari memori, CPU, IO dan proses. Sehingga, apabila ada satu user yang menyebabkan load tinggi, sistem akan melakukan limitasi dan membatasi resource server. Untuk mempermudah kamu dalam melakukan pengelolaan, terdapat LVE Manager. Dengan LVE Manager, kamu dapat melakukan hal berikut:
– membatasi resource tiap akun cPanel
– memberikan akses kepada reseller untuk membatasi resource user
– membuat dan mengaktifkan paket-paket default
– mengidentifikasi user dengan load tinggi
dan sebagainya

apa itu cloudlinux

Sumber: CloudLinux

MySQL Governor

Selain load server, aktivitas database MySQL juga berpengaruh terhadap kestabilan suatu server. Banyaknya query yang dihasilkan ribuan databae, akan menyebabkan server mudah down. Untuk itu di CloudLinux OS terdapat fitur MySQL Governor yang akan memonitor penggunaan MySQL. MySQL Governor ini akan melakukan pengecekan CPU dan penggunaan disk IO untuk user secara real time pada saat proses query MySQL. MySQL Governor akan secara otomatis menghentikan query yang berjalan sangat lama. MySQL Governor support MySQL versi 5.1- 5.7 dan MariaDB 5.x dan 10.x.

2. Membuat Server Menjadi Lebih Aman

Selain meningkatkan kestabilan server, CloudLinux OS juga berhasil membuat server menjadi lebih aman. Beberapa fitur yang berperan yaitu:

CageFS

Hal ini dikarenakan, CloudLinux akan membuat “sangkar” terhadap user cPanel. User cPanel akan memiliki suatu sistem virtual tertentu yang tidak akan berpengaruh terhadap user lainnya. Jadi, masing-masing user hanya dapat mengakses file dan melihat prosesnya sendiri. Mereka tidak dapat melihat proses dari user lainnya di server termasuk file konfigurasi server. Sehingga, server akan lebih aman. Adapun teknologi ini disebut dengan CageFS. CageFS pada CloudLinux akan mencegah serangan dalam jumlah yang besar termasuk pengambilan hak akses (privilage escalation) dan information disclosure attacks (membaca file /etc/passwd). Semuanya sudah secara otomatis tanpa harus ada pergantian script pada user.

apa itu cloudlinux

Sumber: CloudLinux

Hardened PHP

Selain itu melihat hampir 85% website menggunakan bahasa pemrograman PHP, maka CloudLinux juga memiliki fitur Hardened PHP. Banyak cara yang dilakukan hacker untuk bisa masuk dan mengambil akses server. Salah satunya dengan memanfaatkan celah pada versi PHP. Masih ingat kan, tidak ada sistem yang aman 100%. Untuk itu, pastikan kamu telah melakukan patch dan melakukan update. Ada beberapa versi PHP yang sudah tidak disupport oleh komunitas PHP (PHP.net). Sehingga beberapa versi tersebut sudah tidak memiliki patch lagi. Antara lain PHP versi 4.4.9, 5.1, 5.2, 5.3, 5.4, 5.5, 5.6, 7.0, 7.1. Untuk itu hadirlah Hardened PHP yang akan melindungi dan melakukan proteksi terhadap website dengan versi PHP yang sudah tidak support. Selain itu, Hardened PHP juga akan memperbolehkan user untuk memilih banyak versi PHP dalam satu shared web server.

Secure Links

CloudLinux OS juga memiliki fitur Secure Links agar server lebih aman. Secure Links adalah teknologi yang berjalan di kernel untuk mencegah serangan symlink (symbolic link). Secure Links akan mencegah hacker untuk membuat file symbolic link sebagai contoh misalnya mengeksekusi Apache Web Server untuk membaca file konfigurasi PHP user lain.

3. Server Akan Memiliki Performa Tinggi

Server yang bagus adalah server yang memiliki kinerja dan performa tinggi. Dengan CloudLinux OS, server kamu akan memiliki performa di atas rata-rata. Hal ini dikarenakan CloudLinux OS memiliki fitur mod_lsapi yang lebih cepat untuk melakukan pemrosesan PHP dengan Apache. Mod_lsapi memiliki memori footprint yang rendah dan dapat mengerti instruksi PHP dari file htaccess. MySQL Governor juga berperan besar dalam membuat performa server meningkat. Selain menjaga kestabilan server, MySQL Governor akan memonitor penggunaan MySQL dan mencegah server dari kasus overload.

apa itu cloudlinux

Sumber: CloudLinux

4. Fitur Lainnya

CloudLinux juga memungkinkan user untuk memilih versi dari beberapa bahasa pemrograman seperti PHP, Ruby dan Python. CloudLinux OS memiliki fitur PHP Selector yang akan mempermudah kamu untuk memilih versi PHP. Pernah mendengar PHP Selector? Nah, bagi yang ingin baca lebih lanjut kamu bisa ikuti Mengubah Versi PHP di cPanel. Bagi yang memiliki website berbasis Ruby dan Python, kamu bisa memilih versi pada Setup Ruby App maupun Setup Python App.

apa itu cloudlinux

Kesimpulan

Sekarang, kamu sudah tau apa itu CloudLinux kan? CloudLinux adalah salah satu sistem operasi yang memungkinkan shared hosting dapat bekerja seperti layaknya server profesional. Dengan CloudLinux OS, server kamu akan menjadi lebih stabil, lebih aman, memiliki performa tinggi dan mudah dalam urusan pengelolaan. Lalu bagaimana agar bisa mendapatkan CloudLinux OS? Tenang saja! Semua hosting di DomaiNesia sudah dilengkapi dengan CloudLinux OS! Bagi pemilik VPS yang ingin melakukan instalasi CloudLinux, DomaiNesia menyediakan Add On Instalasi CloudLinux OS. Silakan hubungi Tim Support Kami ya! Tertarik dengan hosting murah dengan kualitas terbaik? Cek aja Hosting Murah DomaiNesia. Salam DomaiNesia!


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!