Home  »  Hosting   »   Cara Mengubah Versi PHP di cPanel

Cara Mengubah Versi PHP di cPanel

Last Update:

PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman yang cukup populer dikalangan developer web. Dikutip dari Wikipedia, PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. PHP banyak digunakan sebagai server side language. Yaitu menghubungkan website dengan server. Menurut php.net, PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman yang cukup cepat, fleksibel dan mudah dimengerti. Perlu anda ketahui bahwa sebagian besar website yang ada di dunia ini menggunakan bahasa pemrograman PHP. Jadi, bagi anda yang ingin berkecimpung di bidang web development alangkah baiknya mempelajari bahasa pemrograman ini ya DomaiNesians. Seiring dengan berjalannya waktu, PHP memiliki berbagai versi yang telah dikembangkan. Adapun cara merubah versi PHP di cPanel DomaiNesia sangatlah mudah.

Apa hubungan PHP dengan cPanel?

Banyaknya versi yang dikeluarkan oleh PHP terkadang membuat para developer harus menyesuaikan keadaan hosting dengan website yang mereka buat. Misalnya, anda membuat website dengan versi PHP 5.5. Namun, tiba- tiba website anda tidak berjalan dengan baik ketika di telah dihosting. Tenang, jangan panik! Hal tersebut mungkin disebabkan oleh versi PHP website yang tidak sesuai dengan pengaturan versi PHP di cPanel hosting. Untuk itu yang harus anda lakukan yaitu merubah versi PHP di cPanel.

Ada Berapa Macam Versi PHP?

Dikutip dari website resminya di php.net terdapat berbagai macam versi PHP yang telah dikembangkan. Dari mulai versi 4.4, 5.1, 5.2, 5.3, 5.4, 5.5, 5.6, 7.0 hingga yang terbaru yaitu PHP 7.1.

Bagaimana Cara Merubah Versi PHP di cPanel?

Hal tersebut sangat mudah. Sebelum melakukan langkah- langkah di bawah ini, pastikan anda telah mengetahui versi PHP yang digunakan dalam website yang dikembangkan. Misalnya menggunakan PHP versi 5.5. Sehingga nanti pada pengaturan cPanel, anda juga harus memilih PHP versi 5.5.

1. Login di cPanel

Hal pertama yang harus anda lakukan yaitu login cPanel melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Untuk mengetahui cara login di cPanel, silahkan baca Panduan Cara Login cPanel DomaiNesia.

2. Memilih Menu Select PHP Version

Setelah anda berhasil login, maka akan diarahkan ke halaman dashboard cPanel. Pada form pencarian ketikkan “select php version”. Kemudian klik menu Select PHP Version. Select PHP Version ini berguna untuk merubah versi PHP di cPanel.

cara merubah versi php di cpanel

3. Merubah Versi PHP

Lalu anda akan diarahkan ke halaman PHP Selector. Nah di sini, anda dapat menyesuaikan versi PHP hosting dengan versi PHP website yang dikembangkan. Silahkan klik pada PHP Version tersebut. Kemudian pilih versi PHP yang anda inginkan. Kemudian klik Set as current.

cara merubah versi php di cpanel

4. Versi PHP Telah Berubah

Silahkan tunggu sebentar. Dan voila! Versi PHP telah berubah sesuai apa yang anda pilih tadi.

cara merubah versi php di cpanel

Closing

Agar website dapat berjalan dengan baik maka diperlukan sinkronisasi antara pengaturan file website dan hosting. Salah satunya adalah menyesuaikan versi PHP ini. Untuk menyesuaikan versi PHP di hosting, silahkan masuk ke cPanel. Adapun cara merubah versi PHP di cPanel sangatlah mudah bukan? DomaiNesia merupakan penyedia hosting murah yang berfokus terhadap kualitas layanan tanpa mengesampingkan efisiensi biaya. Jadi, jangan ragu untuk memilih DomaiNesia sebagai partner anda! 😀


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!