Cara Membuat MultiPHP di Hosting

Oleh Mutiara Auliya
5/5 (1)

Pernahkah kamu memiliki website dengan berbeda versi PHP nya? Pastinya pernah dong ya. Misalnya website A menggunakan versi PHP 5.6 dan website B harus dideploy dengan menggunakan PHP versi 7.2. Nah, hal ini cukup merepotkan ketika kamu hanya memiliki 1 hosting saja. Dulu, 1 hosting hanya dapat support dengan 1 versi PHP saja. Namun sekarang kamu bisa membuat multiphp di semua hosting DomaiNesia lho! Mau tahu cara membuat multiphp di hosting , yuk ikuti panduan berikut ini.

Apa itu MultiPHP?

MultiPHP adalah suatu fitur dimana user dapat memiliki beberapa versi PHP di hosting. Dikutip dari cPanel, MultiPHP ini didesain untuk memenuhi kebutuhan customer yang beragam.
Dulu, hosting hanya bisa singlePHP saja. Apabila kamu hanya memiliki 1 hosting saja, artinya kamu hanya bisa menggunakan 1 versi PHP. Jadi misalnya kamu memiliki beberapa subdomain dan di subdomain tersebut terdapat project yang harus menggunakan versi PHP yang berbeda, kamu perlu order hosting lagi. Karena 1 hosting hanya dapat memiliki 1 versi PHP.
Sekarang, semua paket hosting di DomaiNesia bisa multiPHP lho! Hanya dengan 1 hosting saja, kamu bisa menggunakan beberapa versi cPanel untuk subdomain maupun addon domain. Sebagai contoh, misalnya kamu punya 1 hosting. Dan kamu harus mengupload beberapa website dengan ketentuan berikut,

Website A
– Menggunakan subdomain multi1.namadomain.com
– Menggunakan versi PHP 5.6

Website B
– Menggunakan subdomain multi2.namadomain.com
– Menggunakan versi PHP 7.2

Tahap Persiapan Membuat MultiPHP

  1. Pastikan kamu sudah memiliki hosting di DomaiNesia. Bagi yang belum punya, silakan order hosting murah atau silakan gunakan paket hemat domain dan hosting.
  2. Pastikan kamu sudah membuat subdomain atau addon domain untuk website dengan versi PHP yang berbeda. Untuk membuat subdomain, silakan ikuti Cara Membuat Subdomain di cPanel Hosting.
  3. Mengetahui penggunaan File Manager. Untuk membuat multiPHP di hosting, kamu harus tahu tentang file manager dan bagaimana cara melakukan editing file di file manager.

Cara Membuat MultiPHP di Hosting

Adapun cara membuat multiphp di hosting yaitu,

1. Login cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Bagi anda yang belum tahu cara login cPanel, silakan baca di Cara Mudah Login cPanel Hosting.

membuat file htaccess

2. Memilih File Manager

Kemudian, anda akan diarahkan ke dashboard cPanel DomaiNesia. Pada kolom pencarian, silahkan tulis “file manager”. Lalu klik menu tersebut.

membuat file htaccess

3. Masuk ke Folder Subdomain atau Addon Domain

Sekarang saatnya masuk ke file website yang kamu upload. Kamu bisa upload file website di hosting dengan menggunakan subdomain atau addon domain. Pada panduan kali ini misalnya menggunakan subdomain.

Catatan: Jika website ini berada di domain utama maka silakan masuk ke  public_html. Jika file website diletakkan di subdomain, maka silakan masuk ke folder subdomain.

4. Membuat MultiPHP di Hosting

Berikut terdapat simulasi cara membuat multiphp di hosting.
a. Website A
Silakan masuk ke folder subdomain. Misalnya multi1.namadomain.com. Dan kamu menggunakan versi PHP 5.6. Kemudian tambahkan kode berikut di file .htaccess nya.

application/x-httpd-alt-php56___lsphp adalah list handler versi PHP 5.6

b. Website B
Silakan masuk ke folder subdomain. Misalnya multi2.namadomain.com. Dan kamu menggunakan versi PHP 7.2. Kemudian tambahkan kode berikut di file .htaccess nya.

application/x-httpd-alt-php72___lsphp adalah list handler versi PHP 7.2

Berikut ini beberapa list handler yang bisa digunakan untuk beberapa versi PHP.
application/x-httpd-alt-php44___lsphp
application/x-httpd-alt-php51___lsphp
application/x-httpd-alt-php52___lsphp
application/x-httpd-alt-php53___lsphp
application/x-httpd-alt-php54___lsphp
application/x-httpd-alt-php55___lsphp
application/x-httpd-alt-php56___lsphp
application/x-httpd-alt-php70___lsphp
application/x-httpd-alt-php71___lsphp
application/x-httpd-alt-php72___lsphp

Jika sudah, silakan klik Save Changes.

5. MultiPHP Berhasil Dibuat!

Yeay! MultiPHP berhasil dibuat! Sekarang kamu bisa mengupload website dengan versi php yang berbeda di hosting. Kamu bisa menggunakan versi php yang support dengan tema dan plugin website. Jadi, kamu akan terhindar dari beberapa error website. Untuk melakukan pengecekan website, kamu bisa membuat file info.php di dalam subdomain. Kemudian silakan diisi dengan script berikut:

Script berikut ini berfungsi untuk menampilkan versi php yang digunakan pada website. Tampilan berikut ini akan muncul secara otomatis dengan sendirinya.

cara membuat multiphp di hosting

Kesimpulan

Cara membuat multiphp di hosting sangat mudah. Bagi kamu yang memiliki website dengan banyak versi php bisa ikuti panduan ini. Bagi kamu yang memiliki website hanya di satu domain atau hanya menggunakan satu versi php di hosting, maka tidak perlu menggunakan cara ini. Kamu bisa ubah versi php di php option sesuai panduan Cara Mengubah Versi PHP di cPanel Hosting. Apabila ada pertanyaan silakan hubungi Tim Support ya!

Mutiara Auliya

Hi! I am Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!