Cara Menghapus SSL di cPanel

Introduction

SSL atau Secure Socket Layer merupakan suatu protokol yang berfungsi untuk mengamankan suatu website. SSL akan bekerja dengan membuat suatu jalur terenkripsi antara website dan web browser. Sehingga informasi yang terdapat dalam website anda tidak dapat dicuri orang lain. Bayangkan saja ketika anda melakukan internet banking tanpa protokol SSL. Para hacker dapat dengan mudah melihat transaksi yang anda lakukan. Terdapat berbagai macam SSL yang dapat digunakan dari mulai berbayar hingga GRATIS. DomaiNesia menyediakan layanan SSL GRATIS menggunakan Let’s Encrypt. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat di Panduan Instalasi SSL Let’s Encrypt. Semakin berkembangnya suatu perusahaan maka diperlukan pengamanan yang lebih. Untuk itu, anda dapat menggunakan SSL berbayar. Adapun rincian SSL kami, dapat dilihat di SSL DomaiNesia. Adakalanya untuk melakukan migrasi atau berpindah dari SSL gratis ke SSL berbayar anda harus menghapus SSL lama yang melekat pada domain. Untuk itu panduan kali ini akan membahas mengenai cara menghapus SSL di cPanel.

Bagaimana Cara Menghapus SSL?

Step 1- Memilih Menu SSL/ TLS melalui cPanel

Hal pertama yang harus anda lakukan yaitu login cPanel melalui http://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Kemudian, pada kolom pencarian silahkan ketikkan “SSL/TSL”. Lalu pilih menu SSL/TSL. Menu SSL/ TLS ini berisi segala pengaturan tentang SSL atau Secure Socket Layer yang digunakan oleh domain anda. Dari mulai generate sertifikat SSL, menghapus private key, instalasi SSL serta mengelola SSL yang ada.

cara menghapus ssl

Step 2- Manage SSL/ TSL

Setelah memilih menu tersebut, maka akan diarahkan ke halaman SSL/ TLS. Karena pada panduan ini berfungsi untuk mengetahui cara menghapus SSL di cPanel, maka yang harus anda lakukan yaitu klik pada Manage SSL sites. Hal ini dikarenakan anda akan melakukan pengelolaan SSL yang melekat pada domain.

cara menghapus ssl

Step 3- Uninstall SSL pada Domain

Kemudian anda akan diarahkan ke halaman pengelolaan SSL/ TLS. Scroll ke bagian bawah hingga menemukan kolom Manage Installed SSL Websites. Pada kolom tersebut dapat dilihat beberapa domain dan subdomain yang telah terinstall SSL. Adapun cara menghapus SSL yaitu dengan melakukan klik Uninstall pada domain yang anda pilih.

cara menghapus ssl
Setelah di klik Uninstall, maka akan muncul pop up yang intinya memberitahukan apakah anda benar- benar akan menghapus SSL dari domain tersebut. Karena apabila telah dihapus, maka SSL pada domain tidak dapat dikembalikan lagi. Apabila ya, silahkan klik Proceed. Voila! SSL yang melekat pada domain telah terhapus. Adapun tanda SSL telah terhapus yaitu pada kolom Manage Installed SSL Websites tidak muncul domain yang tadinya telah terpasang SSL.
enter image description here

Conclusion

Terdapat berbagai alasan yang membuat orang untuk menghapus SSL. Entah ingin berganti jenis SSL, migrasi dari SSL Gratis ke SSL berbayar atau sebagainya. DomaiNesia telah memberikan kemudahan bagi setiap customer dalam hal mengelola SSL yang ada pada domain. Begitu juga mengenai cara menghapus SSL melalui cPanel. Saran kami, apabila tidak ingin berpindah jenis SSL atau migrasi SSL jangan sekali- kali menghapus SSL dari website anda. Mengapa? Karena apabila website yang anda miliki tidak dilengkapi dengan SSL (Secure Socket Layer), maka orang lain dapat dengan mudah mencuri data. Bayangkan ketika data anda tersebut disalahkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Panduan dibuat khusus untuk pelanggan DomaiNesia, jika ada perbedaan dalam fitur/layanan dengan layanan yang Anda pakai, silakan hubungi penyedia layanan Anda.

Pindah ke DomaiNesia

Migrasi
Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Related Articles