Home  »  SSL   »   Panduan Instalasi SSL Let’s Encrypt

Panduan Instalasi SSL Let’s Encrypt

Last Update:

cara instalasi ssl gratis let’s encrypt

Cara Install Lets Encrypt

Let’s Encrypt merupakan Free Open Certificate Authority yang menyediakan fasilitas Sertifikat SSL/TLS gratis bagi masyarakat umum. Let’s Encrypt dirilis pada 12 April 2016 oleh *Internet Security Research Group* (ISRG). SSL/TLS yaitu suatu jalur terenkripsi yang berfungsi mengamankan website dan web browser. Biasanya pada url suatu website yang memiliki sertifikat SSL akan bertransformasi menjadi `HTTPS` bukan lagi `HTTP`. DomaiNesia menyediakan fasilitas Let’s Encrypt **GRATIS!** bagi seluruh akun hosting. Berikut ada cara install Let’s Encrypt dan cara perpanjang Let’s Encrypt yang bisa anda ikuti dengan mudah.

Adapun langkah- langkah cara install Let’s Encrypt yaitu sebagai berikut,

1. Login cPanel Hosting

Masuk ke dalam cPanel anda melalui https://namadomain/cpanel
login cPanel

Setelah itu, login menggunakan detail di email yang dikirim dari DomaiNesia dengan subjek Informasi Account Hosting
detail hosting

2. Memilih Menu Lets Encrypt

Setelah menambahkan kode di file .htaccess sekarang saatnya memulai tahap instalasi Let’s Encrypt. Pada kolom pencarian, ketikkan let’s encrypt maka akan muncul menu Let’s Encrypt SSL
cara install let's encrypt

Klik pada menu Let’s Encrypt kemudian anda akan diarahkan ke halaman Let’s Encrypt SSL. Di sini anda dapat melakukan instalasi sertifikat SSL yang ada di Let’s Encrypt secara gratis di domain yang anda pilih.

3. Memilih Domain yang Diinginkan

Pada bagian Issue a new certificate, silakan pilih domain yang anda inginkan. Terdapat beberapa domain dan subdomain yang bisa anda pilih. Domain yang anda pilih nantinya akan terinstall sertifikat SSL Let’s Encrypt. Kemudian silakan klik +Issue untuk melakukan instalasi SSL.
cara install let's encrypt

4. Melakukan Instalasi SSL Lets Encrypt

Untuk melakukan instalasi SSL, pastikan pada bagian domain/ subdomain tanpa www sudah ada tanda centang dan untuk domain/ subdomain yang menggunakan www sudah bertanda centang. Kemudian untuk validasi SSL silakan pilih http-01. Kemudian klik Issue.
cara install let's encrypt

5. Instalasi SSL Let’s Encrypt Berhasil

Silakan tunggu sebentar hingga proses instalasi berjalan dengan sukses. Apabila telah muncul tampilan seperti ini artinya SSL Let’s Encrypt sudah berhasil dijalankan.

cara install let's encrypt

Sekarang, coba ketikkan https://namadomain(dot)com pada web browser anda. Domain yang telah terinstall sertifikat SSL akan berubah protokol menjadi HTTPS bukan lagi HTTP seperti biasa. Apabila belum bisa, silakan tunggu maksimal 2 jam.

Apabila anda ingin membuat HTTPS menjadi default, anda dapat tambahkan kode berikut pada file .htaccess di public_html

Menambahkan Wildcard SSL

Ada yang baru lho untuk SSL Lets Encrypt! Sekarang anda dapat menambahkan wildcard seperti layaknya SSL berbayar. Pernah mendengar kata Wildcard SSL? Menurut WikipediaWildcard SSL merupakan suatu sertifikat yang berisi publik key untuk beberapa subdomain yang ada pada tiap domain. Jadi, Wildcard SSL ini bertujuan untuk mengamankan domain dan seluruh subdomain dari domain utama anda (*.domain.com). Wildcard ini berfungsi ketika anda memiliki beberapa subdomain, memiliki multisite dengan beberapa subdomain atau membuat subdomain secara teratur tiap bulan.

Namun untuk mengaktifkan Wildcard SSL, anda harus menggunakan TXT record pada DNS. Sehingga untuk validasi SSL, silakan pilih dns-01. Kemudian silakan beri tanda centang pada Include Wildcard*? serta Add cPanel subdomains**?. Setelah itu silakan klik Issue. Tunggu sebentar hingga proses instalasi SSL Lets Encrypt selesai.  Adapun keterangannya yaitu:

Include Wildcard : jika anda ingin mengaktifkan wildcard di hosting (menambahkan SSL di domain dan seluruh subdomain dari domain utama)

Add cPanel subdomains : digunakan ketika anda ingin menambahkan SSL Lets Encrypt di setiap subdomain baru yang dibuat

cara install let's encrypt

Bagaimana Cara Melihat SSL yang Sudah Terpasang?

Anda dapat melihat SSL yang sudah terpasang (terinstall) melalui Menu Let’s Encrypt yang ada di cPanel Hosting seperti gambar di bawah ini. Di dalam gambar tersebut terdapat domain atau subdomain yang terpasang SSL, produk SSL yang digunakan, tanggal kadaluarsa serta sisa hari terpasangnya SSL di website. Jadi, anda akan tahu berapa hari lagi SSL tersebut akan expired (kadaluarsa). Apabila SSL anda sudah kadaluarsa, silahkan untuk melakukan instalasi ulang. Jika anda menggunakan SSL GRATIS Let’s Encrypt maka silahkan ulangi langkah- langkah seperti di atas.  Apabila anda ingin menggantinya dengan SSL Berbayar, silahkan hubungi Tim Support Kami. Eitss, sebelum memilih SSL untuk website anda silahkan baca Tips dan Trik Memilih SSL yang Pas Untuk Website terlebih dahulu. Anda dapat melakukan beberapa hal seperti:

Remove : silakan pilih remove jika ingin menghapus SSL Let’s Encrypt pada domain/ subdomain ini

Reinstall : silakan pilih reinstall jika ingin melakukan instalasi SSL ulang

View : silakan pilih view jika ingin melihat detail sertifikat SSL serta waktu valid SSL

cara install let's encrypt

Bagaimana Cara Perpanjang Lets Encrypt?

Jika sudah lebih dari 90 hari, maka masa aktif SSL Let’s Encrypt akan habis. Untuk renewal/ perpanjang Lets Encrypt biasanya akan dilakukan secara otomatis oleh sistem. Namun ada berbagai keadaan dimana proses renewal/ perpanjang tidak dapat dilakukan secara otomatis. Untuk itu, anda bisa melakukan perpanjang (renew) Let’s Encrypt agar dapat digunakan lagi. Apakah harus bayar? Tidak! Anda bisa memperoleh SSL Let’s Encrypt secara GRATIS! Mau tahu caranya? Ikuti step by step berikut:

1. Login cPanel Hosting

Masuk ke dalam cPanel anda melalui https://namadomain/cpanel. Jika masih bingung, silahkan baca Cara Login cPanel Hosting
login cPanel

2. Memilih Menu SSL/ TSL

Setelah masuk ke cPanel, silahkan tulis “SSL” pada form pencarian. Kemudian klik Menu SSL/TSL

cara install let's encrypt

3. Memilih Manage SSL Sites

Tunggu sebentar hingga muncul tampilan SSL/ TSL. Terdapat beberapa pilihan pengaturan SSL yang bisa anda pilih. Silahkan klik Manage SSL Sites pada bagian Install and Manage SSL for your site (HTTPS).

4. Melakukan Perpanjang SSL Lets Encrypt

Untuk memperpanjang SSL, anda dapat melakukan unistall kemudian lakukan instal SSL Lets Encrypt kembali. Nantinya akan muncul beberapa domain yang dipasang SSL. Silahkan pilih domain yang SSL Let’s Encryptnya ingin diperpanjang. Setelah domain dipilih, silahkan klik Uninstall.

Setelah itu, silakan klik Proceed.

Jika sudah dilakukan uninstall, sekarang saatnya lakukan instal SSL Lets Encrypt seperti step pertama tadi.

Troubleshooting SSL

Apabila anda menemukan error seperti gambar berikut ketika proses instalasi SSL, silakan setting TXT record sesuai default hosting.

Closing

Let’s Encrypt adalah free open certificate authority yang menyediakan fasilitas sertifikat SSL gratis bagi masyarakat. Dengan adanya SSL, maka akun hosting dan website anda akan aman dan terhindar dari indikasi pencurian data. Fasilitas SSL ini dapat anda dapatkan di DomaiNesia secara gratis tanpa biaya tambahan. Sekarang anda bisa mengikuti cara install Let’s Encrypt dan cara perpanjang Let’s Encrypt dengan mudah. Terdapat berbagai macam produk SSL dari berbagai vendor dengan harga yang beragam. Ingin mencoba SSL terbaik, silahkan cek di SSL DomaiNesia

Ingin keamanan lebih untuk website kamu? Yuk order SSL berbayar sekarang! DomaiNesia memiliki SSL Murah dengan harga yang pas di kantong kamu.


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!