• Home
  • SSL
  • Cara Melakukan Reissue SSL DomaiNesia

Cara Melakukan Reissue SSL DomaiNesia

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Reissue SSL – Pernahkah kamu mendengar istilah Reissue SSL? Reissue SSL memang menjadi istilah baru di akhir tahun 2022. Hal ini karena sebelumnya penerbitan sertifikat SSL hanya bisa dilakukan dalam satu tahun. Sekarang sudah ada sertifikat SSL Multi Year, yang bisa kamu beli dengan durasi SSL beberapa tahun.

Buat kamu yang tertarik ingin melindungi website bertahun- tahun , disarankan membeli SSL Multi Year. Kamu bisa baca Cara Order SSL Multi Year DomaiNesia. Nah, apabila sudah order SSL Multi Year kemudian bagaimana cara mengaktifkannya di tahun berikutnya? Yap, itulah yang disebut reissue SSL. Bagaimana caranya? Langsung saja simak dan ikuti langkah- langkah pada artikel berikut.

Kapan Reissue SSL DomaiNesia Dilakukan?

Reissue SSL adalah proses penerbitan ulang sertifikat SSL pada website. Penerbitan ulang sertifikat SSL ini menggantikan sertifikat SSL yang sudah habis masa aktifnya atau kadaluwarsa.

Reissue SSL biasanya digunakan pada sertifikat SSL yang dibeli dalam durasi lebih dari satu tahun.

Sehingga untuk tahun berikutnya tidak perlu membeli SSL lagi, cukup melakukan reissue saja.

Sumber : elements envato

Cara Melakukan Reissue SSL DomaiNesia

Langkah-langkah untuk melakukan reissue SSL tentu mudah dilakukan. Kamu bisa melakukannya sendiri dengan mengikuti step by step berikut ini :

1. Login MyDomaiNesia

Langkah pertama ketika ingin melakukan reissue SSL adalah login MyDomaiNesia pada web browser. Masukkan username dan password. Username dan password ini merupakan akun kamu pada saat mendaftar di DomaiNesia sebelum pembelian produk DomaiNesia.

2. Memilih Sertifikat SSL

Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman dashboard MyDomaiNesia. Silahkan pilih My Services , pada halaman tersebut terdapat SSL yang telah kamu order. Klik SSL tersebut.

3. Memilih Reissue Certificate

Setelah itu klik Reissue Certificate untuk mulai melakukan reissue SSL multi year. Karena kamu sudah membeli SSL multi year sekaligus, maka untuk tahun berikutnya kamu cukup melakukan reissue SSL.

reissue ssl

4. Generate CSR (Certificate Signing Request)

Agar SSL dapat aktif, kamu harus memiliki kode CSR (Certificate Signing Request). CSR merupakan sebuah kode enkripsi yang digenerate oleh web server di mana sertifikat SSL akan diinstal. Pada bagian Web Server kamu bisa memilih Any Other lalu klik Generate CSR.

Kemudian kamu akan mendapatkan CSR yang nanti nya digunakan untuk instalisasi SSL. Kamu bisa menyimpannya terlebih dahulu dengan meng-copy dan paste CSR ke dalam Notepad atau TextEdit. Jika sudah, kamu bisa langsung klik tombol Click to Continue.

Selanjutnya kamu diminta untuk mengisi form seperti gambar berikut ini. Silakan isi form yang muncul mulai dari kolom country, state, locality, organization, organization unit, common name, serta email address. Untuk kolom Common Name silakan diisi dengan nama domain. Jika sudah, silakan klik Submit.

Jika sudah, maka kan muncul key CSR seperti dibawah ini. CSR (Certificate Signing Request) digunakan untuk membangkitkan Private Key.

5. Memilih Metode Validasi SSL

Tahap reissue SSL selanjutnya adalah melakukan validasi SSL. Kamu bisa memilih diantara 3 pilihan validasi SSL, yaitu dengan cara melalui email, HTTP, atau DNS. Pada bagian DVC Method, silakan pilih metode validasi yang kamu inginkan. Jika sudah, pilih Click to Continue. Tunggu sebentar hingga proses generate selesai.

Setiap metode validasi, memiliki cara masing-masing. Adapun cara validasi SSL dapat kamu baca di beberapa panduan berikut:

6. Memperoleh Private Key

Setelah selesai generate CSR, mengisi form serta mengisi metode validasi yang diinginkan, sekarang saatnya memperoleh Private Key agar selanjutnya dapat dilakukan instalasi SSL. Silakan klik Get Private Key terlebih dahulu.

Silakan copy Private Key ke dalam Notepad/ TextEdit atau Gedit. Private Key ini nanti akan di paste di Menu SSL pada cPanel.

7. Instalasi SSL

Langkah terakhir pada proses reissue SSL ini adalah melakukan instalasi pada SSL di cPanel hosting. Kamu bisa mengikuti panduan Cara Install SSL di Hosting.

Kesimpulan

Terdapat beragam jenis SSL yang bisa kamu dapatkan tergantung dengan tingkat keamanan sesuai kebutuhan. Buat kamu yang ingin melindungi website dengan gembok keamanan, kamu bisa memilih sertifikat SSL Multi Year.

Cukup membayar diawal, maka SSL akan melindungi websitemu. Eits, walaupun sudah pesan multi year, namun setiap tahunnya perlu dilakukan reissue SSL. Cara cukup mudah bukan? Langsung lakukan reissue SSL ya DomaiNesians!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah