Home  »  SSL   »   Cara Install SSL di Hosting

Cara Install SSL di Hosting

Last Update:

Introduction

Hi DomaiNesians! Pernah merasa was-was jika sewaktu-waktu website kamu kena hack? Makanya pasang SSL dong! Apa sih SSL? Ibarat pagar yang mengelilingi rumah, SSL akan melindungi website dari berbagai indikasi pencurian data. Pengen tahu lebih lanjut tentang SSL, silahkan baca Perlukah Saya Menggunakan SSL. Nah, pada panduan kali ini akan dijelaskan tentang cara install SSL di Hosting.

Tahap Persiapan

Sebelum melakukan instalasi SSL di Hosting, pastikan kamu mempersiapkan beberapa hal berikut,
1.Siapkan SSL yang ingin dipasang. Ada 2 jenis SSL yang bisa kamu pilih lho. Ada SSL Gratis dan juga SSL berbayar. DomaiNesia memiliki SSL Gratis Let’s Encrypt yang bisa kamu order lho. Untuk lebih jelasnya silahkan baca SSL Gratis Selamanya. Untuk kamu yang menginginkan keamanan lebih, bisa memilih SSL berbayar. Bingung pilih yang mana? Yuk baca dulu Tips Memilih SSL
2. Jika kamu memilih SSL Gratis, kamu tidak perlu mengikuti panduan ini. Cukup ikuti Cara Install SSL Let’s Encrypt di Hosting.
3. Jika kamu memilih SSL berbayar, silahkan lanjutkan untuk membaca panduan ini sampai selesai. Namun sebelumnya silahkan beli SSL terlebih dahulu dengan mengikuti Cara Membeli SSL Murah. Sesuaikan dengan budget kamu ya DomaiNesians!
4. Pastikan kamu tahu cara mengaktifkan SSL seperti cara memperoleh CSR, Private Key, CRT serta CABUNDLE. Kamu bisa baca panduan Cara Mengaktifkan SSL.
Jika keempat tahapan tersebut sudah kamu lalui, maka sekarang saatnya ikuti panduan berikut step by step.

Cara Install SSL di Hosting

1. Memilih Menu SSL

Untuk melakukan instalasi SSL, silahkan masuk ke cPanel Hosting kemudian tulis “SSL” pada form pencarian dan klik menu SSL. Untuk mengetahui cara login ke cPanel, silahkan baca Cara Login cPanel Hosting.

2. Memilih Manage SSL

Di cPanel Hosting, kamu bisa melakukan instalasi SSL secara otomatis. Jadi, kamu hanya perlu memasukkan CRT, Private Key dan CABUNDLE saja. Kamu tidak perlu konfigurasi apapun lagi. Silahkan klik Manage SSL sites.

3. Memasukkan CRT, Private Key dan CABUNDLE

Tadi terdapat 1 file .zip (yang isinya file CRT dan CABUNDLE) dan file Private Key (yang tadi disimpan di notepad/gedit).
1 file .zip (yang isinya file CRT dan CABUNDLE)

File Private Key

Silahkan masukkan CRT, Private Key dan CABUNDLE. Jika sudah, maka secara otomatis domain akan terisi. Setelah selesai silahkan klik Install Certificate.

Voila! Proses instalasi SSL telah selesai. Sekarang website kamu menjadi lebih aman. Pengen lebih aman? Silahkan arahkan website dari HTTP ke HTTPS dengan mengikuti panduan Cara Mengarahkan HTTP ke HTTPS. Buat kamu yang ingin memasang SSL di VPS, silahkan baca Cara Install SSL di VPS dengan Mudah.

Closing

Layaknya suatu pagar, SSL berfungsi untuk melindungi rumah (hosting) dari berbagai hal yang menggangu seperti hacking, malware dan phishing. Kamu bisa menggunakan SSL yang gratis ataupun yang berbayar. Untuk website sederhana, SSL gratis sudah lebih dari cukup. Namun, untuk kemanan lebih kamu bisa melakukan order SSL murah di SSL Murah DomaiNesia. Memang untuk mengaktifkan SSL terlihat cukup ribet. Namun jika kamu mengikuti panduan ini step by step maka prosesnya akan menjadi lebih mudah. Apabila ada pertanyaan, silahkan menghubungi Tim Support DomaiNesia dengan cara kirim tiket.


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!