Home  »  Permulaan   »   Cara Perpanjang SSL Otomatis (AutoSSL)

Cara Perpanjang SSL Otomatis (AutoSSL)

Last Update:
4.8/5 (5)


Hi DomaiNesians! Sudah pasang SSL di website kamu? Jika belum, kami sarankan untuk segera pasang SSL ya! SSL yaitu suatu jalur terenkripsi yang berfungsi mengamankan website dan web browser. Biasanya pada url suatu website yang memiliki sertifikat SSL akan bertransformasi menjadi HTTPS bukan lagi HTTP. Di DomaiNesia, kamu bisa dapatkan SSL Gratis Lets Encrypt. Let’s Encrypt merupakan Free Open Certificate Authority yang menyediakan fasilitas Sertifikat SSL/TLS gratis bagi masyarakat umum. Let’s Encrypt dirilis pada 12 April 2016 oleh Internet Security Research Group (ISRG). Pada panduan kali ini akan dijelaskan tentang cara perpanjang SSL otomatis (AutoSSL). Bagaimana caranya? Yuk ikuti panduan berikut ini.

Kini, Bisa Perpanjang SSL Otomatis!

Sejak berubah menjadi Fleet SSL, Lets Encrypt ini memiliki beberapa fitur tambahan yaitu dapat digunakan di semua subdomain dan terdapat fitur Wildcard. Beberapa bulan kemarin, kehadiran menu Lets Encrypt di cPanel Hosting ini agak sedikit membingungkan untuk seluruh pelanggan DomaiNesia karena tidak dapat diperpanjang otomatis. Banyak komplain kepada Tim Support kami bahwa website tiba-tiba error bertuliskan “Your Connection Is Not Private”. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh SSL yang sudah kadaluarsa dan harus segera diperpanjang.

Namun tenang! Sekarang di DomaiNesia, terdapat fitur AutoSSL. Jadi, kamu tidak perlu melakukan perpanjangan SSL secara manual satu persatu tiap 3 bulan sekali ya. Semua website di DomaiNesia yang menggunakan akan secara otomatis diperpanjang oleh sistem 😀

Cara Perpanjang SSL Lets Encrypt Otomatis (AutoSSL)

Agar sistem dapat melakukan perpanjangan otomatis, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan. Yaitu:

1. Login cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Bagi anda yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Login cPanel Hosting.
setting python 2.7 di hosting

2. Memilih Menu AutoSSL

Kemudian pada form pencarian, silakan tulis “SSL” lalu pilih SSL/TLS Status

Cara Perpanjang SSL Otomatis (AutoSSL)

3. Mengaktifkan AutoSSL

Biasanya, AutoSSL ini sudah secara otomatis terinstall di hosting kamu. Namun jika belum silakan klik Run AutoSSL

Cara Perpanjang SSL Otomatis (AutoSSL)

Misalnya, kamu memiliki subdomain yang baru saja dibuat. Maka AutoSSL akan diaktifkan oleh sistem secara otomatis dan terdapat notifikasi AutoSSL in progress. Silakan tunggu sebentar hingga terdapat tulisan AutoSSL Domain Validated lengkap dengan gambar gembok berwarna hijau. Itu artinya, website kamu sudah terinstall SSL secara otomatis.

Cara Perpanjang SSL Otomatis (AutoSSL)

Kesimpulan

Sekarang kamu tidak perlu melakukan perpanjang SSL secara manual. Cara perpanjang SSL otomatis (AutoSSL) mudah untuk pemula. Cukup aktifkan saja AutoSSL, maka SSL akan langsung terinstal dan diperpanjang secara otomatis. Bagi kamu yang ingin menggunakan versi SSL murah berbayar, bisa langsung hubungi Tim Kami ya. Selain pasang SSL, kamu juga wajib untuk memberikan perlindungan ekstra untuk website kamu. Coba cek Tips Mengamankan Website ya!

Please rate this


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!