• Home
  • Berita
  • Yuk, Mengenal Certificate Authority (CA)

Yuk, Mengenal Certificate Authority (CA)

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Mengenal Certificate Authority (CA) – Pernahkah kamu mendengar istilah Certificate Authority? Biasanya istilah Certificate Authority akan dikenal saat kamu akan mengaktifkan sertifikat SSL dan melakukan validasi SSL untuk websitemu. Tanpa Certificate Authority yang terpercaya, sertifikat SSL tidak dapat kamu peroleh. Hmm… sudah kebayang tentang Certificate Authority? Atau tambah pusing nih, DomaiNesians? Biar tidak pusing yuk langsung aja baca artikel tentang Certificate Authority berikut ini!

Apa itu Certificate Authority (CA)?

Certificate Authority atau dikenal dengan CA adalah organisasi yang dipercaya untuk melakukan verifikasi terhadap sertifikat digital pada suatu website. Tujuan dari verifikasi tersebut untuk memastikan bahwa website aman digunakan untuk pengguna website. Begitu pula dengan pemilik website akan mendapatkan kepercayaan dari pengguna bahwa suatu website tersebut bukan website yang abal-abal.

Sumber : freepik

Gambaran mudahnya adalah misalnya kamu ingin mengakses bankmandiri.co.id Darimana kamu tahu kalau website bankmandiri.co.id merupakan website asli milik Bank Mandiri? Bagaimana jika hacker membuat tampilan yang hampir sama seperti website Bank Mandiri? Nah, Certificate Authority inilah yang bertugas untuk melakukan verifikasi website atau organisasi sehingga kamu tahu apakah website tersebut asli atau tidak.

Selain itu di halaman client area DomaiNesia, kamu bisa akses melalui my.domainesia.com juga sudah mengunakan sertifikat SSL yang telah terverifikasi. Jadi buat kamu yang sudah menjadi pelanggan setia DomaiNesia, jangan khawatir dengan identitas yang sudah kamu lengkapi ya… Dengan sertifikat SSL ini, data pelanggan DomaiNesia akan terlindungi dari cyber attack.

Certifcate Authority juga bisa dianalogikan seperti saat kamu akan berpergian ke luar negeri membutuhkan identitas yang diakui secara internasional yaitu paspor. Untuk memverifikasi suatu paspor pasti kamu pernah melakukan scan wajah untuk membuktikan apakah wajah kamu sesuai dengan wajah yang ada di buku paspor. Jadi petugas bisa tetap bisa mengetahui apakah itu benar diri kamu atau bukan walaupun mereka belum pernah melihatmu. Begitu pula dengan situs web. Setelah Certificate Authority memverifikasi situs web, mereka akan mengeluarkan sertifikat digital. Sertifikat digital ini digunakan organisasi, situs web, atau entitas lain untuk membuktikan siapa mereka yang sebenarnya dan seberapa aman apabila pengguna mengakses suatu website.

Baca Juga : Pengertian SSL & Manfaatnya Bagi Website Bisnis

Fungsi Certificate Authority (CA)?

Adapun fungsi dari Certificate Authority antara lain :

Melakukan Verifikasi

Sumber : freepik

Certificate Authority bertugas untuk melakukan verifikasi berdasarkan jenis validasi yang diminta oleh organisasi atau website. Terdapat 3 jenis tips validasi SSL antara lain :

  • Domain Validation (DV): Merupakan cara validasi paling cepat, hanya memerlukan validasi kepemilikan domain melalui email, HTTP ataupun DNS Record untuk memasang SSL di website.
  • Organization Validation (OV): Agar SSL dapat dipasang di website, perlu validasi kepemilikan domain yang disertai dokumen bisnis untuk penerbitan sertifikat. Adapun untuk lebih detailnya apa yang harus dipersiapkan dalam validasi organisasi, kamu bisa baca Panduan Tipe Validasi SSL: Organization Validation.
  • Extended Validation (EV) : Merupakan sertifikat dengan jaminan keamanan tertinggi. Produk SSL ini memiliki Green Address Bar sehingga terlihat lebih ekslusif. Panduan extended validation (EV) bisa kamu baca di Panduan Tipe Validasi SSL: Extended Validation

Menerbitkan Sertifikat Digital

Selanjutnya, Certificate Authority berfungsi sebagai penerbit sertifikat digital yang telah diverifikasi keamanan dan keasliannya. Sertifikat digital tersebut akan ditampilkan saat pengguna atau user mengakses website. Detail sertifikat digital bisa dilihat ketika kamu klik ikon gembok di sebelah kiri url website. Kamu akan melihat jenis sertifikatnya, siapa yang memverifikasi, hingga tanggal kadaluwarsa sertifikat. Untuk sertifikat SSL sekarang yang diakui oleh web browser hanya dalam durasi 398 hari. Ketika lebih dari 398 hari, maka organisasi atau website perlu melakukan pembaruan atau reissue sertifikat SSL.

Sumber : freepik

Berperan Untuk Meningkatkan Kepercayaan

Dengan adanya sertifikat digital misalnya seperti sertifikat SSL, pihak organisasi atau pemilik website akan mendapatkan kepercayaan oleh pengguna. Kepercayaan dalam hal bahwa website tersebut benar adanya dan asli. Jadi pengguna tidak merasa takut akan kerentanan pada website tersebut.

Sumber : freepik

Mengapa harus menggunakan Certificate Authority?

Dengan Certificate Authority, dapat membuktikan bahwa suatu website memang dimiliki oleh organisasi atau perorangan yang sah dan asli. Hal tersebut bisa membantu membangun kepercayaan dengan pelanggan saat mengakses website. Selain itu dengan terbitnya sertifikat digital oleh Certificate Authority, website akan aman dari tindakan-tindakan orang yang tidak bertanggung jawab seperti serangan man-in-the-middle.

Siapakah Certificate Authority yang terpercaya?

Certificate Authority yang terpercaya akan menerbitkan sertifikat untuk suatu organisasi. Certificate Authority yang terpercaya bersifat independent atau tidak bisa dikontrol oleh organisasi yang memintanya. Certificate Authority yang terpercaya akan mengeluarkan sertifikat digital yang memenuhi standar peraturan pada forum CA/Browser. Pada forum CA/Browser mengatakan bahwa melaui Certificate Authority yang terpercaya ini pengguna akan dijamin keamanannya saat mengakses suatu website. Beberapa Certificate Authority terbesar dan dipercaya meliputi :

  • DigiCert
  • Entrust Datacard
  • GeoTrust
  • RapidSSL
  • Globalsign
  • GoDaddy
  • Let’s Encrypt
  • Sectigo

Kesimpulan

Untuk menerbitkan sertifikat SSL memang diperlukan validasi dan verifikasi dari Certificate Authority yang terpercaya. Tenang! Semua sertifikat SSL di DomaiNesia akan divalidasi oleh Trusted Cerificate Authority. Nah, demi menjaga keamanan website, mulai dari sekarang harus memikirkan sertifikat SSL. Buat kamu yang bingung untuk memilih sertifikat SSL, silahkan baca Tips Memilih SSL Murah DomaiNesia. Jika sudah yakin, langsung aja order SSL ya DomaiNesians!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!