Pilihan Payment Gateway untuk Bisnis Online6 min read

5/5 (1)

Payment gateway Indonesia adalah sistem yang digunakan untuk meng-otorisasikan proses pembayaran. Istilah payment gateway Indonesia pasti sudah tidak asing buat kamu yang sedang menggeluti dunia e-commerce. Payment gateway adalah proses penting, yang menjamin bahwa transaksi antara pembeli dan penjual tetap aman. Untuk kamu yang sering belanja di online shop juga akan terjamin keamanannya jika online shop tersebut menggunakan layanan payment gateway. Online shop yang ingin menggunakan layanan payment gateway harus memenuhi syarat-syarat khusus. Oleh karena itu, online shop yang menggunakan fasilitas tersebut sudah pasti merupakan online shop yang terpercaya.

Payment gateway juga merupakan layanan yang memproses perizinan transaksi online dan kartu kredit, seperti ketika kamu memilih menggunakan transfer bank untuk membayar tagihan pembelian suatu produk. Layanan inilah yang membantu kamu melakukan transaksi sehari-hari dengan aman. Disamping itu, layanan ini diproses secara aktual atau real time. Adanya payment gateway ini tentu menunjang efektivitas dalam melakukan transaksi jual beli. Mengingat semakin banyak orang yang mulai memahami teknologi, akan semakin banyak pula pembeli online shop kedepannya.

Cara Kerja Payment Gateway Indonesia

Payment gateway Indonesia secara sederhana adalah perantara antara e-commerce dan bank. Dalam memproses otorisasi pembayaran, payment gateway Indonesia memiliki mekanisme kerja sebagai berikut:

payment gateway indonesia

Sumber: Pixabay

  1. Pelanggan memilih beberapa produk yang ingin dibeli di online shop hingga menentukan akan menggunakan bank apa untuk membayar tagihan.
  2. Kemudian payment gateway akan mengumpulkan informasi dari online shop, lalu meneruskan informasi tersebut ke prosesor pembayaran bank yang digunakan.
  3. Setelah itu, prosesor pembayaran akan meneruskan informasi ke asosiasi penerbit kartu yang digunakan, misalnya mastercard dan visa.
  4. Prosesor pembayaran akan meneruskan pesan tersebut ke payment gateway, yang dilanjutkan ke online shop dan ke pemegang kartu hingga transaksi dinyatakan berhasil.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju

Manfaat Payment Gateway Bagi Penjual dan Pembeli

Selain aman untuk transaksi pelanggan ke penjual, atau sebaliknya, keuntungan payment gateway Indonesia ada banyak. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Pelanggan bisa menyelesaikan transaksi tanpa perlu menghubungi penjual dan pihak ketiga untuk melakukan transaksi dan mengkonfirmasi transaksi.
  2. Proses pemeriksaan lebih cepat, baik dengan menggunakan kartu kredit atau kartu debit.
  3. Payment gateway akan melindungi semua data, baik pelanggan maupun penjual, yang terkandung dalam kartu kredit dengan teknologi yang disebut dengan enkripsi. Kerahasiaan informasi akan terjamin saat pelanggan melakukan transaksi.
  4. Online shop yang menggunakan layanan payment gateway Indonesia tidak perlu membuka banyak rekening dari berbagai bank. Payment gateway Indonesia bisa menerima uang transfer dari berbagai bank di Indonesia dan menyalurkannya ke satu rekening bank milik online shop.
  5. Transaksi akan lebih cepat karena payment gateway Indonesia menunjang pembayaran secara masal. Payment gateway bisa memproses ratusan hingga ribuan transaksi dalam waktu yang relatif singkat.
  6. Payment gateway dilengkapi dengan dashboard yang user friendly. Fitur-fitur dalam dashboard akan membantu penjual dan pembeli dalam proses rekonsiliasi, seperti laporan penjualan, void, refund, dan detail transaksi.
  7. Payment gateway juga aman bagi pengguna kartu kredit. Teknologi fraud detection akan mencegah kecurangan pembayaran di online shop.

Standar Keamanan Payment Gateway

Semua yang berurusan dengan keuangan harus memenuhi standar keamanan tertentu. Hal tersebut akan menambah kepercayaan pelanggan pada online shop yang menawarkan produk dengan harga tinggi. Tidak semua orang percaya dengan online transaction, karena banyaknya ancaman penipuan. Apalagi sekarang sedang marak penjualan data pelanggan. Sebuah payment gateway Indonesia harus melakukan antisipasi untuk mengurangi kerugian pelanggan. Pada umumnya, layanan payment gateway Indonesia akan melindungi transaksi melalui tiga sistem pelacakan. AVS atau Address Verification System, adalah alat yang digunakan untuk menyesuaikan data tagihan pelanggan dengan alamat yang terdaftar di kartu. Payment gateway Indonesia juga biasanya menggunakan 3D Secure Password untuk mengotorisasi transaksi.

Aturan Bank Indonesia Tentang Payment Gateway

Bank Indonesia mengeluarkan Peraturan Anggota Dewan Gubernur No. 19/10/PADG/2017 pada tanggal 20 September tentang Gerbang Pembayaran Nasional. Dengan ini, konsumen di Indonesia tidak perlu ragu lagi dengan layanan payment gateway Indonesia, karena tata pelaksanaannya sudah diatur di Peraturan Bank Indonesia No. 19/8/PBI/2017 tentang GPN. Secara garis besar, peraturan tersebut berisi tentang prosedur penetapan kelembagaan GPN. peraturan tersebut memastikan pihak-pihak yang akan menyelenggarakan GPN adalah Lembaga Standar, Lembaga Switching, dan Lembaga Service.

payment gateway indonesia

Sumber: Pixabay

Bank Indonesia juga menetapkan kebijakan tentang branding nasional yang terdiri atas logo nasional, perluasan akseptasi atau penerimaan nasional dan kewajiban dalam pemrosesan domestik. Bank Indonesia mewajibkan setiap payment gateway untuk menggunakan logo nasional pada instrumen yang ditertibkan dan kanal pembayaran. Skema harga dan interoperabilitas dalam ekosistem GPN juga diatur oleh Bank Indonesia. Tarif harga kartu debit yang dikenakan kepada pedagang oleh bank sebesar 1 persen.

Baca juga: Cara Membuat Toko Online Mudah

Pilihan Jenis Payment Gateway untuk Bisnis Online di Indonesia

Ada beberapa payment gateway di Indonesia. Berikut adalah beberapa payment gateway Indonesia yang paling populer:

  • FinPay
    FinPay adalah anak perusahaan Telkom Indonesia. FinPay sudah melayani online payment sejak tahun 2012 lau. Payment gateway ini sudah bekerja sama dengan Bank Indonesia dan berkolaborasi dengan beberapa website ecommerce seperti Please.com, LivingSocial, Telkomsel dan lain-lain.
  • Ipaymu
    Ipaymu membantu pelanggan untuk menggunakan online payment, dari belanja online hingga memberikan sumbangan atau penarikan. Ipaymu memiliki tiga model bisnis, yaitu ecommerce, payment gateway, dan merchant.
  • Veritrans
    Payment gateway ini menerima pembayaran dengan berbagai chanel, seperti kartu kredit dan debit, BCA dan Mandiri Clickpay, XL Tunai, T-Cash dan lain-lain. Veritrans juga melayani pembayaran melalui minimarket.
paymet gateway indonesia

Sumber: Pixabay

  • Doku
    Doku adalah sebuah dompet elektronik, dengan fitur link kartu kredit dan uang elektronik. Salah satu keunggulan Doku adalah bisa belanja meskipun offline, dengan catatan merchant tempat kamu belanja sudah tergabung dengan Doku. kamu juga bisa membayar tagihan air atau listrik dengan Doku.
  • True Money
    True Money sudah mendapat lisensi dari Bank Indonesia untuk menyediakan uang elektronik dan jasa pengiriman uang yang bisa dinikmati oleh semua orang di Indonesia. Layanan yang disediakan memungkinkan kamu bertransaksi melalui handphone, website atau kartu.
  • FirstPay
    FirstPay menyediakan pembayaran dengan berbagai metode seperti kartu kredit, virtual account, dan e-money. Firstpay menawarkan fasilitas seperti gratis biaya pemasangan dan maintenance, biaya transaksi rendah, dan integrasi yang cepat.
  • Xendit
    Payment gateway yang satu ini masih terbilang baru. Meskipun tergolong pemain baru, Xendit sudah menggunakan sistem deteksi yang tak kalah canggih. Xendit memiliki sistem deteksi penipuan secanggih sistem yang dimiliki oleh Visa. Semua data sensitif terenkripsi dan semua transaksi diproses melalui sistem compliant PCI DSS. Sistem tingkat tinggi ini juga digunakan oleh Silicon Valley.

Payment Gateway Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Memang tidak ada keharusan menggunakan layanan payment gateway. Namun sesuatu yang berkaitan dengan uang adalah hal sensitif. Pelanggan online shop kamu perlu tahu bagaimana kamu menjaga kepercayaan mereka. Salah satunya adalah dengan memberikan jaminan keamanan dalam bertransaksi. Sementara untuk bisa menggunakan salah satu layanan payment gateway, harus ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi. Kamu juga bisa menimbang, payment gateway mana yang cocok dengan situasi online shop kamu. Kalau kamu belum punya online shop, jangan khawatir. DomaiNesia punya layanan yang bisa bantu kamu membuka online shop. Dengan fitur Instant Deploy, kamu tidak perlu susah payah membuat online shop dari nol. Jangan sampai kamu melewatkan kesempatan untuk meningkatkan potensi ya, DomaiNesians!

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar