• Home
  • Permulaan
  • Cara Optimasi WordPress dengan HTTP2 Push Content

Cara Optimasi WordPress dengan HTTP2 Push Content

Oleh Mutiara Auliya
No ratings yet.

Hi DomaiNesians! Pernah mendengar fitur WordPress Accelerator? Sebelumnya, DomaiNesia telah meluncurkan WordPress Accelerator yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja website. WordPress Accelerator bekerja dengan mengelola cache pada website. Nah pada tahun ini, DomaiNesia kembali akan melakukan update versi pada fitur WordPress Accelerator agar website kamu lebih cepat. Versi terbaru dari WordPress Accelerator telah dilakukan ke seluruh server hosting DomaiNesia dengan mengkombinasikan HTTP2 Push Preload dengan HTTP2 Push Content. Untuk yang baru bergabung di DomaiNesia, kamu dapat melakukan optimasi sendiri. Nah pada panduan ini akan dijelaskan cara optimasi WordPress dengan HTTP2 Push Content.

Versi Terbaru WordPress Accelerator

Di tahun 2020 ini, fitur WordPress Accelerator telah dilakukan update fitur. Secara teknis, semua server di DomaiNesia telah dideploy HTTP2 Push Preload yang akan mempercepat kinerja hosting. HTTP2 Push Preload ini mengizinkan seluruh aset dari website untuk dikirimkan terlebih dahulu sebelum proses pengiriman file utama. Misalnya ketika melakukan request file index.html, maka server HTTP2 Push Preload akan mengirimkan file css terlebih dahulu baru kemudian file html yang lainnya. Hal tersebut tentu saja akan meminimalisir load website. Nah untuk WordPress, fungsi HTTP2 Push Preload tersebut dapat dioptimalkan dengan HTTP2 Push Content.

Sehingga, untuk versi terbaru dari WordPress Accelerator yaitu melakukan kombinasi HTTP2 Push Preload yang ada di server dengan HTTP2 Push Content milik WordPress untuk memaksimalkan kinerja website agar:

  • loading website semakin cepat
  • load rendah, sehingga kinerja WordPress tidak berat
  • latensi (jeda waktu yang dibutuhkan antara server ke browser) rendah

Cara Optimasi WordPress dengan HTTP2 Push Content

Adapun cara optimasi WordPress dengan HTTP2 Push Content yaitu,

1. Login WordPress

Pastikan kamu bisa melakukan login WordPress. Untuk melakukan login WordPress, silahkan buka namadomain/wp-admin di web browser. Lalu masukkan username dan password.

cara menggunakan really simple SSL

2. Melakukan Instalasi Plugin HTTP2 Push Content

Setelah berhasil login, silakan lakukan instalasi plugin HTTP2 Push Content. Silakan klik Plugins lalu klik Add New. Pada bagian keyword, kamu bisa isi dengan http2 push content. Maka akan muncul plugin sesuai gambar. Silakan klik Install Now kemudian jangan lupa klik Activate
Cara Optimasi WordPress dengan HTTP2 Push Content

3. Mengukur Performa Website

Untuk mengukur performa website, kamu dapat menggunakan https://gtmetrix.com/. Silakan akses di browser kamu lalu tuliskan nama website yang telah diinstal plugin. Sebelum dioptimasi, terlihat skor pada gambar berikut.
Cara Optimasi WordPress dengan HTTP2 Push Content
Dan setelah optimasi, maka terlihat perbedaan performa website.

Atau silakan gunakan website https://http2.pro/ untuk mengukur apakah sudah menggunakan HTTP2 atau belum.

Kesimpulan

Cara optimasi WordPress dengan HTTP2 Push Content telah berhasil dilakukan. DomaiNesia telah melakukan update terbaru untuk fitur WordPress Accelerator agar website kamu semakin cepat.
Baca Juga: Percepat Website Dengan AMP

Mutiara Auliya

Hi! I am Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!