Cara Mengelola Kontrol Panel Reseller Domain TLD

Hi DomaiNesians! Untuk mencapai kesuksesan dengan menjadi reseller domain TLD di DomaiNesia ada beberapa tahapan nih. Udah tahu kan ya? Pertama, anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu sebagai reseller domain TLD (Silahkan baca di Cara Mendaftar Reseller Domain). Kedua, silahkan login ke Kontrol Panel Reseller Domain untuk melakukan tambah deposit dan konfirmasi pembayaran deposit (Silahkan baca Panduan Tambah Deposit Reseller Domain). Ketiga, setelah itu silahkan beli domain TLD yang anda inginkan. Keempat, domain yang telah dibeli di DomaiNesia tadi siap dipasarkan kembali. Nah untuk tahap keempat ini tentunya anda memerlukan nama toko, halaman pengelolaan domain serta suatu website sebagai sarana berjualan. Sehingga, pada panduan kali ini akan dibahas mengenai cara mengelola kontrol panel reseller domain TLD.

Apa Sih Kontrol Panel Reseller Domain TLD?

Layaknya sebuah toko yang menjual domain, anda memerlukan suatu sistem atau halaman untuk mengelola dan mengetahui domain apa saja yang dibeli, isi saldo, total reseller dari toko anda, berapa customer anda dan sebagainya. Nah, halaman tersebut disebut dengan kontrol panel reseller. Halaman kontrol panel reseller domain TLD maupun ID tidak dicampur alias terpisah. Sehingga lebih memudahkan anda dalam melakukan pengelolaan domain. Pada halaman kontrol panel reseller domain TLD ini anda dapat melakukan pengelolaan seperti mengetahui total domain yang dijual, banyaknya customer, total reseller, serta pengaturan halaman website.
cara mengelola kontrol panel reseller domain

Apa Yang Dapat Dilakukan di Kontrol Panel Reseller Domain?

Anda dapat melakukan banyak hal di kontrol panel reseller domain TLD ini. Namun sebelumnya, anda harus melakukan login terlebih dahulu di https://dash.domainesia.com/manage/. Lalu login dengan menggunakan email dan password ketika anda melakukan pendaftaran reseller kemarin. Layaknya rak buku di perpustakaan, kontrol panel reseller domain ini akan mengatur apa saja yang terjadi dalam sistem. Misalnya pada bagian domain, reseller, customer, billing maupun settings. Adapun penjelasan lebih detailnya yaitu,

Pengelolaan Deposit

Pada menu Home, anda dapat mengetahui total saldo deposit. Jadi sebelum anda membeli domain di DomaiNesia untuk dipasarkan kembali (reseller domain), maka anda harus melakukan tambah deposit terlebih dahulu. Adapun panduan tambah deposit dapat anda baca di Cara Tambah Deposit Reseller Domain TLD. Setelah deposit anda tambahkan, nanti akan muncul pada panel Saldo Deposit sesuai jumlah yang anda transfer. Pada halaman Home, anda juga dapat mengetahui berapa domain aktif yang telah anda beli.
cara mengelola kontrol panel reseller domain

Pengelolaan Domain

Anda dapat mengelola domain yang anda beli pada menu Domains. Jadi, setelah deposit anda terisi, maka anda dapat membeli domain yang anda inginkan untuk dijual kembali. Adapun cara membeli domain yaitu silahkan baca Cara Membeli Domain Untuk Reseller Domain TLD. Kemudian, jika orang lain telah membeli domain dari toko anda maka akan muncul total domain yang aktif pada panel Active Domain. Nantinya, anda dapat mengetahui siapa saja yang telah membeli domain di toko anda. Anda juga dapat melakukan pencarian berdasarkan nama domain.
cara mengelola kontrol panel reseller domain

Pengelolaan Resellers

Nah, toko anda juga dapat menyediakan reseller bagi customer. Bingung ya? Sebagai contoh,
A = DomaiNesia
B = Toko Anda (reseller domain dari DomaiNesia)
C = customer toko anda
D = reseller toko anda
Jadi, B membeli domain di A. Kemudian B menjual domain kepada C dengan harga tertentu. Lalu, B juga membuka kesempatan untuk orang lain agar menjadi resellernya. D ingin menjadi reseller domain dari toko anda. Sehingga, D akan membeli domain kepada toko anda (reseller) dan menjualnya kepada orang lain lagi. Begitu seterusnya. Pada halaman Resellers, anda dapat melihat jumlah reseller, total yang dibayarkan reseller hingga jumlah domain yang dibeli reseller dari toko anda.
cara mengelola kontrol panel reseller domain

Pengelolaan Customers

Oiya, perlu diketahui customer berbeda dengan reseller ya DomaiNesia 🙂 Customer itu merupakan pembeli dari toko anda. Mereka hanya membeli domain dari toko anda. Sedangkan reseller, mereka ingin membeli domain dari toko anda dan ingin menjualnya kembali kepada orang lain. Pada halaman customers anda dapat mengetahui siapa saja customer toko anda, total dana yang telah dibayarkan, total domain yang mereka beli.
cara mengelola kontrol panel reseller domain

Pengelolaan Billing

Pada halaman ini, anda dapat mengelola semua transaksi yang berjalan. Terdapat 2 submenu yaitu Billing List dan Pending Payment. Pada Billing List anda dapat mengelola transaksi yang ada. Misalnya untuk mengetahui total saldo deposit serta total receipts (total dana yang telah dibayarkan oleh customer/ reseller toko anda). Kemudian anda juga dapat melihat semua transaksi baik dari pembelian domain, deposit, privacy protect atau note dari customer. Selain itu, di sini anda dapat melakukan tambah saldo dengan memilih Add Fund pada pojok kanan atas.

Sedangkan pada submenu Pending Payment, anda dapat mengetahui pembayaran customer yang pending, deposit reseller atau deposit customer yang pending . Status pending disebabkan oleh banyak faktor misalnya sudah order namun belum melakukan transfer, alamat email salah dan sebagainya.
cara mengelola kontrol panel reseller domain

Melakukan Pengaturan Kontrol Panel Reseller Domain TLD

Anda dapat melakukan pengaturan kontrol panel ini melalui menu Settings. Anda dapat mengatur mata uang, nameserver, mengatur harga produk, melakukan integrasi ke WHCMS dan melakukan branding.
cara mengelola kontrol panel reseller domain Jadi, di DomaiNesia para reseller domain akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti harga untuk reseller yang murah, dapat membuat sub reseller, mendukung integrasi dengan WHCMS, kontrol panel yang mudah digunakan serta anda akan mendapatkan desain dan integrated Shopping Cart yang siap pakai. Integrated Shopping cart ini bisa dibilang sebagai toko anda. Jadi, jika anda ingin menjadi reseller domain namun belum memiliki website sebagai branding toko jangan khawatir. Kami menyediakan toko online yang sudah terintegrasi dengan kontrol panel reseller domain. Sehingga, customer akan lebih mudah untuk membeli domain di toko anda. Adapun cara melakukan pengaturan untuk toko online anda tersebut, bisa dibaca di Panduan Setting Toko Online Untuk Reseller Domain TLD.
cara mengelola kontrol panel reseller domain

Closing

Segala kemudahan telah ditawarkan oleh DomaiNesia. Khususnya bagi anda yang ingin menggapai kesuksesan bersama DomaiNesia dengan menjadi reseller domain Kami. Selain mendapatkan harga domain yang murah, anda juga akan mendapatkan keuntungan seperti dapat membuat sub reseller, dukungan integrasi dengan WHCMS, kontrol panel yang mudah digunakan serta anda akan memperoleh toko online (shopping cart) yang siap pakai. Jadi untuk menghemat biaya, anda tidak perlu repot- repot membuat toko online baru. Apabila ada pertanyaan, silahkan langsung hubungi tim support kami. Ayo raih kesuksesanmu bersama DomaiNesia! 😊

Panduan dibuat khusus untuk pelanggan DomaiNesia, jika ada perbedaan dalam fitur/layanan dengan layanan yang Anda pakai, silakan hubungi penyedia layanan Anda.

Pindah ke DomaiNesia

Migrasi
Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Related Articles