• Home
  • Permulaan
  • Cara Install WordPress di cPanel Melalui Softaculous

Cara Install WordPress di cPanel Melalui Softaculous

Oleh Mutiara Auliya
4.9/5 (21)

Softaculous adalah fitur tambahan di cPanel yang akan mempermudah anda dalam instalasi berbagai cms (content management system) seperti wordpress, prestashop, drupal dan sebagainya. DomaiNesia telah memberikan segala kemudahan bagi customer dalam instalasi cms sebagai contoh wordpress. WordPress merupakan salah satu cms website yang paling populer dikalangan masyarakat karena kemudahan yang ditawarkannya. Dengan wordpress anda tidak perlu membuat suatu website dari nol. Oleh karena itu, bagi customer yang ingin membuat website dengan wordpress maka anda dapat melakukan proses instalasinya menggunakan Softaculous. Nah berikut ini step by step cara install WordPress di cPanel melalui Softaculous. Cara ini sangat cocok untuk para pemula lho!

Baca Juga: Mengenal Softaculous Apps Installer

Cara Install WordPress di cPanel Melalui Softaculous

Adapun cara install WordPress di Softaculous yaitu,

1. Login cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Bagi anda yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Login cPanel Hosting.

Baca juga : cara membuat website sendiri

2. Memilih Softaculous Apps Installer

Kemudian masuk ke halaman cPanel. Pada kolom pencarian ketikkan “softaculous” lalu pilih “Softaculous Apps Installer

3. Memilih WordPress

Maka anda akan diarahkan ke dashboard Softaculous. Terdapat berbagai macam Content Management System (CMS) yang dapat anda pilih. Untuk melakukan instalasi wordpress, maka pilih WordPress.
enter image description here

Kemudian anda akan masuk ke halaman WordPress di Softaculous. Anda dapat melihat fitur wordpress, beberapa screenshots, review dan sebagainya. Adapun versi WordPress yang terdapat dalam Softaculous merupakan versi yang terbaru. Kali ini yang digunakan yaitu versi WordPress 4.5.1. Pilih Install Now untuk melakukan proses instalasi.

Baca juga : cara mendapatkan uang dari internet

4. Mengisi Konfigurasi WordPress

Setelah itu, anda harus mengisi beberapa konfigurasi. Pertama, pada kolom Software Setup. Pada bagian Choose Protocol, isikan protokol yang diinginkan. Apabila website anda menggunakan SSL maka diisi https://. Apabila tidak, biarkan default https://. Pada bagian Choose Domain, isikan nama domain yang anda miliki. Domain ini akan menjadi domain dari website wordpress yang akan dibuat. Lalu kosongkan pada bagian In Directory, agar website wordpress terinstall di dalam domain langsung.

Kedua, pada kolom Site Settings masukkan judul dan deskripsi dari website yang akan dibuat. Isikan sesuai dengan keinginan anda. Anda juga bisa memilih apakah website berbetuk Multisite atau tidak. Kalau iya, anda bisa centang Enable Multisite (WPMU).

Ketiga masukkan username dan password dari wordpress. Username dan password ini nantinya digunakan pada saat login di wp-admin atau di wp-login. Jadi, jangan sampai lupa.

Catatan: Tidak disarankan menggunakan username dan password default “admin”. Silakan gunakan kombinasi huruf kapital, huruf kecil, angka dan karakter!

Keempat, pilih bahasa dan plugin yang digunakan. Sesuaikan dengan bahasa yang anda kuasai. Untuk pemilihan plugin, anda dapat memberikan tanda centang pada Limit Login Attempts yang berfungsi untuk membatasi login user wordpress. Bagi anda yang masih ingin menggunakan editor classic, silakan beri tanda centang pada Classic Editor. Perlu diketahui bahwa WordPress Versi 5.0  telah menggunakan editor gutenberg. Apa itu Editor Gutenberg WordPress? Apa saja fitur terbarunya? Silakan cek Fitur Terbaru WordPress Versi 5.0. Sehingga, website anda akan menjadi lebih aman. Selain itu anda dapat memberikan centang pada Select Plugins.

Setelah itu, klik tanda “+” pada Advanced Options untuk melakukan konfigurasi database wordpress. Isikan nama database, dan table. Anda dapat mengatur auto upgrade, automatic backup maupun kuota backup. Apabila telah selesai, maka klik Install

 Tunggu hingga proses instalasi selesai.
enter image description here

5. Instalasi WordPress Telah Selesai

Setelah proses instalasi selesai, maka akan muncul informasi mengenai domain yang anda gunakan tadi. Untuk mengakses website maka anda cukup mengakses URL yang terdapat dalam informasi tersebut. Untuk mengakses dashboard admin, anda dapat menambahkan /wp-admin. Untuk lebih jelasnya, anda dapat mengakses Panduan WordPress. Mau WordPress kamu lebih aman? Yuk ikuti cara agar wordpress aman dari hacker.
enter image description here

Kesimpulan

Untuk membuat website, selain menggunakan fitur Instant Deploy di DomaiNesia anda dapat menggunakan fitur Softaculous di cPanel. Cara install WordPress di cPanel Hosting melalui Softaculous juga cukup mudah, bukan? Selain mudah dan cepat, dengan menggunakan Softaculous anda tidak usah melakukan konfigurasi satu per satu. Selain WordPress, kamu bisa melakukan instalasi apapun di Softaculous. Misalnya, cara install Moodle untuk website elearning, cara membuat toko online menggunakan Prestashop, cara install Ghost di hosting dan sebagainya. Fitur Softaculous ini berada dalam cPanel yang terdapat di Hosting. Ingin mencoba hosting terbaik? Silahkan order hosting murah di DomaiNesia sekarang! Kami memiliki beberapa paket hemat serta promo yang dapat anda gunakan. Salam DomaiNesia! 🙂

Mutiara Auliya

Hi! I am Data Analyst and Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!