Home  »  Permulaan   »   Cara Mengarahkan Subdomain ke VPS

Cara Mengarahkan Subdomain ke VPS

Last Update:

Hi DomaiNesians! Sudah memiliki domain di DomaiNesia? Apa kamu tahu bahwa dari domain yang kamu miliki tersebut, dapat dibuat banyak subdomain tanpa dibatasi jumlahnya? Benar sekali, kamu dapat dapat membuat unlimited subdomain yang semuanya dapat diarahkan ke IP lain dari domain utama. Untuk domain utama sendiri kamu dapat cek di panduan Mengarahkan Domain ke Server berikut. Nah dengan domain dari DomaiNesia, kamu bisa dengan mudah membuat subdomain kemudian mengarahkan subdomain tersebut ke IP VPS kamu. Pengen tahu caranya? Yuk ikuti panduannya step by step berikut ini.

1. Login Client Area (https://my.domainesia.com)

Pertama buka halaman Client Area kamu di https://my.domainesia.com. Kemudian masukkan username dan password untuk login. Username dan password ini kamu dapat saat register di DomaiNesia pertama kali sebelum melakukan order domain maupun hosting.
mengarahkan subdomain ke VPS

2. Pilih Domain

Setelah kamu masuk silakan klik nama Domains, kemudian pilih nama domain yang kamu miliki, atau yang ingin kamu arahkan subdomainnya ke VPS/Server lain.

3. Mengarahkan Nameserver

Berikut pastikan nameserver yang digunakan adalah menggunakan nameserver default dari domain tersebut. Di Client Area DomaiNesia, kamu dengan mudah mengganti ke nameserver default dengan klik pada opsi Use Default Nameservers. Jika nameserver tidak berubah setelah diklik, artinya domain tersebut sudah menggunakan nameserver default, dan kamu bisa langsung lanjut ke step berikutnya.
mengarahkan subdomain ke VPS

4. Mengelola DNS

Setelah itu, silakan pilih menu Addons, dan klik Manage pada opsi DNS Zone Manager untuk mengelola DNS domain tersebut. Beberapa domain akan memiliki tampilan berbeda pada DNS manager, karena bawaan default dari domain masing-masing.
mengarahkan subdomain ke VPS

5. Membuat dan Mengarahkan Subdomain

Sekarang saatnya untuk membuat dan mengarahkan subdomain ke VPS atau server kamu. Pastikan kamu sudah menentukan nama subdomain yang akan dibuat, pada contoh dibuat sebuah subdomain blog.websitesaya.net dan diarahkan ke IP 123.123.123.123. Untuk penulisan subdomain cukup ditulis blog tanpa imbuhan nama domain utama, karena nanti sudah otomatis akan ditambahkan. Untuk record pilih A Record dan Address diisikan dengan IP VPS kamu.
mengarahkan subdomain ke VPS

Terakhir silakan save settingan tersebut dan tunggu terpropagasi dengan sempurna dan dapat diakses.

Closing

Bagaimana? Mudah bukan? Mengarahkan subdomain ke VPS atau IP lain dari Client Area DomaiNesia dapat dengan mudah dan cepat dilakukan hanya dengan beberapa langkah saja. Cukup dengan login ke my.domainesia.com, pilih domainnya, isikan subdomain dan IP Address tujuannya, dan simpan. Sekarang subdomain kamu sudah mengarah ke IP tujuan. Jika masih belum, silakan kamu tunggu beberapa saat karena di beberapa kasus membutuhkan masa propagasi yang berbeda. Jika kami masih kesulitan, tidak perlu khawatir, Tim Support kami selalu siap sedia 24 jam untuk membantu kamu.


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!