Home  »  Virtual Server   »   Cara Menghubungkan Domain ke VPS

Cara Menghubungkan Domain ke VPS

Last Update:
No ratings yet.

Hi DomaiNesians! Salah satu perbedaan antara Hosting dan VPS yaitu terletak pada akses kontrol dan kebutuhan resourcenya. Untuk pemula, kami sarankan untuk menggunakan Hosting sebagai tempat menyimpan website karena lebih mudah. Kamu tidak perlu melakukan konfigurasi apapun terkait dengan server. Dari segi keamanan, pengelolaan cache dan support akan kami bantu handle. Namun untuk shared hosting ini sifatnya terbatas. Sedangkan bagi kamu yang ingin mendeploy aplikasi tertentu dan membutuhkan akses root, bisa gunakan VPS saja. Lalu apakah bisa domain dihubungkan ke VPS? Bisa dong! Kamu bisa ikuti cara menghubungkan domain ke VPS berikut ini.

Baca Juga: Perbedaan Hosting dan VPS

Cara Menghubungkan Domain ke VPS

Pastikan kamu memiliki domain yang aktif dan mengetahui IP VPS ya. Di DomaiNesia, kamu bisa order domain murah dan cek IP VPS melalui my.domainesia.com kemudian pilih Menu Services dan klik pada nama VPS yang kamu order. Tunggu sebentar maka akan muncul IP Address VPS.
Cara menghubungkan domain ke VPS
Jika sudah tahu IP VPS nya, silakan ikuti cara menghubungkan domain ke VPS berikut ini:

1. Login Client Area

Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu login ke client area DomaiNesia (my.domainesia.com) terlebih dahulu. Lalu masukkan username dan password. Username dan password ini merupakan akun pada saat register di DomaiNesia sebelum pembelian domain maupun hosting.

mengarahkan subdomain ke VPS

2. Memilih Domain

Step kedua, silakan pilih domain yang ingin diarahkan ke server VPS. Klik nama domain tersebut.

Cara menghubungkan domain ke VPS

3. Mengarahkan Nameserver

Sekarang silakan arahkan nameserver ke default. Kamu bisa klik pada opsi Use Default Nameservers. Jika nameserver tidak berubah setelah diklik, artinya domain tersebut sudah menggunakan nameserver default. Silakan lanjutkan ke langkah selanjutnya.
Cara menghubungkan domain ke VPS

4. Membuka Menu DNS Zone Manager

Setelah itu, silakan pilih menu Addons, dan klik Manage pada opsi DNS Zone Manager. DNS Manager berfungsi untuk mengatur domain ingin diarahkan kemana. Nah, di menu DNS Zone Manager ini nantinya akan ada pengaturan A record dan CNAME record.

mengarahkan subdomain ke VPS

5. Menghubungkan Domain ke VPS

Sekarang saatnya menghubungkan domain ke VPS. Silakan arahkan A record ke IP Address VPS. Silahkan klik Add New Record lalu tambahkan IP Address VPS pada bagian Value. Kemudian klik Save Changes.
Cara menghubungkan domain ke VPS

Setelah itu, silakan arahkan CNAME record agar bisa diakses dengan www. Pada bagian host name silakan tuliskan www. Lalu pada bagian Value silakan tulis nama domain kamu. Jika sudah, klik Save Changes
Cara menghubungkan domain ke VPS

6. Domain Berhasil Terhubung ke VPS

Silakan tunggu hingga masa propagasi domain selesai. Jika sudah, kamu bisa cek di intodns.com/namadomainkamu pada bagian A recordnya. Apakah sudah terhubung ke IP VPS atau belum. Yeay, cara menghubungkan domain ke VPS sudah selesai!

Kesimpulan

Panduan cara menghubungkan domain ke VPS berikut cocok untuk pemula karena cukup mudah. Suatu domain dapat diarahkan kemana saja sesuai keinginan. Untuk mengarahkan domain ke hosting, bisa ikuti panduan Cara menghubungkan Domain ke Server.

Please rate this


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!