Cara Install CentOS di VPS

Oleh Mutiara Auliya
No ratings yet.

Hi DomaiNesians! CentOS masih menjadi primadona para system administrator untuk membangun server. Selain mudah, CentOS juga dianggap lebih powerful. Nah tahukah kamu bahwa CentOS berbeda dengan Ubuntu server? Walaupun sama-sama berbasis Linux, namun CentOS dan Ubuntu memiliki induk yang berbeda. Jika Ubuntu berasal dari Debian, sedangkan CentOS berasal dari RHEL (Red Hat Enterprise Linux). Sehingga perintah di terminal yang digunakan dalam pengoperasiannya pun juga berbeda. Nah pada panduan ini akan dijelaskan cara install CentOS di VPS.

DomaiNesia telah memudahkan user dalam proses instalasi. Sehingga kamu tidak perlu melakukan instal Ubuntu di VPS secara manual.

Cara Install CentOS di VPS

Adapun cara install CentOS di VPS yaitu,

1. Login Client Area DomaiNesia (my.domainesia.com)

Silakan buka https://my.domainesia.com pada web browser kamu. Lalu masukkan username dan password. Username dan password ini merupakan akun pada saat register di DomaiNesia sebelum pembelian domain maupun hosting.

cara install OS di VPS

2. Memilih VPS

Kemudian akan diarahkan ke dashboard client area. Pada client area, kamu bisa mengetahui produk apa saja yang dibeli. Agar dapat instal Debian di VPS, silahkan klik Services. Pada bagian VM, silahkan pilih VM (VPS) yang ingin dilakukan instalasi OS.

cara install OS di VPS

3. Memilih Menu OS Reinstall

Tunggu sebentar maka akan diarahkan ke halaman dashboard VM. Arahkan pada kolom VM Management dan pilih menu OS Reinstall.

cara install OS di VPS

4. Memilih Sistem Operasi Yang Digunakan

Kemudian pilih OS yang kamu inginkan. Terdapat 3 sistem operasi Linux yang bisa dipilih seperti Ubuntu, CentOS serta Debian. Silakan pilih CentOS dan pilih sesuai versi yang kamu inginkan.

5. Memasukkan Password

Jika sudah, silahkan tulis password baru VPS dan jangan lupa tulis ulang password. Pastikan kamu ikuti Tips Cara Agar Password Tidak Mudah Ditebak. Terakhir, jangan lupa klik Reinstall dan tunggu hingga proses instalasi Ubuntu selesai. Biasanya akan langsung muncul command box yang bertuliskan “The OS reinstall process has been started in the background”, lalu klik OK Tunggu sekitar 5-15 menit untuk proses instalasi.

6. Mengakses VPS

Apabila proses instalasi telah selesai, maka akan muncul logo CentOS beserta versinya. Jika VPS kamu sudah berstatus Online, maka VPS siap untuk digunakan. Langsung lakukan akses SSH saja ke VPS ya.

Baca Juga: Cara Akses SSH di VPS

Kesimpulan

Sebagai pemula, kamu bisa ikuti panduan cara install CentOS di VPS dengan mudah. Walaupun VPS di DomaiNesia sifatnya unmanaged, kami tetap mempermudah user dalam proses instalasi OS yang digunakan. Setelah ini kamu dapat melakukan instalasi, monitoring dan menjalankan service apapun di VPS.

Baca Juga: Cara Menghubungkan Domain ke VPS

Mutiara Auliya

Hi! I am Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!