Home  »  Virtual Server   »   Cara Remote VPS (Virtual Server)

Cara Remote VPS (Virtual Server)

Last Update:

Hi DomaiNesians! Sudah tahu apa itu VPS dan segala kelebihannya kan? Yaps, VPS memang lebih powerful apabila dibandingkan dengan Hosting. Dengan VPS, anda bisa mengubah sistem operasi server sesuai keinginan. Selain itu, anda dapat mengubah semua konfigurasi sesuai kebutuhan website. Pada panduan sebelumnya telah dibahas mengenai konfigurasi dasar dan cara menggunakan VPS bagi pemula. Bagi anda yang belum tahu dan masih newbie, Kami sarankan untuk membacanya terlebih dahulu di Panduan Konfigurasi Dasar VPS. Pelajari terlebih dahulu bagaimana cara masuk ke panel dashboard VPS serta menu- menu yang ada di panel. Kemudian baca Panduan Cara Menggunakan VPS agar anda mengerti bagaimana cara mengaktifkan VPS. Nah setelah itu, baru anda ikuti langkah- langkah yang ada di panduan ini ya 🙂 Pada panduan ini akan dijelaskan cara remote VPS melalui Terminal atau Putty via SSH.

Apa itu Remote VPS?

Remote VPS dapat dilakukan melalui akses SSH ke server. Masih ingat apa itu SSH? Yang belum tahu, silahkan baca artikel Yuk Kenalan Dengan SSH! Nah pada dasarnya, remote VPS via SSH sama halnya ketika anda melakukan akses SSH ke Hosting. Apabila melalui Linux, anda dapat menggunakan Terminal. Jika menggunakan Windows, dapat menggunakan Software PuTTy. Remote VPS berguna agar anda dapat melakukan konfigurasi dan pengaturan di Virtual Server sesuai kebutuhan. Layaknya server sendiri, anda dapat melakukan instalasi sesuka hati.

Bagaimana Cara Remote VPS?

Ada dua cara untuk melakukan remote VPS via SSH. Anda dapat melakukannya melalui terminal linux atau melalui Software PuTTy. Berikut akan Kami jelaskan satu persatu langkahnya,

Melalui Terminal Linux

Bagi anda pengguna Linux, cara remote VPS (Virtual Server) sangatlah mudah. Hanya butuh terminal/ console linux yang telah terinstall OpenSSH, akses internet dan IP Address VPS maka anda sudah dapat meremote kapanpun dan di manapun. Adapun yang perlu dipersiapkan yaitu,
a. Akses Internet
b. Terminal Linux yang telah terinstall OpenSSH
c. Informasi IP Address VPS. Informasi IP Address VPS dapat anda lihat di client area (my.domainesia.com). Pilih menu Services lalu pilih VM anda. Klik tab Overview lalu muncul Hostname, IP Address dan Status VPS.

cara remote vps

Cara meremote VPS via SSH melalui Terminal Linux yaitu,
1. Buka terminal lalu tuliskan

Misalnya, IP Address yang tertera pada informasi tersebut yaitu 45.127.134.46. Jadi, anda dapat menuliskan ssh 45.127.134.46
2. Tunggu hingga beberapa saat. Pada saat pertama kali ingin melakukan remote, maka server akan melakukan sinkronisasi RSA Key. Silahkan tulis “yes” lalu enter.
3. Setelah selesai, silahkan tekan Enter. Kemudian anda diminta untuk memasukkan password. Silahkan tuliskan password VPS yang anda miliki. Karena bersifat hidden password, pada saat memasukkan password VPS maka password anda tidak akan tampak. Jangan khawatir, tetap tuliskan password VPS hingga selesai. Kemudian tekan Enter.
4. Tunggu sebentar maka VPS (Virtual Server) anda telah berhasil diremote via SSH.

cara remote vps5. Setelah VPS berhasil anda remote, itu berarti anda bebas melakukan apapun terhadap server.

*Catatan: kamu juga bisa meremote VPS via SSH dengan hak akses sebagai root. Adapun caranya hampir sama, cukup tuliskan SSH root@[IP ADDRESS VPS]. Perlu diingat, root merupakan hak akses tertinggi. Jadi, pastikan kamu melakukan semua aktivitas dengan hati-hati. 

Melalui Software PuTTy

Bagi anda pengguna Windows jangan khawatir. Anda tetap dapat melakukan remote VPS via SSH melalui Software PuTTy. PuTTy merupakan suatu software yang dapat digunakan untuk membuat koneksi SSH antara client dan server.
Adapun yang perlu dipersiapkan yaitu,
a. Akses internet
b. Software PuTTy
Software PuTTy dapat didownload melalui website resminya https://www.putty.org/. Silahkan klik “here” untuk mendownload Software PuTTy.

cara remote vps
Install software tersebut hingga muncul logo PuTTy seperti ini,
cara remote vps
c. Informasi IP Address VPS. Informasi IP Address VPS dapat anda lihat di client area (my.domainesia.com). Pilih menu Services lalu pilih VM anda. Klik tab Overview lalu muncul Hostname, IP Address dan Status VPS.

cara remote vps

Cara meremote VPS via SSH menggunakan Software PuTTy yaitu,
1. Buka Software PuTTy. Pada bagian Hostname (or IP Address) silahkan tulis IP Address dari VPS. Lalu bagian Port, tulis angka 22. Setelah itu, bagian Connection Type, pilih SSH. Kemudian klik Open. Untuk konfigurasi lainnya biarkan default saja.

cara remote vps

  1. Biasanya ketika pertama kali anda akan meremote virtual server, maka server akan melakukan sinkronisasi SSH RSA Key terlebih dahulu untuk keperluan security. Silahkan pilih “yes”.

cara remote vps

  1. Kemudian tulis login sebagai siapa. Agar dapat melakukan konfigurasi secara leluasa maka anda harus login sebagai root (super user). Untuk itu, silahkan tulis root lalu enter. Kemudian masukkan password VPS. Karena bersifat hidden password, pada saat memasukkan password VPS maka password anda tidak akan tampak. Jangan khawatir, tetap tuliskan password VPS hingga selesai. Kemudian tekan Enter.

cara remote vps

  1. Tunggu sebentar maka VPS (Virtual Server) anda telah berhasil diremote via SSH.

Closing

Cara remote VPS dapat dilakukan via SSH melalui Terminal Linux atau Software PuTTy. Setelah melakukan remote VPS, maka anda dapat melakukan konfigurasi atau instalasi apapun ke dalam virtual server. Perlu diingat bahwa semua Virtual Server berbasis Unix dan menggunakan sistem operasi Linux dengan berbagai distro. Untuk itu, dalam melakukan konfigurasi di server harus menggunakan perintah/ command Linux. Bagi anda yang masih awam, silahkan baca 10 Perintah Linux Yang Harus Anda Tahu! Kami memiliki berbagai panduan yang bisa membantu anda apabila mengalami kesulitan lho. Yuk cek Dokumentasi DomaiNesia! Tertarik dengan hosting murah dan VPS Indonesia murah dari DomaiNesia? Yuk cek hosting murah dan VPS Indonesia murah DomaiNesia. Dijamin, harga murah tetapi kualitasnya tidak murahan  🙂


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!