Cara Install WordPress di Debian (VPS)

Oleh Mutiara Auliya
No ratings yet.

Hi DomaiNesians! Beberapa server memilih menggunakan sistem operasi berbasis Ubuntu ataupun Debian. Pada prinsipnya, langkah-langkah install WordPress di Debian hampir mirip dengan instal WordPress di berbagai OS. Kamu perlu install LAMPP, download file WordPress dan melakukan instalasi. Lalu mengapa harus install di VPS, mengapa tidak di hosting saja? Nah, di DomaiNesia sebenarnya mudah sekali untuk membuat WordPress di Hosting. Namun ada kalanya, website berbasis WordPress ini diletakkan di server sekolah/ perusahaan sehingga diperlukan instalasi manual. Nah, pada panduan ini akan dijelaskan cara install WordPress di Debian VPS. Yuk ikuti step by stepnya!

Tahap Persiapan

Sebelum memulai panduan ini, kamu perlu membaca beberapa panduan:

  1. Apa itu VPS agar lebih mengerti tentang seluk beluk VPS.
  2. Tutorial VPS Untuk Pemula agar lebih tahu proses pengelolaan VPS yang dapat dilakukan.
  3. Cara Remote VPS via SSH agar dapat mengikuti cara install web server di VPS step by stepnya. Karena cara install web server ini akan dilakukan via konsol.
  4. 10 Perintah Linux Yang Harus Kamu Tahu agar lebih mudah dalam memahami panduan ini dan lebih terbiasa dengan Linux berbasis konsol

Baca Juga: Cara Membuat Website WordPress di Hosting

Sekilas Tentang Install WordPress di VPS

VPS atau biasa juga disebut dengan VM atau Virtual Server, cukup berbeda jika dibandingkan dengan Hosting. Di VPS kamu akan mendapatkan akses kontrol tanpa batas dengan login root. Sehingga kamu dapat mengatur konfigurasi dan OS sesuai dengan keinginan. Pada panduan ini akan menggunakan:

Sistem operasi VPS: Debian
Web Server: Apache
Database: MySQL

Bahasa Pemrograman Web: PHP
Pengelolaan database: phpMyAdmin
CMS: WordPress

Setiap VPS dapat memiliki requirement atau sistem operasi (OS) yang berbeda. Proses instalasi dan konfigurasi dari setiap VPS juga berbeda. Tergantung dari sistem operasi yang digunakan. Jadi, sesuaikan sistem operasi yang digunakan dengan panduan VPS yang ada di DomaiNesia.

Cara Install WordPress di Debian

Adapun step by step cara install WordPress di Debian VPS yaitu,

1. Konfigurasi Dasar VPS

Pertama kali yang perlu kamu lakukan adalah cek VPS terlebih dahulu. Ada beberapa hal yang harus kamu tahu seperti:

  • Berapa IP Address VPS.
  • Cek apakah VPS sudah online atau belum
  • VPS harus menggunakan sistem operasi Debian

2. Melakukan Remote VPS

Untuk dapat melakukan instalasi, kamu harus melakukan remote VPS. Untuk pemula, baca dulu Panduan Akses SSH VPS. Karena seluruh instalasi WordPress di VPS ini via console, maka SSH harus dilakukan. Silakan remote VPS melaui terminal lalu tuliskan SSH [IP ADDRESS VPS] .

Apabila VPS baru saja diinstal OS Debian, kamu bisa lakukan update repository agar fresh. Kamu bisa tulis perintah berikut dan tunggu hingga proses update selesai.

3. Mengarahkan Domain ke VPS

Sudah punya domain atau subdomain? Nah, kamu juga dapat mengarahkan domain ke VPS lho. Jadi, kamu tidak perlu mengakses VPS via IP Address lagi. Jika domain sudah diarahkan ke VPS, maka website berbasis WordPress yang ingin dibuat ini nantinya dapat diakses via web browser.

Cara install WordPress di Ubuntu

Misalnya pada panduan ini subdomain web.websitesaya.net akan diarahkan ke VPS. Kamu bisa ikuti panduan Cara Mengarahkan Subdomain ke VPS. Jika menggunakan domain, silakan ikuti Panduan Cara Mengarahkan Domain ke VPS.

4. Install LAMPP

LAMPP adalah singkatan dari Linux, Apache, MySQL, PHP serta phpMyAdmin. Perlu diketahui bahwa untuk membangun sebuah website diperlukan sistem operasi server, web server, database dan bahasa pemrograman web (PHP). Keempat aspek tersebut harus terpenuhi agar website dapat dapat dijalankan. Untuk itu, hadirlah LAMP untuk memenuhi 4 aspek tersebut. Agar LAMP berhasil terinstall di server, kamu harus melakukan instalasi Linux, Apache, MySQL dan PHP satu persatu. Untuk instalasi Linux, sudah dilakukan karena saat ini menggunakan OS Ubuntu.

– Instalasi Apache –
Selanjutnya yaitu instalasi Apache. Apache merupakan salah satu jenis web server yang banyak digunakan karena mudah dan cocok untuk pemula. Kamu bisa tulis perintah berikut,

Agar lebih jelas, silakan baca Cara Install Apache di Ubuntu

– Instalasi MySQL –
Setelah web server, kamu memerlukan database untuk penyimpanan data website. Pada panduan ini menggunakan MySQL sebagai databasenya. Silakan tulis perintah berikut,

Agar lebih jelas, silakan baca Cara Install MySQL di VPS

Untuk membantu pengelolaan database, agar lebih mudah kamu bisa menggunakan phpMyAdmin. Silakan tulis perintah,

Agar lebih jelas, silakan baca Cara Install phpMyAdmin di VPS

– Instalasi PHP –
Yang terakhir, saatnya melakukan instalasi PHP sebagai bahasa pemrograman web. Silakan tulis perintah berikut,

Agar lebih jelas, silakan baca  Cara Install PHP di VPS 

5. Download File WordPress

Step kelima yaitu mempersiapkan file WordPress. Pada dasarnya WordPress adalah Content Management System (CMS). CMS adalah sebuah sistem informasi yang berfokus pada konten. Sehingga, kamu tidak perlu membuat website dari nol dan hanya perlu download, install dan melakukan pengelolaan konten.
Sebelum mendownload file WordPress, pastikan kamu berada dalam direktori /var/www/html/. Direktori ini mirip seperti .htdocs jika kamu menggunakan XAMPP di Windows. Untuk berpindah ke direktori /var/www/html/ silakan tulis,

Sekarang saatnya mendownload file WordPress terbaru. Cukup tulis perintah berikut. Perintah wget berfungsi untuk mendownload file berdasarkan url atau link tertentu.

Setelah proses download selesai, pastikan terdapat file latest.zip. Kamu bisa cek dengan perintah ls.

Cara install WordPress di Ubuntu

Sekarang saatnya ekstrak file WordPress yang masih berbentuk zip dengan cara,

6. Sinkronisasi Domain dengan Konfigurasi Apache

Sinkronisasi ini berfungsi agar web server Apache dapat menunjukkan letak folder instalasi WordPress serta domain/ subdomain apa yang digunakan. Silakan tulis perintah,

Lalu akan muncul beberapa konfigurasi. Pada panduan ini akan dijelaskan beberapa kondisi:

– Domain/ Subdomain langsung mengarah ke Website WordPress –
Silakan copy dan paste script berikut jika pada saat diakses nanti, domain/ subdomain langsung mengarah ke halaman website WordPress.

Catatan: Ketika mengubah konfigurasi, sesuaikan nama domain/ subdomain yang digunakan ya!

– Domain/ Subdomain tidak langsung mengarah ke Website WordPress –
Silakan copy dan paste script berikut jika pada saat diakses nanti, domain/ subdomain tidak langsung mengarah ke halaman website WordPress. Misalnya halaman WordPress akan muncul jika mengakses web.websitesaya.net/wordpress.

Jangan lupa lakukan restart Apache dan MySQL dengan perintah,

7. Membuat Database WordPress

Silakan akses phpMyAdmin dengan menulis IP_Address_VPS/phpmyadmin pada web browser. Kemudian klik tab menu Databases. Pada bagian Create database, silakan buat database dengan nama yang diinginkan. Misalnya kali ini membuat database dengan nama wordpress setelah itu klik Create.  Catat nama databasenya ya. Jangan sampai lupa!

Cara install WordPress di Ubuntu

8. Menyesuaikan Konfigurasi WordPress

Silakan kembali ke terminal, lalu berpindah ke direktori /var/www/html/wordpress dengan cara,

Kemudian lakukan perintah berikut. Secara default, WordPress memberikan file wp-config-sample.php yang isinya file konfigurasi WordPress dengan nama database, username dan password database. Namun, kamu tidak dapat langsung menggunakan file wp-config-sample.php ini. Sehingga harus dilakukan rename terlebih dahulu menjadi wp-config.php agar file konfigurasi terbaca oleh sistem WordPress.

Untuk mengubah dan menyesuaikan konfigurasi WordPress silakan tulis perintah,

Kemudian ubah konfigurasinya. Pada bagian DB_NAME , tulis nama database yang telah kamu buat tadi. Pada bagian DB_USER dan DB_PASSWORD silakan tulis username dan password MySQL. Untuk konfigurasi lainnya, biarkan default saja. Jangan lupa save ya!

Cara install WordPress di Ubuntu

Catatan: Jika lupa password MySQL di VPS, bisa ikuti Cara Reset Password User MySQL di cPanel

9. Melakukan Instalasi WordPress

Step selanjutnya yaitu melakukan instalasi WordPress. Silakan akses domain/ subdomain di web browser. Sesuaikan dengan kondisi di atas ya. Jika kamu sama dengan kondisi pertama, langsung saja akses domain/subdomain. Jika kamu sama dengan kondisi kedua, silakan akses sesuai dengan nama direktorinya. Maka akan muncul tampilan seperti berikut. Silakan klik Let's go!.

Jika sudah, silakan tuliskan nama database, username dan password MySQL lalu klik Submit.

Cara install WordPress di Ubuntu

Jika konfigurasi database benar dan file wp-config.php terbaca, maka akan dilanjutkan dengan pengisian informasi terkait dengan nama website dan halaman admin WordPress. Pada bagian Site Title silakan tulis judul website. Pada bagian Username dan Password silakan diisi dengan username dan password yang diinginkan. Username dan password ini berfungsi ketika kamu login halaman admin. Jangan lupa tambahkan email dan klik Install WordPress.

Cara install WordPress di Ubuntu

Tunggu hingga proses instalasi WordPress selesai. Jika sudah, kamu bisa klik Login agar dapat bisa masuk ke halaman admin WordPress.

Cara install WordPress di Ubuntu

10. Akses WordPress di VPS

Untuk mengakses WordPress di VPS dapat melalui beberapa cara. Misalnya dengan menggunakan alamat IP VPS langsung.

Cara install WordPress di Ubuntu

Ata langsung akses melalui domain ataupun subdomain. Sesuaikan dengan 2 kondisi yang ada tadi ya.

Untuk mengakses halaman admin, silakan akses namadomain/wp-admin dan masukkan username serta password yang telah dibuat tadi.

Bagaimana Jika Terjadi Error?

Ada beberapa penyebab munculnya error saat proses instalasi WordPress di Ubuntu VPS.

1. Database WordPress Belum Dibuat

Apabila muncul tampilan seperti berikut ini, kemungkinan database untuk WordPress belum dibuat. Silakan buat database nya terlebih dahulu seperti step ke-7 diatas. Jika database telah dibuat, silakan klik Try Again

2. File wp-config.php Belum Terbaca

Apabila muncul tampilan seperti berikut, kemungkinan file wp-config.php belum terbaca. Silakan ikuti step ke-8 terlebih dahulu dan jangan lupa menyimpannya. Kemudian klik Run the Installation

3. Konfigurasi Database Salah

Apabila muncul tampilan seperti berikut, kemungkinan konfigurasi database salah. Silakan sesuaikan nama database serta username dan password MySQL. Jika lupa nama database, kamu bisa cek melalui phpMyAdmin.

Kesimpulan

Cara install WordPress di Debian VPS berikut cocok untuk pemula. Untuk pengelolaan WordPress di VPS apakah sama dengan WordPress di Hosting? Sama. Kamu bisa mengubah tema, menambah plugin dan sebagainya. Namun untuk WordPress yang terinstall di VPS, kamu harus melakukan konfigurasi keamanan sendiri. Pastikan install SSL di VPS ya!

Baca Juga: Cara Instal SSL di VPS

Mutiara Auliya

Hi! I am Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!