Home  »  Virtual Server   »   Cara Install PHP di VPS

Cara Install PHP di VPS

Last Update:

cara install php di vps
PHP adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor yang merupakan salah satu bahasa pemrograman di sisi server. Dikutip dari Wikipedia, PHP biasanya digunakan untuk mengembangkan website. Salah satu keunggulan PHP yaitu, PHP dapat digabungkan dengan HTML, beberapa template website, web management system, CMS (Content Management System) maupun web frameworks. Karena banyak digunakan banyak orang, maka PHP menjadi salah satu hal yang wajib untuk diinstal di server. Tanpa PHP, kamu tidak bisa menjalankan beberapa file website di VPS dong tentunya. Untuk itu, kamu harus ikuti cara install PHP di VPS sesuai panduan berikut.

Cara Install PHP di VPS

1. Akses VPS via SSH

Sebelum mengikuti cara install let’s encrypt, silahkan lakukan akses VPS via SSH. Adapun caranya silahkan ikuti cara remote VPS via SSH. Pastikan kamu akses SSH di VPS menggunakan login root ya!

ssh root@IP VPS

2. Melakukan Install PHP

Setelah remote VPS berhasil, kamu dapat melakukan instalasi PHP dengan perintah berikut,

Ubuntu/ Debian

sudo apt-get install php libapache2-mod-php php-mcrypt php-mysql
CentOS
yum install php libapache2-mod-php php-mcrypt php-mysql

Tunggu hingga proses instalasi selesai!

3. Mengubah Urutan index.php

Secara default, yang akan ditampilkan di web browser adalah index.html. Untuk itu, kamu harus mengubah urutan halaman index.php di depan. Adapun caranya yaitu silahkan ketik perintah,

nano /etc/apache2/mods-enabled/dir.conf

Kemudian pada DirectoryIndex, ubah index.php menjadi di depan seperti urutan berikut,

<IfModule mod_dir.c>
DirectoryIndex index.php index.html index.cgi index.pl index.xhtml index.htm
</IfModule>

4. Restart Apache

Sekarang saatnya merestart web server apache agar semua konfigurasi bisa berjalan dengan baik dengan cara,

service apache2 restart

Uji Kode PHP di VPS

Untuk mengetahui apakah PHP sudah terinstal dengan baik, silahkan tambahkan info.php di direktori /var/www/html/ . Bagi para developer, direktori /var/www/html/ sama dengan folder htdocs yang ada di XAMPP. Folder ini digunakan untuk menyimpan file website atau file yang akan ditampilkan di web browser. Adapun caranya, silahkan ketik

Ubuntu/ Debian

sudo nano /var/www/html/info.php

Lalu isi dengan kode berikut ini,

<?php
phpinfo();
?>

Jangan lupa di simpan ya! Bagi kamu yang menggunakan editor nano, untuk menyimpan file yang telah di edit caranya yaitu ctrl+x lalu tekan Y pada keyboard kemudian Enter.
Jika sudah, sekarang saatnya kamu buka IP VPS kamu/info.php di web browser.

http://IP_VPS_kamu/info.php

Jika muncul halaman seperti gambar di bawah ini, itu artinya PHP sukses terinstall. Halaman tersebut berisi informasi tentang spesifikasi VPS dari sisi PHP. Hal tersebut sangat berfungsi untuk debugging ataupun membuat website dengan requiremen tertentu.

cara install php di vps

Kesimpulan

Selain MySQL dan web server, kamu juga harus install PHP agar file website bisa dijalankan. Kamu bisa ikuti cara install PHP di VPS dengan mudah. Butuh VPS murah dengan teknologi KVM? Coba cek VPS Indonesia murah. Butuh bantuan? Jangan sungkan hubungi Tim Support DomaiNesia via chat atau kirim tiket ya. Salam DomaiNesia!


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!