Home  »  Virtual Server   »   Cara Install SSH Keys di VPS

Cara Install SSH Keys di VPS

Last Update:

Panduan ini bertujan agar kamu nggak ribet ketika ingin melakukan akses SSH ke VPS. Kamu tidak perlu lagi memasukkan password dan sebagainya. Apakah bisa? Bisa dong! Kamu bisa lakukan itu semua dengan membuat public key dan private key terlebih dahulu. Public key dan private key dibuat di komputer kamu. Nantinya, public key akan disalin ke server. Sehingga, kamu tidak perlu repot dalam melakukan remote VPS. Untuk itu, silahkan ikuti cara install SSH Keys di VPS berikut ini.

Cara Install SSH Keys di VPS

Sebelum membuat private key dan public key, pastikan kamu tahu cara menggunakan Terminal Linux dan PuTTy terlebih dahulu. Mengapa? Karena semua step pada panduan ini akan dilakukan via konsol. Adapun cara install SSH Keys di VPS yaitu:

1. Membuat Private Key dan Public Key

Pertama-tama kamu harus membuat SSH Key terlebih dahulu. SSH Key sering juga disebut dengan RSA Key karena SSH menggunakan teknologi kriptografi asimetris RSA. Dikutip dari Wikipedia, RSA adalah sebuah algoritma pada enkripsi public key yang cocok untuk digital signature dan sering digunakan pada ecommerce. RSA memiliki 3 tahapan yaitu pembuatan kunci (key), enkripsi pesan dan dekripsi pesan. Nah, yang ingin dilakukan kali ini yaitu pembuatan kunci Private Key dan Public Key terlebih dahulu. Pembuatan Private Key dan Public Key ini dilakukan di komputer kamu ya!
Silahkan buka terminal lalu ketik:

ssh-keygen -t rsa

cara install ssh keys di vps

Silahkan tekan “enter” saja hingga proses pembuatan kunci (key) selesai. Setelah selesai terdapat informasi:
Your identification has been saved in /home/userkamu/.ssh/id_rsa
Di dalam id_rsa tersebut bisa kamu temukan private key.

Your public key has been saved in /home/userkamu/.ssh/id_rsa.pub
Di dalam id_rsa.pub tersebut bisa kamu temukan public_key

2. Menyalin public_key ke VPS

Nah agar VPS mengenal komputer yang telah di set tadi, maka kamu harus menyalin (copy) public_key ke VPS dengan perintah:

ssh-copy-id root@IP_Address_VPS
cara install ssh keys di vps

Kemudian masukkan password VPS kamu. Tunggu sebentar hingga proses selesai.
Di sana terdapat informasi bagaimana kamu bisa melakukan SSH ke VPS.

3. Melakukan Remote VPS

Sekarang saatnya meremote VPS! Untuk meremote VPS, silahkan baca Cara Remote SSH. Pada contoh tertulis ssh root@103.56.207.70. Nah itu yang harus kamu tulis untuk meremote SSH! Silahkan tulis ssh

root@IP_Address_VPS

Kesimpulan

Agar mudah dalam melakukan SSH ke server, kamu bisa menggunakan public_key dan private_key. Silahkan ikuti cara install SSH Keys di VPS agar kamu tidak perlu memasukkan password terlebih dahulu. Di VPS, kamu dapat membuat web server sendiri dengan bantuan LAMP. Silahkan baca panduan Cara Install LAMP di VPS. Jika ada masalah, jangan ragu untuk menghubungi Tim Support DomaiNesia ya. Kami siap membantu 🙂


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!