• Home
  • Berita
  • Apa itu Developer? Mengenal 10+ Perbedaan tentang Developer IT Mudah

Apa itu Developer? Mengenal 10+ Perbedaan tentang Developer IT Mudah

Oleh Ayoni Sulthon

apa itu developer? developer adalah sebuah perusahaan, atau usaha yang menciptakan sebuah produk baru seperti komputer atau software.
Developer juga bisa membuat berbagaimacam aplikasi, seperti game online, SAP, website dan masih banyak lagi.

Apa itu developer software?

Dalam dunia IT ada istilah developer yang umumnya digunakan bagi seseorang yang bekerja dalam lingkungan IT. Lalu, apa itu developer software? Developer software adalah orang yang bertugas untuk menciptakan serta merancang software. Namun, banyak orang yang menganggap developer dan programmer adalah satu jenis pekerjaan yang dilakukan oleh satu orang saja.

apa itu developer

Dengan kata lain programmer sama dengan developer. Jadi, sebenarnya apa itu developer software? Apakah berbeda dengan programmer, atau sebenarnya adalah dua hal yang sama? Mari lihat ulasan dibawah ini agar anda memahami keduanya dengan baik.

Developer Software

Apa itu developer software? Developer software memiliki posisi lebih tinggi dari seorang programmer. Karena artian dari apa itu developer adalah seorang programmer yang sudah terlatih untuk dapat membangun sebuah sistem, dan ditambah lagi mereka pasti memahami bahasa pemrograman.

Rutinitas dan job desk dari apa itu developer umumnya sudah berpengalaman menyelesaikan berbagai jenis permasalah dalam dunia IT dan memiliki sistem kerja yang lebih terstruktur, serta disiplin jika dibandingkan dengan programmer.

Seorang developer biasanya memiliki beberapa jenis tugas, seperti merancang koding secara efisien, merancang website dengan koding standar HTML, bekerja bersama para desainer website, dan programmer dalam mendesain sebuah website, meng-install update serta melakukan pemeliharaan terhadap sebuah website.

Bahkan profesi tersebut juga bertugas dalam mengelompokkan berbagai macam program software, memberikan solusi ketika sebuah website tidak dapat berfungsi dengan baik atau website down, hingga menjadi pemimpin sebuah tim yang dibentuk untuk menyelesaikan sebuah program software baru.

Apa itu developer software

Tugas dari apa itu developer software yakni dituntut untuk dapat bekerja sama dengan tim, dan client. Namun, developer software juga diharapkan mampu untuk bekerja secara individu dengan pengawasan yang minimal. Selain itu para developer harus mengerjakan tugasnya hingga selesai karena umumnya proyek yang dikerjakan memakan waktu yang relatif lama.

Sebagai developer software kamu diharuskan dapat melakukan beberapa tugas, dan menyelesaikan beberapa masalah dalam satu waktu. Ditambah lagi, kamu harus mampu mendapatkan solusi dari masalah-masalah yang kamu hadapi, dan dapat menyelesaikannya secara logis.

Terakhir, sebagai developer software kamu juga diharuskan untuk berorientasi pada detail. Detail sangat penting karena jika terjadi kesalahan dalam penulisan koding, maka sebuah program akan menjadi kacau.

Lalu, apakah ada jenjang karir jika kamu bekerja menjadi developer software? Tentu ada. Jika kamu bekerja menjadi seorang developer software kamu akan bisa menjadi senior software developer.

Keuntungan menjadi senior software developer adalah kamu dapat memilih untuk menjadi software architect atau bahkan engineering manager. Walaupun tidak semua perusahaan dapat memberikan jenjang seperti ini, terlebih jika perusahaan tersebut berada di Indonesia.

Di beberapa perusahaan, jika kamu sudah memegang posisi engineering manager atau software architect maka kamu akan dapat meningkatkan posisi menjadi director atau bahkan project manager.

Namun, kembali lagi bahwa nama-nama posisi tersebut dapat berubah sesuai dengan ketentuan sebuah perusahaan tempat kamu bekerja.

Perlu diingat juga bahwa sebagai seorang developer software, kamu harus dapat menyelesaikan tugas-tugas yang rumit dan kompleks. Kompetisi dalam dunia IT ini dinilai juga sangat keras dan perusahaan besar hanya menginginkan kandidat yang benar-benar mampu bertanggung jawab, serta dapat menyelesaikan tugas yang diberikan secara baik.

Umumnya, perusahaan-perusahaan lebih memilih kandidat yang setidaknya memiliki pengalaman bekerja selama 2-3 tahun dalam dunia IT dan memiliki gelar ilmu komputer, sistem informasi, software engineering, atau matematika.

Namun, bagi kamu yang memiliki pengalaman kurang dari 2 tahun, masih tetap bisa melamar ke perusahaan-perusahaan kecil yang sedang berkembang dan bahkan beberapa masih menerima lulusan teknik elektro. Setelah memahami apa itu developer software, mari simak pengertian programmer di bawah ini.

programer

Perbedaan Apa Itu Developer dengan Programmer

Berbeda dengan arti apa itu developer yang dianggap sebagai “paket lengkap” dalam dunia IT, programmer adalah orang yang umumnya memahami bahasa pemrograman. Programmer biasanya akan memberikan input bahasa pemrograman yang akan mengubah desain sebuah website menjadi satu rangkaian perintah yang dapat dipahami oleh komputer setelah developer software selesai mendesain sebuah program.

Umumnya programmer hanya bekerja sendiri tidak dalam satu tim. Tugas-tugas seorang programmer yang biasanya juga ada pada tugas dari apa itu developer diantaranya:

  • Membentuk, menguji, dan menciptakan sebuah program komputer dalam beberapa komputer atau aplikasi-aplikasi sistem operasi.
  • Membantu menciptakan sebuah sistem informasi (IS) baru yang berbasis website.
  • Mendesain, menguji, dan membangun sistem komputer otomatis.
  • Melakukan review terhadap sebuah program secara berkelanjutan, dan membuat penilaian yang bertujuan untuk memperbaiki, atau mempertahankan kondisi sebuah program.
  • Melakukan pengujian, dan memodifikasi koding untuk memastikan kualitas kerja sebuah program.
  • Membuat, dan menampilkan diagram teknis untuk mendukung kinerja koding.
  • Menggabungkan fungsi baru dengan aplikasi yang sudah tercipta.

Oleh sebab itu, agar kamu menjadi seorang programmer yang sukses, kamu harus mampu memahami instruksi tertulis, dapat memecahkan suatu permasalahan dengan baik, memiliki cara berpikir kritis, aktif mendengarkan instruksi dari client maupun pimpinan, serta berorientasi pada detail. Sekitar 329.000 penduduk dunia sudah menjadi programmer pada tahun 2014.

Namun, sayangnya prospek pekerjaan sebagai programmer ini diprediksi tidak baik karena akan terjadi outsourcing di berbagai negara yang memberikan upah lebih rendah jika dibandingkan dengan Amerika Serikat. Hal tersebut menyebabkan terjadinya penurunan pada pekerjaan ini hingga tahun 2024.

Perbedaan Apa Itu Developer Software dengan Software Engineer

Setelah membahas perbedaan dengan apa itu developer, dan programmer yang pekerjaannya hampir berkaitan satu sama lain, ada satu pekerjaan lain yang juga hampir mirip dengan developer software yaitu software engineer. Software engineer memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab seperti:

  • Berhubungan secara langsung dengan client dalam proses pengerjaan sebuah software.
  • Merancang, menguji, serta menciptakan sebuah sistem atau aplikasi sesuai dengan permintaan client.
  • Menciptakan sebuah koding untuk sistem atau aplikasi dengan cara membuat diagram atau model bersama dengan developer software.
  • Menyediakan dokumentasi terhadap sebuah sistem atau aplikasi yang telah dibuat secara jelas sebagai bentuk pertanggungjawaban saat proses maintenance.
  • Melakukan pemeliharaan software secara berkelanjutan dan memperbaiki software tersebut jika terjadi masalah.
  • Melakukan kolaborasi dengan developer software, dan software engineer

Apa itu developer software

Walaupun developer software, dan software engineer memiliki tugas yang sama, namun tanggung jawab keduanya berbeda. Software engineer adalah merupakan sebuah pintu atau awal dari dimulainya sebuah proyek.

Tanpa adanya engineer, proyek tidak akan sampai kepada seorang developer. Maka dari itu, apa itu developer dalam konteks   ini adalah orang yang melanjutkan tugas engineer sampai selesai, baik melalui bantuan seorang programmer atau tidak sama sekali.

Namun tugas engineer tidak berarti selesai setelah menyerahkan tugasnya kepada developer, engineer tetap akan memantau, dan memberikan masukan kepada developer agar hasil yang dibuat menjadi lebih baik.

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO and Digital Marketing.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!