Home  »  Virtual Server   »   Cara Install phpMyAdmin di VPS

Cara Install phpMyAdmin di VPS

Last Update:

cara install phpmyadmin di vps
phpMyAdmin adalah salah satu software yang digunakan untuk pengelolaan database MySQL. Menurut Wikipedia, phpMyAdmin adalah suatu perangkat lunak yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang berfungsi untuk menangani adminstrasi MySQL. Dengan phpMyAdmin, kamu bisa membuat database, mengelola tabel, mengelola user dan permission bahkan melakukan query database MySQL secara mudah dan cepat. Jadi, kamu tidak perlu melakukan pengelolaan database secara manual. Adapun beberapa fitur phpMyAdmin yaitu memiliki user interface berbasis web sehingga lebih mudah, melakukan impor data dari CSV, dapat melakukan ekspor data ke berbagai format, membuat grafik PDF dari tampilan database bahkan membuat query kompleks. Untuk itu, phpMyAdmin menjadi salah satu hal wajib yang perlu kamu instal di VPS! Mau tahu caranya? Silahkan ikuti cara install phpMyAdmin di VPS step by step berikut. Belum punya VPS? Yuk cek VPS Murah DomaiNesia. Mulai 100 ribu perbulan, kamu bisa mendapatkan VPS dengan kapasitas 10 GB SSD.

Cara Install phpMyAdmin di VPS

Adapun cara install phpMyAdmin di VPS yaitu,

1. Akses VPS via SSH

Pertama-tama silahkan lakukan akses VPS via SSH. Bagaimana caranya? Kamu bisa ikuti cara remote VPS via SSH yang sudah tersedia di panduan website komplit. Pastikan kamu akses SSH di VPS menggunakan login root ya!

ssh root@IP VPS

2. Melakukan Install phpMyAdmin

Setelah berhasil masuk ke VPS, sekarang saatnya melakukan install phpMyAdmin. Yang perlu kamu lakukan adalah menulis perintah berikut lalu enter,

Ubuntu/ Debian

sudo apt-get install phpmyadmin
CentOS
yum install phpmyadmin

Pada pertengahan instalasi, kamu disuruh untuk menentukan web server yang digunakan. Jika kamu menggunakan Apache2, silahkan beri tanda bintang pada Apache2. Caranya, tekan tombol space pada keyboard lalu pilih Ok. Untuk berpindah ke “Ok” silahkan tekan tab pada keyboard kemudian enter.

cara install phpmyadmin di vps

Kemudian, jika ada pertanyaan “Configure database for phpmyadmin with dbconfig-common?” silahkan pilih “Yes”. Itu artinya, semua konfigurasi dalam phpmyadmin akan disesuaikan dengan data dbconfig-common pada MySQL.

cara install phpmyadmin di vps

Setelah itu, silahkan isi password phpMyadmin

cara install phpmyadmin di vps

Tulis ulang password phpMyAdmin kembali

cara install phpmyadmin di vps

Tunggu hingga proses instalasi selesai.

3. Instalasi phpMyAdmin Berhasil!

Jika sudah, silahkan buka web browser kemudian tuliskan alamat IP VPS/ phpmyadmin.

IP_Address_VPS/phpmyadmin

Maka akan muncul tampilan seperti ini.

cara install phpmyadmin di vps

Pada kolom Username, silahkan diisi dengan “root”. Pada kolom Password, silahkan diisi dengan password yang tadi telah diisikan pada saat proses instalasi berlangsung. Voila! Proses install phpMyAdmin di VPS sudah selesai! Sekarang kamu bisa melakukan pengelolaan database dengan mudah.

cara install phpmyadmin di vps

Kesimpulan

Agar lebih mudah dalam pengelolaan MySQL, kamu bisa menggunakan phpMyAdmin. Kamu bisa membuat tabel, memasukkan data dan melakukan query dengan mudah. Buat kamu yang hanya memiliki hosting, kamu juga bisa install phpMyAdmin lho! Silahkan baca Cara Install phpMyAdmin di Hosting. Jika lupa password atau username website WordPress, kamu hanya perlu ubah lewat phpMyAdmin saja! Silahkan baca Cara Mengubah Password WordPress Melalui phpMyAdmin. Butuh bantuan? Silahkan hubungi Tim Support DomaiNesia!

Baca Juga: Cara Install MySQL di VPS


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!