Home  »  Virtual Server   »   Cara Install MySQL di VPS

Cara Install MySQL di VPS

Last Update:

MySQL adalah salah satu jenis database yang cukup terkenal dikalangan masyarakat. Menurut Insight Stackoverflow, database MySQL digunakan sekitar 55,6% developer pada tahun 2017. Selain mudah digunakan, MySQL juga dapat kamu dapatkan secara gratis! Nah, MySQL juga bisa kamu install di VPS dengan mudah lho! Biasanya instalasi MySQL bersamaan dengan Apache2, dan PHP atau biasa disingkat dengan LAMP (Linux, Apache, MySQL, dan PHP). Bagaimana cara install MySQL di VPS? Silahkan ikuti panduan ini step by step ya.

Cara Install MySQL di VPS

Adapun cara install MySQL di VPS yaitu sebagai berikut:

1. Akses VPS via SSH

Sebelum mengikuti cara install let’s encrypt, silahkan lakukan akses VPS via SSH. Adapun caranya silahkan ikuti cara remote VPS via SSH. Pastikan kamu akses SSH di VPS menggunakan login root ya!

ssh root@IP VPS

2. Melakukan Install MySQL

Setelah berhasil meremote VPS, kamu bisa lakukan instalasi MySQL. Adapun cara melakukan instalasi MySQL yaitu,

Ubuntu/ Debian

sudo apt-get install mysql-server
CentOS
yum install mysql-server

Tunggu hingga proses instalasi MySQL selesai. Di tengah-tengah instalasi, kamu harus memasukkan password database MySQL untuk username “root”. Silahkan masukkan password yang diinginkan. Untuk berpindah ke “Ok” silahkan gunakan tab pada keyboard lalu enter.

cara install mysql di vps

Kemudian tulis ulang password MySQL yang tadi ditulis. Sekali lagi, untuk berpindah ke “Ok” kamu tidak bisa menggunakan pointer. Silahkan klik tab, maka akan berpindah sendirinya. Kemudian tekan Enter. Tunggu hingga proses instalasi selesai! Pastikan kamu memiliki koneksi internet ya DomaiNesians!

cara install mysql di vps

Uji Coba MySQL di VPS

Setelah proses install MySQL selesai, kamu bisa lakukan uji coba. Apakah MySQL bisa digunakan atau tidak. Silahkan tulis perintah berikut,

mysql -u root -p

Tunggu sebentar maka akan muncul seperti gambar berikut ini. Itu artinya, MySQL berhasil terinstall di VPS. Sebenarnya, kamu bisa langsung melakukan query disini. Seperti melakukan SELECT, DROP, ALTER dan sebagainya. Namun, untuk bisa melakukan query langsung di konsol diperlukan pengetahuan lebih tentang database. Karena, jika query salah maka bisa fatal akibatnya. Untuk meminimalisir kesalahan, biasanya developer menggunakan bantuan phpMyAdmin. Untuk mengakses phpMyAdmin, silahkan ikuti Cara Install phpMyAdmin di VPS terlebih dahulu ya. Untuk keluar dari mode MySQL, silahkan ketik

exit

cara install mysql di vps

Kesimpulan

Cara install MySQL di VPS sangatlah mudah. Kamu bisa langsung akses VPS melalui SSH kemudian eksekusi perintah install MySQL. Buat pemilik Hosting, kamu tidak perlu melakukan instalasi MySQL secara manual. Karena, semua Web Hosting Terbaik di DomaiNesia sudah support MySQL. Kamu bisa membuat database MySQL di Hosting dengan mudah. Pengen tahu cara order VPS tapi takut biaya mahal? Tenang saja! Kamu bisa dapatkan VPS Indonesia Murah di DomaiNesia. Silahkan ikuti Cara Order VPS Murah.

Baca Juga: Panduan VPS Untuk Pemula


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!