Cara Reset Password MySQL di VPS

Oleh Mutiara Auliya
No ratings yet.

Hi DomaiNesians! MySQL adalah salah satu database yang paling banyak digunakan dalam website. Menurut Insight Stackoverflow, database MySQL digunakan sekitar 55,6% developer pada tahun 2017. MySQL digemari karena populer, mudah digunakan dan free! DomaiNesia telah memiliki panduan cara install MySQL di server yang dapat kamu aplikasikan pada VPS. Nah bagaimana jika kamu tiba-tiba lupa password MySQL? Jangan panik. Pada panduan kali ini akan dijelaskan cara reset password MySQL di VPS. Tentu saja kamu harus bisa melakukan SSH ke VPS terlebih dahulu ya. Karena langkah-langkah pada panduan ini akan dilakukan via terminal/ konsol.

Cara Reset Password MySQL di VPS

Pada panduan kali ini MySQL disebut dengan MariaDB. Karena sejak diakusisi oleh Oracle, MySQL berubah nama menjadi MariaDB. Adapun cara reset password MySQL di VPS yaitu,

1. Akses VPS via SSH

Sebelum mengikuti cara reset password MySQL di VP, silahkan lakukan akses VPS via SSH. Adapun caranya silahkan ikuti cara remote VPS via SSH. Pastikan kamu akses SSH di VPS menggunakan login root ya!

2. Mengaktifkan Previledge Login Tanpa Password

Setelah berhasil login ke VPS, kamu dapat melakukan stop service MariaDB lalu mengaktifkan previledge login tanpa password terlebih dahulu. Untuk melakukan stop service MariaDB kamu dapat ikuti,

Kemudian lakukan perintah,

3. Login Root pada Database

Setelah itu silakan login root MariaDB di server dengan perintah,

4. Melakukan Reset Password MySQL

Sekarang saatnya melakukan reset password MySQL dengan menjalankan perintah dibawah ini. Silakan isi passwordsaya dengan password yang kamu inginkan.

Jika terjadi error, silakan lakukan perintah berikut:

5. Melakukan Restart Service MySQL

Setelah berhasil melakukan reset password MySQL, jangan lupa lakukan restart service MySQL dengan perintah,

5. Melakukan Pengecekan

Jika sudah dilakukan restart, coba sekarang cek passwordnya dengan perintah,

lalu masukkan passwordnya.

Kesimpulan

Jika di hosting, kamu dapat melakukan reset password MySQL dengan mudah melalui cPanel. Sedangkan di VPS, kamu harus melakukannya via konsol. namun sebagai pemula jangakn khawatir, kamu dapat mengikuti panduan cara reset password MySQL di VPS. Agar website yang ada di VPS kamu lebih aman, jangan lupa install SSL juga ya. Kamu juga bisa lho menambahkan SSL Lets Encrypt di VPS, gratis! Yuk ikuti Cara Install Lets Encrypt di VPS.

Mutiara Auliya

Hi! I am Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!