Cara Reset Password User MySQL di Hosting

Oleh Mutiara Auliya
No ratings yet.

Hi DomaiNesians! Kamu sudah tahu cara membuat database MySQL di Hosting kan? Pada saat pertama kali membuat database MySQL, pastinya kamu menuliskan user dan password MySQL. User dan password MySQL ini nantinya digunakan untuk sinkronisasi website dengan database. Lalu, bagaimana jika lupa password MySQL? Tenang saja. Kamu bisa lakukan reset password melalui cPanel Hosting DomaiNesia.Nah pada panduan kali ini akan dijelaskan cara reset password user MySQL di Hosting.

Cara Reset Password User MySQL di Hosting

Adapun cara reset password user MySQL di Hosting yaitu,

1. Login cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Bagi anda yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Mudah Login cPanel Hosting.

Cara Menghapus Database MySQL

2. Memilih MySQL Databases

Setelah berhasil login, silahkan ketik “MySQL” pada kolom pencarian. Untuk melakukan reset password user MySQL di Hosting, silahkan pilih menu MySQL Databases saja agar lebih mudah.

Cara Menghapus Database MySQL

3. Melakukan Reset Password User MySQL

Setelah masuk ke menu MySQL Database, silakan scroll hingga ke bagian bawah pada bagian Current Users. Nah, pada bagian ini kamu dapat memilih user yang ingin dilakukan reset password. Silakan pilih user lalu klik Change Password.
Cara Reset Password User MySQL di Hosting
Jika sudah, kamu dapat menuliskan password yang baru. Pastikan password harus lebih dari 10 karakter, lengkap dengan huruf kecil, huruf kapital dan karakter. Untuk bagaimana password aman, bisa cek Cara Agar Password Aman. Jika sudah, silakan klik Change Password.

Cara Reset Password User MySQL di Hosting
Apabila sudah selesai, maka akan ada notifikasi seperti berikut ini yang artinya password telah diperbarui. Kamu bisa klik OK.
Cara Reset Password User MySQL di Hosting

4. Reset Password User MySQL Berhasil!

Yeay! Reset password user MySQL di Hosting berhasil! Sekarang kamu dapat melakukan sinkronisasi database di hosting. Pastikan nama database, nama user database dan passwordnya benar ya.

Kesimpulan

Cara reset password user MySQL di Hosting sangatlah mudah. Jadi apabila kamu tiba-tiba lupa password, jangan khawatir ya. Kamu bisa hapus dan reset password melalui hosting. Untuk dapat melakukan sinkronisasi database, bisa ikuti Cara Upload Website ke Hosting ya.

Mutiara Auliya

Hi! I am Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!