Cara Install Apache di Ubuntu (VPS)

Oleh Mutiara Auliya
5/5 (2)

Hi DomaiNesians! Sudah tahu apa itu web server kan? Nah, pada panduan ini akan dijelaskan cara install apache di Ubuntu. Pastikan sebelum mengikuti panduan ini, kamu menggunakan sistem operasi Ubuntu ya di VPS. Karena jika kamu menggunakan sistem operasi lain, ada beberapa langkah yang kurang sesuai. Dan satu lagi, pastikan kamu sudah tau dasar-dasar Linux ataupun cara remote VPS ya.

Baca Juga: Tutorial VPS Untuk Pemula

Cara Install Apache di Ubuntu

Adapun cara install apache di ubuntu yaitu,

1. Akses VPS melalui SSH

Silakan akses VPS kamu melalui SSH. Remote VPS dapat dilakukan melalui Terminal di Linux ataupun PuTTy di Windows. Silakan masukkan IP Address VPS dan password kamu. Jika belum mengerti, bisa cek Panduan Remote VPS.

Tips: Setelah lakukan SSH ke VPS, selalu lakukan update repository terlebih dahulu ya. Update repository ini bertujuan agar sistem operasi kamu fresh dan software didalamnya memiliki versi terbaru. Untuk sistem operasi Ubuntu silakan tulis perintah apt-get update pada terminal lalu enter.

2. Instal Apache2 di VPS

Tulis,

Kemudian tunggu sebentar hingga proses instalasi selesai.

3. Cek Apakah Service Sudah Jalan

Untuk melakukan pengecekan apakah service Apache2 sudah jalan atau belum, kamu bisa tuliskan perintah berikut. Jika sudah OK, artinya Apache berhasil diinstal di VPS.

Cara install Apache di Ubuntu

4. Start, Stop dan Restart Apache2

Untuk menghidupkan service Apache silakan tulis,

Jika ingin mematikan service Apache silakan tulis,

Untuk merestart Apache silahkan tulis,

Proses restart biasanya dibutuhkan ketika kamu mengganti beberapa konfigurasi dari apache. Jika ingin dijalankan, pastikan selalu lakukan start atau restart.

5. Mengubah Server Name di VPS

Agar terarah ke VPS, maka kamu harus mengubah Server Name yang ada di file konfigurasi Apache atau Httpd. Adapun caranya yaitu masuk ke folder /etc/apache2/ menggunakan perintah,

Kemudian untuk melihat isi folder silahkan menggunakan perintah ls. Maka akan muncul file apache2.conf

Cara install Apache di Ubuntu

Untuk mengubah Server Name, kamu bisa menggunakan editor seperti nano atau vim. Silakan tulis perintah

Maka akan muncul isi file apache.conf. Pada bagian Global configuration terdapat tulisan ServerName. Pastikan kamu menghilangkan tanda pagar (#) di depan tulisan ServerName lalu isikan IP Address VPS. Lalu save. Jika tidak ada tulisan Server Name, silakan tambahkan sendiri ya.

Cara install Apache di Ubuntu

Jika sudah selesai, jangan lupa restart kembali service Apache2 ya agar konfigurasi web server dapat berjalan.

*Catatan: Jika menggunakan nano, maka silahkan klik kanan paste. Kemudian save dengan cara menekan ctrl+x lalu tekan “Y” dan enter.

6. Instalasi Apache di Ubuntu Berhasil!

Yeay! Panduan cara install Apache di Ubuntu telah selesai. Sekarang kamu bisa menggunakan web server Apache untuk membangun website.

Kesimpulan

Bagaimana? Mudah kan? Cara install Apache di ubuntu ini dapat kamu lakukan untuk membangun web server di VPS. Setelah ini, kamu bisa install PHP, MySQL beserta phpMyAdmin nya ya.

Mutiara Auliya

Hi! I am Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!