Home  »  Virtual Server   »   Cara Install Web Server di VPS

Cara Install Web Server di VPS

Last Update:

cara install web server di vps

Introduction

Hi DomaiNesians! Pernah nggak kamu berpikir gimana sih website bisa online? Bagaimana mungkin suatu file website bisa diakses oleh banyak orang melalui internet? Nah, itu semua bisa terjadi berkat adanya web server. Apa itu web server? Bagaimana web server bisa berpengaruh terhadap website? Adakah cara install web server di VPS yang cocok untuk pemula? Coba ikuti panduan berikut ini.

Tahap Persiapan


Sebelum memulai panduan ini, kamu perlu membaca beberapa panduan seperti Apa itu VPS agar lebih mengerti tentang seluk beluk VPS. Lalu kamu juga perlu tahu Cara Remote VPS via SSH agar dapat mengikuti cara install web server di VPS step by step. Kamu juga perlu membaca 10 Perintah Linux Yang Harus Kamu Tahu agar lebih mudah dalam memahami panduan.

Tujuan


Mengetahui cara install web server Apache dan Nginx di VPS

Apa itu Web Server?

Dikutip dari Wikipedia, Web Server merupakan sistem komputer yang melakukan proses request HTTP (salah satu protokol network yang berguna untuk mendistribusikan informasi pada World Wide Web). Intinya web server akan memberikan service atau layanan kepada web browser client seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, Internet Explorer dan sebagainya. Agar mereka bisa menampilkan halaman website yang diminta oleh user.

Cara Kerja Web Server

Web Server pada dasarnya berfungsi untuk menerima data dari browser (client) dan mengirimkan kembali data tersebut. Web server terletak pada komputer server (Hosting) sedangkan web browser terletak pada komputer user. Nah, Di dalam komputer server tersimpan file-file website yang nantinya diakses oleh user. Jadi, ketika user mengakses halaman website yang ada di komputer server, maka web browser akan mengirimkan HTTP Request ke web server. Kemudian, web server akan mencari halaman yang diminta. Jika ada, maka web server akan mengirimkan HTTP Response ke web browser.

404 Not Found

Sering mengalami hal ini ketika membuka halaman website? Hal itu terjadi jika web server tidak menemukan file yang diminta oleh web browser. Sehingga web browser akan menampilkan 404 Not Found.

Macam- Macam Web Server

Ada berbagai macam web server yang bisa kamu pilih. Antara lain Apache, Nginx, Apache Tomcat, Lighttpd, Microsoft Internet Informations Services (IIS), Litespeed dan masih banyak lagi. Pada panduan kali ini akan dijelaskan cara install web server di VPS menggunakan 2 web server yang sering digunakan. Kedua web server tersebut yaitu Nginx dan Apache.

Cara Install Apache di VPS

1. Akses VPS Via SSH

Untuk melakukan instalasi dan kontrol terhadap VPS, kamu harus melakukan SSH ke VPS. Adapun caranya silahkan ikuti panduan remote VPS via SSH. Pastikan kamu akses SSH menggunakan hak akses root.

2. Install Apache di VPS

Pada panduan kali ini akan digunakan Apache2 sebagai web server. Untuk itu, silahkan tulis,

Kemudian tunggu sebentar hingga proses instalasi selesai.

3. Pengecekan Proses Instalasi

Untuk mengecek apakah proses instalasi berhasil atau tidak, silahkan tulis

4. Melakukan Start, Stop dan Restart

Service dari web server ini bisa kamu start, stop dan restart.
Untuk menghidupkan service Apache silahkan tulis

Jika ingin mematikan service Apache silahkan tulis

Untuk merestart Apache silahkan tulis

Proses restart biasanya dibutuhkan ketika kamu mengganti beberapa konfigurasi dari apache.

5. Mengubah Server Name

Agar terarah ke VPS, maka kamu harus mengubah Server Name yang ada di /etc/apache2/apache2.conf.
Silahkan masuk ke folder /etc/apache2/ menggunakan perintah

Kemudian untuk melihat isi folder silahkan menggunakan perintah ls. Maka akan muncul file apache2.conf

Untuk mengubah Server Name, kamu bisa menggunakan editor seperti nano atau vim. Silahkan tulis perintah

Maka akan muncul isi file apache.conf. Pada bagian Global configuration terdapat tulisan ServerName. Pastikan kamu menghilangkan tanda pagar (#) di depan tulisan ServerName lalu isikan IP Address VPS. Lalu save.


*Catatan: Jika menggunakan nano, maka silahkan klik kanan paste. Kemudian save dengan cara menekan ctrl+x lalu tekan “Y” dan enter.

Yeay! Web server apache berhasil terinstal di VPS kamu!

Cara Install Nginx di VPS

1. Akses VPS Via SSH

Untuk melakukan instalasi dan kontrol terhadap VPS, kamu harus melakukan SSH ke VPS. Adapun caranya silahkan ikuti panduan remote VPS via SSH. Pastikan kamu akses SSH menggunakan hak akses root.

2. Install Nginx di VPS

Untuk melakukan instalasi Nginx di VPS, silahkan tulis perintah,

3. Pengecekan Proses Instalasi

Untuk mengecek apakah proses instalasi Nginx berhasil atau tidak, silahkan tulis

4. Melakukan Start, Stop dan Restart

Service dari web server ini bisa kamu start, stop dan restart.
Untuk menghidupkan service Nginx silahkan tulis

Untuk mematikan service Nginx silahkan tulis

Jika ingin merestart Nginx silahkan tulis

Proses restart biasanya dibutuhkan ketika kamu mengganti beberapa konfigurasi dari Nginx.

Yeay! Sekarang web server nginx berhasil terinstall di VPS kamu!

Catatan

Setiap server hanya bisa menggunakan 1 web server saja. Jadi pastikan, jika kamu ingin menggunakan Apache2 sebagai web server, maka selalu stop service Nginx!

Kesimpulan

Web server merupakan suatu service yang akan melayani permintaan data antara browser dan komputer server. User akan mengakses halaman website via browser, kemudian web server akan mencarikan halaman tersebut di komputer server. Bolak-balik begitu seterusnya. Ada 2 web server yang paling terkenal yaitu Apache dan Nginx. Kamu bisa melakukan install Apache dan Nginx di VPS kamu dengan mudah. Tertarik menggunakan VPS Murah DomaiNesia? Yuk cek aja VPS Murah Indonesia.

Baca Juga: Cara Install SSL di VPS


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!