Cara Install Web Server di VPS

Oleh Mutiara Auliya
5/5 (2)

Hi DomaiNesians! Pernah nggak kamu berpikir gimana sih website bisa online? Bagaimana mungkin suatu file website bisa diakses oleh banyak orang melalui internet? Nah, itu semua bisa terjadi berkat adanya web server. Apa itu web server? Bagaimana web server bisa berpengaruh terhadap website? Adakah cara install web server di VPS yang cocok untuk pemula? Coba ikuti panduan berikut ini. Jika belum punya VPS, dapatkan VPS murah hanya di DomaiNesia!

Tahap Persiapan

Sebelum memulai panduan ini, kamu perlu membaca beberapa panduan:

  1. Apa itu VPS agar lebih mengerti tentang seluk beluk VPS.
  2. Tutorial VPS Untuk Pemula agar lebih tahu proses pengelolaan VPS yang dapat dilakukan.
  3. Cara Remote VPS via SSH agar dapat mengikuti cara install web server di VPS step by stepnya. Karena cara install web server ini akan dilakukan via konsol.
  4. 10 Perintah Linux Yang Harus Kamu Tahu agar lebih mudah dalam memahami panduan ini dan lebih terbiasa dengan Linux berbasis konsol

Apa itu Web Server?

Dikutip dari Wikipedia, Web Server merupakan sistem komputer yang melakukan proses request HTTP (salah satu protokol network yang berguna untuk mendistribusikan informasi pada World Wide Web). Intinya web server akan memberikan service atau layanan kepada web browser client seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, Internet Explorer dan sebagainya. Agar mereka bisa menampilkan halaman website yang diminta oleh user.

Cara Kerja Web Server

Web Server pada dasarnya berfungsi untuk menerima data dari browser (client) dan mengirimkan kembali data tersebut. Web server terletak pada komputer server (Hosting) sedangkan web browser terletak pada komputer user. Nah, Di dalam komputer server tersimpan file-file website yang nantinya diakses oleh user. Jadi, ketika user mengakses halaman website yang ada di komputer server, maka web browser akan mengirimkan HTTP Request ke web server. Kemudian, web server akan mencari halaman yang diminta. Jika ada, maka web server akan mengirimkan HTTP Response ke web browser.

404 Not Found

Sering mengalami hal ini ketika membuka halaman website? Hal itu terjadi jika web server tidak menemukan file yang diminta oleh web browser. Sehingga web browser akan menampilkan 404 Not Found.

Macam- Macam Web Server

Ada berbagai macam web server yang bisa kamu pilih. Antara lain Apache, Nginx, Apache Tomcat, Lighttpd, Microsoft Internet Informations Services (IIS), Litespeed dan masih banyak lagi. Pada panduan kali ini akan dijelaskan cara install web server di VPS menggunakan 2 web server yang sering digunakan. Kedua web server tersebut yaitu Nginx dan Apache. Kamu bisa baca  Jenis Web Server Terbaik Untuk Pemula

Cara Install Web Server di VPS

Sebelum install Web Server di VPS, pastikan kamu sudah tentukan ingin menggunakan server VPS dengan sistem operasi Ubuntu atau CentOS. Karena, baik proses instalasi dan pengelolaannya berbeda ya. Setelah menentukan sistem operasi Ubuntu atau CentOS, kedua tentukan web server yang diinginkan. Kamu bisa gunakan Apache ataupun Nginx. Pada panduan ini akan dijelaskan install web server di VPS baik menggunakan Ubuntu ataupun CentOS.

VPS Ubuntu

Panduan ini ditujukan untuk user yang menggunakan VPS dengan sistem operasi Ubuntu. Berikut cara install web server VPS Ubuntu:

VPS CentOS

Panduan ini ditujukan untuk user yang menggunakan VPS dengan sistem operasi CentOS. Berikut cara install web server di VPS CentOS:

Catatan: Setiap server hanya bisa menggunakan 1 web server saja. Jadi pastikan, jika kamu ingin menggunakan Apache2 sebagai web server, maka selalu stop service Nginx terlebih dahulu.

Kesimpulan

Web server merupakan suatu service yang akan melayani permintaan data antara browser dan komputer server. User akan mengakses halaman website via browser, kemudian web server akan mencarikan halaman tersebut di komputer server. Bolak-balik begitu seterusnya. Ada 2 web server yang paling terkenal yaitu Apache dan Nginx. Kamu bisa melakukan install Apache dan Nginx di VPS kamu dengan mudah.

Baca Juga: Cara Install SSL di VPS

Mutiara Auliya

Hi! I am Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!