Cara Install Apache di CentOS (VPS)

Oleh Mutiara Auliya
5/5 (1)

Hi DomaiNesians! Kamu tim Apache atau tim Nginx? Kamu tim Ubuntu atau tim CentOS? Tenang-tenang! Semua panduan web server ada di DomaiNesia. Jadi kamu tidak perlu khawatir. Nah pada panduan kali ini akan dijelaskan cara install Apache di CentOS. CentOS adalah salah satu sistem operasi berbasis Linux yang populer di server. Pastikan kamu tahu cara remote VPS terlebih dahulu ya agar dapat masuk ke server via console dan melakukan tutorial ini.

Baca Juga: Cara Install Apache di Ubuntu

Cara Install Apache di CentOS

Adapun cara install apache di CentOS yaitu,

1. Akses VPS melalui SSH

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu akses ke VPS melalui konsole via SSH. Karena cara install Apache ini nanti semua menggunakan full command di servernya. Buat kamu yang belum terbiasa, bisa cek 10 Perintah Linux Yang Harus Kamu Tahu.

Tips: Setelah lakukan SSH ke VPS, selalu lakukan update repository terlebih dahulu ya. Update repository ini bertujuan agar sistem operasi kamu fresh dan software didalamnya memiliki versi terbaru. Untuk sistem operasi CentOS silakan tulis perintah yum update pada terminal lalu enter.

2. Instal Apache2 di VPS CentOS

Silakan tulis,

Silakan tunggu sebentar hingga proses instalasi selesai.

3. Cek Apakah Service Sudah Jalan

Untuk melakukan pengecekan apakah service Apache2 telah berjalan atau belum. Silakan tulis perintah berikut. Jika sudah OK, artinya Apache berhasil diinstal di VPS.

4. Start, Stop dan Restart Apache2

Untuk menghidupkan service Apache di CentOS, silahkan tulis

Untuk merestart Apache silahkan tulis

Jika ada perubahan pada konfigurasi, pastikan kamu melakukan restart service Apache terlebih dahulu.

Proses restart di CentOS biasanya dibutuhkan ketika kamu mengganti beberapa konfigurasi dari apache. Jika ingin dijalankan, pastikan selalu lakukan start atau restart.

5. Mengubah Server Name di VPS

Untuk menambahkan ServerName silakan akses perintah,

Silakan scroll ke bawah dan terdapat tulisan ServerName. Pastikan kamu menghilangkan tanda pagar (#) di depan tulisan ServerName lalu isikan IP Address VPS. Lalu save.

*Catatan: Jika menggunakan nano, maka silahkan klik kanan paste. Kemudian save dengan cara menekan ctrl+x lalu tekan “Y” dan enter.

6. Instalasi Apache di CentOS Berhasil

Yeay! Panduan cara install Apache di CentOS telah selesai. Instal Apache di VPS bertujuan agar kamu bisa membuat website di VPS. Salah satu syarat agar website dapat terpasang di server adalah dengan melakukan instalasi web server terlebih dahulu.

Kesimpulan

Cara instal Apache di CentOS telah selesai kamu lakukan. Setelah ini, kamu bisa langsung instal LAMPP di VPS ya. Setelah itu, baru tentukan website atau Content Management System apa yang ingin kamu pasang di VPS.

Mutiara Auliya

Hi! I am Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!