• Home
  • Tips
  • 10+ Jenis Perangkat Komputer dan Fungsinya

10+ Jenis Perangkat Komputer dan Fungsinya

Oleh Ayoni Sulthon
4.26/5 (46)

Apakah kamu mendapat tugas tentang apa saja jenis perangkat komputer? jika iya, DomaiNesia akan menjelaskan dengan detail apa saja perangkat komputer saat ini. Seperti yang kamu ketahui komputer tidak akan bisa berjalan tanpa adanya 3 komponen utama pada komputer yaitu hardware, software dan brainware.

Hardware adalah Perangkat keras atau elemen yang mewakili semua komponen fisik mesin. Sederhananya, jika kamu dapat melihat dan menyentuhnya, itu adalah perangkat keras.

Sedangkan software bisa diartikan sebagai suatu kumpulan program yang dibuat untuk memudahkan user, bisa berupa aplikasi ataupun jaringan yang melaksanakan perintah. Software berfungsi sebagai program perintah menjalankan sistem operasi. Contoh software utama adalah Windows 10, Windows 8, Windows Vista, Linux, IOS dan lain-lain.

Brainware adalah manusia yang mengoperasikan dan menjalankan komputer. Brainware adalah prioritas karena komputer Anda tidak bisa melakukan apa-apa jika tidak dijalankan oleh manusia.

Maka dari itu brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam pemakaian komputer. Lalu apa saja jenis dan contoh masing- masing pada perangkat komputer khususnya hardware? Yuk langsung simak artikel berikut ini!

Apa itu Perangkat Komputer (Hardware)?

Hardware adalah perangkat komputer yang dapat disentuh dan memiliki fungsi untuk menjalankan komputer. Setiap perangkat keras komputer atau hardware adalah objek fisik.

Sumber : envato

Itu dapat dibuat dari bahan yang berbeda, memiliki dimensi atau bentuk tertentu, dan melayani berbagai tujuan. Hardware dibagi menjadi empat bagian yaitu input device, output device, processing device dan storage device.

Baca Juga : Harga VPS Murah Indonesia

Perangkat Output

Perangkat output adalah komponen hardware yang digunakan untuk menampilkan data atau mencetak informasi yang telah diproses. Tiga komponen output pada umumnya adalah monitor, printer dan speaker.

Monitor

Monitor disebut juga sebagai VDU atau Visual Display Unit yang menjadi perangkat output utama dari komputer. Tampilannya berupa titik-titik yang membentuk gambar yang disebut piksel dan tersusun dalam bentuk seri empat. Ketajaman gambar yang tampil di monitor tergantung dari jumlah piksel dari luasan gambar.

Berdasarkan warna, monitor terbagi ke dalam dua jenis yaitu monokrom yang hanya menampilkan warna hitam putih dan monitor warna yang menapilkan gambar dalam berbagai warna. Berddasarkan jumlah piksel, monitor terbagi ke dalam beberapa jenis diantaranya CGA, MDA, HGA, EGA, VGA dan SVGA.

Printer

Printer adalah perangkat komputer dan fungsinya untuk mencetak hasil komputasi ke dalam sebuah kertas. Printer terbagi ke dalam dua macam, yatu printer impact yang berpita dan non-impact alias tanpa pita.

Printer tanpa pita semakin populer, baik printer laser maupun inkjet. Mesin printer inkjet banyak digunakan untuk mencetak tidak hanya di atas kertas namun juga kain atau media lebih besar.

Baca Juga: Kenali Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Perangkat Input

Perangkat input adalah alat untuk memasukkan data, informasi dan instrusi ke dalam komputer. Perangkat ini dikategorikan input device karena fungsinya bertujuan untuk memasukan perintah dan data, berbagai data bisa dimasukan dengan keybord dengan menekan tombol, dan menggerakan cursor dari mouse.

Keyboard

Keyboard adalah bagian perangkat input yang fungsinya memasukkan data secara manual. Tidak hanya alfabet dan angka, di keyboard ada juga tombol kunci fungsi, kunci kontrol dan karakter spesial. Pengguna bisa memahami fungsi dari setiap kunci saat digunakan. Saat tombol apapun ditekan, maka sinyal diproduksi dan membuat hasil tertentu. Keyboard paling populer adalah 101.

Jenis Perangkat Komputer dan Fungsinya

Mouse

Mouse adalah salah satu perangkat komputer dan fungsinya untuk mengontrol pergerakan kursor di tampilan layar. Objek kecil ini bisa digulir di permukaan datar dan keras. Saat menggerakan mouse, maka kursor di layar akan bergera ke arah yang sama. Mouse umumnya memiliki dua tombol yang masing-masing memiliki fungsi berbeda.

Jenis Perangkat Komputer dan Fungsinya

Baca Juga: VGA Adalah: Fungsi, Jenis, dan Perbedaannya dengan GPU

Perangkat Prosesor

Processing device atau perangkat proses adalah perangkat yang berguna untuk mengolah banyak data yang berasal dari perangkat masukan (Input device).
Beberapa contoh perangkat proses adalah CPU (Central Processing Unit), mother board, RAM, ROM, Hardisk.

Motherboard

Motherboard adalah papan yang menjadi pondasi penting bagi sebuah komputer. Biasanya, motherboard terleta di bagian belakang bawah komputer. Fungsi utama dari motherboard ialah menghubungkan komunikasi antara CPU, RAM dan semua komponen perangkat keras komputer. Sejak ditemukan tahun 1981, motherboard memiliki banyak perkembangan salah satunya informasi tambahan ATX.

Baca juga : cara membuat web

CPU (Central Processing Unit)

CPU merupakan bagian komputer yang berfungsi untuk menangani semua instruksi yang diterimanya baik dari hardware maupun dari software selama komputer digunakan. CPU berbentuk chip persegi di mana bagian bawahnya ada ratusan pin konektor. Komponen primer dari CPU adalah arithmetic logic untu yang menampilan matematika, logika dan hasil operasi secara langsung.

Graphics Processing Unit

GPU sering juga disebut video card yang berfungsi untuk menampilkan gambar maupun video. Untuk video card yang terpisah biasanya digunakan oleh para gamer agar grafisnya terintegrasi dan kualitasnya lebih baik. Karena saat komputer digunakan untuk game, suplai power dan RAM akan termakan jauh lebih banyak.

RAM

Selanjutnya adalah Random Access Memory yang orang sering menyebutnya dengan RAM. Alat ini adalah hardware yang dipakai untuk menyimpan informasi sementara yang nantinya akan diproses oleh processor.

RAM memiliki kecepatan proses yang sangat cepat, karena dipakai untuk menjalankan program software yang sedang berjalan, contohnya ketika kamu membuka aplikasi google chrome, maka RAM akan menyimpan data sementara yang selanjutnya diproses oleh CPU.

Perlu kamu ketahui bahwa jumlah RAM pada komputer berbanding lurus dengan kecepatan komputer memproses program, oleh sebab itu diperlukan ukuran RAM yang besar untuk menjalankan program-program yang berat. Seperti mengedit vidio, bermain game, dan mengedit gambar resolusi tinggi.

saat ini ada dua macam RAM yang dipakai di dunia IT, diantaranya adalah RAM Static Random Access Memory (SRAM) dan Dynamic Random Access Memory (DRAM).

RAM jenis SRAM biasanya digunakan dalam memori cache CPU, SRAM dirancang dengan memakai transistor tanpa kapasitor. Sehingga tanpa adanya kapasitor akan membuat SRAM anti kebocoran sehingga sistem tidak lagi melakukan refresh berkala.

SRAM dirancang juga untuk memakai desain cluster enam transistor, enam transistor ini dipakai untuk menyimpan setiap bit informasi sehingga lebih cepat dan aman.

Dengan desain yang kompleks ini menyebabkan harga SRAM jauh lebih mahal, namun harga yang kamu bayarkan akan sebanding lurus dengan kecepatan pada sistem komputer. Perlu kamu ketahui bahwa Chip  pada SRAM biaya pembuatan hampir 30x lebih mahal dibandingkan DRAM.

Dengan SRAM, memory yang disimpan akan hilang dengan sendirinya ketika daya di cabut, sehingga tidak perlu melakukan refresh setiap saat.

Akses acak pada SRAM juga menunjukkan jika memori bisa diakses, dibaca dan di tulis sesuai alamat data pada RAM.

Baca juga : hosting murah berkualitas dari Domainesia

Perangkat jaringan

Berikut ini komponen yang biasa digunakan untuk kepentingan jaringan komputer :

Router

Router adalah perangkat keras jaringan yang digunakan untuk mentransmisikan paket data dari jaringan internet hingga ke beberapa perangkat lain melalui proses routing. Proses routing adalah proses dimana paket data diteruskan dari satu dengan jaringan yang lain.

Hub

Hub biasa digunakan dalam jaringan lokal internet atau sering disebut dengan jaringan LAN. Hub bertugas untuk membagi jaringan dalam satu server yang sama.

Bridge

Seperti arti katanya, bridge adalah suatu jembatan. Bridge merupakan jembatan dalam jaringan yang menghubungkan jaringan lokal ke dalam jaringan lokal lainnya. Selain sebagai penghubung jaringan, bridge juga berfungsi sebagai pemecah jaringan dalam area lokal menjadi beberapa jaringan kecil.

Repeater

Repeater adalah komponen jaringan komputer yang berfungsi untuk menambah dan memperkuat sinyal jaringan. Repeater mampu menguatkan sinyal yang memiliki jangkauan sinyal yang sulit seperti terhalang tembok, pepohonan, dan bangunan.

Kesimpulan

Itulah beberapa penjelasan tentang Jenis Perangkat Komputer dan Fungsinya yang perlu kamu ketahui. Perangkat keras atau hardware adalah elemen yang mewakili semua komponen fisik mesin.

Beli WordPress Hosting

Perangkat komputer atau hardware terdiri dari perangkat input, output, proses, dan jaringan. Semua perangkat komputer itu dapat bekerja dengan maksimal apabila terdapat perangkat lunak.

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO and Digital Marketing.


putu
February 15, 2021

terimakasi kak infonya

Ayoni Sulthon
September 2, 2020

Sama sama kak, semoga bermanfaat

Ahmad Erland Finanda
August 28, 2020

Terima kasih atas jawaban anda

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds