Cara Install Nginx di Ubuntu (Cloud VPS)

Oleh Mutiara Auliya
No ratings yet.

Cara install Nginx di Ubuntu dapat dengan mudah kamu lakukan. Sebelumnya, sudah tau apa itu Nginx? Nginx adalah salah satu web server yang rilis pada tahun 2004 oleh Igor Sysoev. Dibangun dengan bahasa pemrograman C, Nginx banyak digemari karena cukup stabil, hemat resource dan cocok untuk server dengan spesifikasi rendah. Pada dasarnya cara install Nginx hampir sama dengan proses instalasi web server lainnya seperti Apache. Mau tau caranya? Yuk ikuti step by step berikut.

Cara Install Nginx di Ubuntu

Adapun cara install Nginx di Ubuntu yaitu,

1. Akses Cloud VPS melalui SSH

Hal pertama yang harus dlakukan yaitu akses ke Cloud VPS via SSH. Mengapa harus via SSH? Karena proses instalasi Nginx ini semuanya melalui command console. Jadi, pastikan kamu akses SSH ke Cloud VPS terlebih dahulu sesuai dengan Panduan Akses SSH Cloud VPS.

Tips: Setelah lakukan SSH ke Cloud VPS, selalu lakukan update repository terlebih dahulu ya. Update repository ini bertujuan agar sistem operasi kamu fresh dan software didalamnya memiliki versi terbaru. Untuk sistem operasi Ubuntu silakan tulis perintah apt-get update pada terminal lalu enter.

2. Instal Apache di Cloud VPS Ubuntu

Silakan tulis,

Silakan tunggu sebentar hingga proses instalasi selesai.

3. Cek Apakah Service Sudah Jalan

Untuk mengecek apakah proses instalasi Nginx berhasil atau tidak, silahkan tulis

cara install nginx di ubuntu

4. Start, Stop dan Restart Nginx

Untuk menghidupkan service Nginx silahkan tulis

Untuk mematikan service Nginx silahkan tulis

Jika ingin merestart Nginx silahkan tulis

Proses restart biasanya dibutuhkan ketika kamu telah mengubah beberapa konfigurasi dari Nginx.

5. Instalasi Nginx di Ubuntu Berhasil

Yeay! Nginx berhasil terinstal di Cloud VPS Ubuntu kamu. Instalasi Nginx bertujuan agar kamu bisa membuat website di Cloud VPS. Salah satu syarat agar website dapat terpasang di server adalah dengan melakukan instalasi web server terlebih dahulu. Setelah itu, terserah kamu. Ingin mengupload file website yang sudah disiapkan atau melakukan instalasi CMS.

Baca Juga: Cara Install Apache di Ubuntu

Kesimpulan

Cara install Nginx di Ubuntu hampir sama dengan instalasi Apache. Setiap Cloud VPS hanya bisa menggunakan 1 web server saja. Jadi pastikan, jika kamu ingin menggunakan Nginx sebagai web server, maka selalu stop service Apache terlebih dahulu ya. Mulai bingung ingin menggunakan Nginx atau Apache? Coba baca 5 Jenis Web Server Terbaik Untuk Pemula.

Mutiara Auliya

Hi! I am Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!