Panduan Menghapus WordPress Melalui Softaculous

Oleh Mutiara Auliya
4.4/5 (10)

Softaculous merupakan salah satu fitur tambahan di cPanel yang mempermudah anda dalam proses instalasi berbagai CMS (Content Management System). Sebagai contoh, yaitu CMS WordPress yang cukup populer dikalangan masyarakat. Berbagai website dari mulai website pribadi, website sekolah hingga toko online menggunakan CMS WordPress ini. Proses instalasi dan pengelolaannya pun dapat dibilang cukup easy to learn. Namun, apabila website sudah tidak terpakai lagi maka anda perlu menghapus atau melakukan uninstall WordPress. Hal ini juga bertujuan agar space hosting tidak terlalu penuh. Dengan Softaculous, proses install dan uninstall WordPress menjadi lebih mudah. Anda tidak perlu masuk ke file manager kemudian menghapus file satu persatu. Cukup dengan sekali klik maka website berbasis WordPress tersebut telah terunistall dengan sendirinya.

Menghapus WordPress Melalui Softaculous

Adapun langkah- langkah menghapus WordPress Melalui Softaculous yaitu,

1. Login ke cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Bagi anda yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Login cPanel Hosting.

2. Memilih Menu Softaculous Apps Installer

Kemudian masuk ke halaman cPanel. Pada kolom pencarian ketikkan “softaculous” lalu pilih “Softaculous Apps Installer
menghapus WordPress Melalui Softaculous

3. Memilih WordPress

Maka anda akan diarahkan ke dashboard Softaculous. Terdapat berbagai macam Content Management System (CMS) yang dapat anda pilih. Untuk menghapus/ melakukan uninstall WordPress, maka silahkan tulis WordPress di kolom pencarian. Setelah itu klik WordPress.
menghapus WordPress Melalui Softaculous

4. Menghapus WordPress

Scroll ke bagian bawah, maka anda akan menemukan kolom Current Installations. Kolom tersebut berisi informasi mengenai CMS yang telah anda install beserta nama domain dan tanggal instalasi. Untuk menghapus WordPress silahkan klik ikon bergambar tempat sampah yang berwarna merah.

Setelah itu, anda akan diarahkan ke bagian apa saja yang ingin dihapus. Misalnya folder (direktori), database atau database user. Beri tanda centang pada bagian yang ingin anda hapus.

Selain itu, anda juga diberikan informasi berupa versi WordPress, URL, nama database dan sebagainya. Apabila anda telah yakin untuk menghapus WordPress tersebut, silahkan klik Remove Installation. Tunggu sebentar, maka WordPress anda telah terhapus.

Closing

Melalui Softaculous proses uninstall atau menghapus website berbasis WordPress sangatlah mudah. Cukup mencari CMS yang telah anda install, cek nama domain, klik tanda “x” berwarna merah kemudian klik Remove Installation. Hanya dengan sekali klik maka WordPress anda telah berhasil terhapus. Terima kasih sudah menggunakan layanan DomaiNesia! Kami memiliki hosting terbaik dan VPS Indonesia terbaik dengan teknologi termutakhir yang cocok untuk memenuhi kebutuhan anda. Salam DomaiNesia! 😀

Mutiara Auliya

Hi! I am Data Analyst and Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!