Ketahui Fitur Terbaru WordPress Versi 5.06 min read

No ratings yet.

fitur wordpress terbaru
Kamu pengguna WordPress? Bersiaplah untuk segera move on ke versi WordPress 5.0. WordPress versi 5.0 baru rilis pada Bulan Desember 2018 lalu lho! Jadi buat kamu yang belum update, yuk segera update! Ada berbagai macam fitur WordPress terbaru yang bisa kamu temui. Selain berbagai celah keamanan yang telah diperbaiki, kamu juga akan merasakan sensasi editor terbaru milik WordPress. Dikutip dari WordPress, pada bulan Desember 2018 telah tersedia WordPress versi 5.0.2. Pada versi ini WordPress berfokus pada editor Gutenberg yang menggunakan prinsip block. WordPress menyebutkan bahwa artikel yang di post akan lebih cepat 330% walaupun menggunakan 200 block dengan berbagai fitur seperti paragraph, image, gallery, quote atau yang lainnya. Ingin tahu fitur WordPress terbaru yang bisa kamu dapatkan? Yuk cari tahu selengkapnya.

Fitur WordPress Terbaru

Dikutip dari WordPress, ada beberapa fitur WordPress terbaru yang telah disempurnakan di versi 5.0. Yaitu,

1. Menggunakan Editor Gutenberg WordPress

Fitur terbaru WordPress versi 5.0 yang paling mencolok terlihat pada editor yang digunakan. Jika dulu pada Classic Editor, kamu hanya dapat menulis artikel dengan tampilan klasik layaknya editor biasa. Jika ingin mengubah bagian tertentu, harus mengerti kode HTML atau diubah secara manual. Nah pada editor Gutenberg ini, WordPress ingin memberikan sebuah tampilan dan sensasi menulis yang menyenangkan. Pernah menggunakan page builder? Editor Gutenberg hampir mirip seperti itu. Dikutip dari Editor Gutenberg WordPress, user akan diberikan sensasi menulis dengan menggunakan blok-blok tertentu. Blok-blok tersebut dapat diisi dengan berbagai fitur yang bisa kamu gunakan. Untuk mengubah penulisan, kamu juga hanya perlu melakukan drag and drop saja dibagian yang diinginkan. Mudah bukan?

Perbedaan Classic Editor dan Gutenberg WordPress Editor

Berikut ini perbedaan antara tampilan Classic Editor dan Editor Gutenberg WordPress:

Classic Editor

  • Penulisan masih mengacu pada tampilan dasar (lengkap dengan menu bar)
  • Untuk berpindah ke fitur lain, masih manual. Misalnya, jika ingin menulis paragraf lalu disisipi gambar lalu paragraf lagi harus dilakukan satu persatu
  • Masih menyebar
  • Membingungkan bagi orang awam jika ingin melakukan editing sesuai yang diinginkan karena harus masuk ke kode HTMLnya
  • Mudah karena sudah terbiasa
fitur wordpress terbaru

Classic Mode Editor

Editor Gutenberg WordPress

  • Penulisan sudah menggunakan sistem blok
  • Untuk berpindah ke fitur lain, hanya perlu memilih blok yang diinginkan. Misalnya, jika ingin menulis paragraf silakan pilih blok paragraph. Jika ingin menyisipkan gambar, silakan pilih blok image. Jika ingin menyisipkan kolom, silakan pilih blok columns.
  • Sudah terbagi menjadi bagian-bagian tertentu per blok
  • Sedikit membingungkan karena belum terbiasa
  • Memudahkan para pemula untuk membuat tampilan artikelnya sendiri
fitur wordpress terbaru

Editor Gutenberg WordPress

Cara menggunakan editor gutenberg wordpress terbaru cukup mudah. Ketika pertama kali membuka halaman post baru, ada beberapa bagian yang berbeda. Terdapat tombol “+” dan tombol “undo” serta “redo” pada bagian atas. Pada tampilan classic editor, biasanya akan langsung muncul menu bar dengan berbagai macam toolbar. Nah pada Gutenberg Editor WordPress, tampilannya berisi blok-blok yang dapat diisi dengan berbagai hal termasuk gambar, paragraf artikel, heading dan sebagainya. Apa saja yang bisa kamu tambahkan menggunakan blok-blok ini?

fitur wordpress terbaru

Detail Block Yang Bisa Digunakan

Terdapat beberapa blok yang terbagi dalam beberapa bagian, seperti:
Most Used : pada bagian ini merupakan kumpulan blok yang sering digunakan.
Common Blocks : berisi kumpulan blok dasar yang biasa digunakan pada konten website seperti, paragraf (untuk menulis artikel), judul, quotes (kutipan), list, heading, gallery, file, atau video
Formatting: berisi blok classic editor, custom HTML, code, preformat, tabel. Blok ini bertujuan untuk keperluan editing artikel
Layout Elements : berisi kumpulan blok untuk mengatur layout artikel. Berisi button, kolom, media dan teks, page break, pemisah, tag lainnya (more)
Widgets : kamu bisa menampilkan kategori, menambah shortcode dan archives, menampilkan komentar terbaru, post terbaru melalui blok ini.
Embeds : berisi kumpulan blok untuk menyematkan berbagai sosial media seperti Twitter, YouTube, Facebook, Instagram, dan lainnya.

Fitur WordPress terbaru ini sebenarnya mempermudah kamu dalam membuat artikel dengan tampilan yang menarik. Misalnya ingin membuat tampilan lengkap dengan artikel, gambar pendukung atau kumpulan gambar. Kamu hanya perlu memilih blok mana yang kamu inginkan lalu sesuaikan dengan artikel yang dibuat. Misalnya membuat artikel di paragraf pertama. Silakan klik tanda + lalu pilih blok paragraph.

fitur wordpress terbaru
Kemudian untuk menyisipkan gambar, silakan klik tanda + lalu pilih blok image. Kemudian upload gambar yang diinginkan.

fitur wordpress terbaru
Jika ingin menyisipkan kolom, silakan klik tanda + lalu pilih blok columns.

Mudah bukan? Kamu tidak perlu melakukan editing manual melalui kode HTML. Ingin mengetahui lebih banyak tentang cara menggunakan editor Gutenberg? Yuk baca Cara Menggunakan Editor Gutenberg WordPress dengan Mudah.

2. Menggunakan Twenty Nineteen Sebagai Default Tema

Untuk fitur WordPress terbaru versi 5.0 ini, kamu bisa memperoleh tema Twenty Nineteen. Twenty Nineteen yang rilis pada Desember 2018 ini menjadi default tema untuk WordPress 5.0. Dikutip dari Codex WordPress, tema Twenty Nineteen ini memiliki desain yang simpel dan dilengkapi dengan tipografi yang menarik. Tema ini didesain untuk berbagai kebutuhan. Kamu bisa menggunakan tema Twenty Nineteen untuk tampilan blog ataupun tampilan website statis untuk keperluan bisnis.

fitur wordpress terbaru

Adapun fitur yang bisa kamu dapatkan di tema Twenty Nineteen yaitu,

  • Full Block Editor
    Kamu dapat mengatur desain serta layout website menggunakan Editor Gutenberg WordPress di tema ini secara menyeluruh. Kamu bisa lakukan drag and drop untuk mendapatkan hasil sesuai keinginan. Apa yang kamu lihat di editor akan sama dengan desain ketika sudah jadi.
  • Logo Website
    Di tema Twenty Nineteen ini, kamu bisa menambahkan logo website sendiri layaknya personal blog ataupun logo website untuk keperluan bisnis.
  • Kustomisasi Warna Website
    Pada tema Twenty Nineteen, kamu bisa melakukan kustomisasi warna gambar atau slider.
  • Berbagai Bahasa Bisa Digunakan
    Di Tema Twenty Nineteen kamu bisa menggunakan berbagai bahasa seperti Arab, Cina, Cyrillic, Devanagari, Yunani, Gujarati, Ibrani, Jepang, Korea, dan Thailand.
  • Widgets
    Pada bagian footer, kamu bisa menambahkan widgets sesuai keinginan.
  • Menambahkan Ikon Sosial Media
    Pada Tema Twenty Nineteen, kamu bisa menambahkan berbagai ikon sosial media seperti Behance, Codepen, DeviantArt, Dribble, Dropbox, Facebook, GitHub, Google+, Instagram, Linkedln, Medium, Tumblr, Twitter, WordPress ataupun YouTube.

fitur wordpress terbaru

3. WordPress 5.0 Cocok untuk Berbagai Plugin

Karena perbedaan editor ini, terkadang menyebabkan “crash” pada beberapa plugin. Namun tenang dikutip dari wpbeginner, WordPress 5.0 ini sudah support beberapa plugin populer seperti YoastSEO dan WPForms.

4. Perbaikan Bug Pada Editor dan Tema

Update sistem diperlukan untuk memperbaiki bug atau menutup celah yang ada. Di WordPress 5.0 ini, terdapat beberapa bug yang diperbaiki. Seperti tidak bisa melakukan resize gambar pada tema Twenty Seventeen atau blok button tidak dapat digunakan dengan semestinya di berbagai tema. Semua perbaikan bug yang berkaitan dengan tema WordPress dapat kamu lihat di 17 Perbaikan Block Editor.

5. Perbaikan Bug Script Loading

Selain perbaikan yang berkaitan dengan tema dan editor baru WordPress, kamu juga bisa melihat daftar perbaikan script yang dilakukan di WordPress versi 5.0.

Cara Update WordPress

Nah itulah beberapa fitur WordPress terbaru yang dapat kamu nikmati. Bagi yang belum melakukan update, kamu bisa lakukan update ke versi terbaru ya. Bagaimana cara melakukan update WordPress? Coba login admin pada website WordPress, kemudian klik Dashboard atau Dasbor. Nah biasanya terdapat gambar seperti berikut ini. Yang harus kamu lakukan yaitu klik Update Now atau klik Mohon perbarui sekarang.

fitur wordpress terbaru

Kesimpulan

Berbagai fitur WordPress terbaru bisa kamu dapatkan di WordPress 5.0. Selain perbaikan bug dan celah disetiap versinya, kamu akan mendapatkan perbedaan yang mencolok pada bagian editornya. Di WordPress versi 5.0 ini menggunakan Editor Gutenberg WordPress dengan berbasis pada sistem blok. Jadi kamu bisa langsung memilih blok yang diinginkan kemudian lakukan drag and drop saja. Selain lebih mudah, kamu juga bisa melakukan editing langsung pada blok yang dirasa perlu. Khawatir dengan keamanan WordPress? Tenang saja! WordPress aman sepanjang kamu melakukan update ke versi terbaru dan melakuakan Tips Agar WordPress Aman. Ingin mendapatkan hosting gratis domain? Yuk beli Hosting Murah DomaiNesia. Dapatkan domain gratis setiap pembelian Hosting Super keatas. Salam DomaiNesia!

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

1 komentar

  1. […] Bagi anda yang masih ingin menggunakan editor classic, silakan beri tanda centang pada Classic Editor. Perlu diketahui bahwa WordPress Versi 5.0  telah menggunakan editor gutenberg. Apa itu Editor Gutenberg WordPress? Apa saja fitur terbarunya? Silakan cek Fitur Terbaru WordPress Versi 5.0. […]

Komentar