• Home
  • Tips
  • Simak, Beberapa Solusi Kendala Pembelajaran Daring!

Simak, Beberapa Solusi Kendala Pembelajaran Daring!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Lembaga pendidikan merupakan salah satu pihak yang sangat terhambat oleh pandemi covid-19 pada tahun 2020.

Civitas akademika berusaha maksimal untuk mengatasi kendala pembelajaran daring agar tetap berjalan meskipun tanpa adanya tatap muka secara langsung.

Pembelajaran daring hadir sebagai jalan solusi yang dibutuhkan pada waktu itu.

Pembelajaran daring meroket drastis sebab banyaknya kemudahan-kemudahan yang ditawarkan seperti hemat biaya, fleksibilitas tinggi, tidak memerlukan banyak infrastruktur fisik, portabilitas hingga kemudahan akses.

Namun hal tersebut tidak berarti bahwa pembelajaran daring tidak memiliki kekurangan.

Tentunya terdapat kendala pembelajaran daring.

Siswa yang menjalani pembelajaran daring menganggap bahwa media pembelajaran tersebut membosankan dan menganggap bahwa pembelajaran tatap muka di kelas lebih baik daripada pembelajaran daring. 

Kendala pembelajaran daring beserta solusi

Pembelajaran daring mungkin menjadi solusi yang tepat dan mudah untuk tetap menjalankan kegiatan belajar dan mengajar pada situasi yang kurang memungkinkan untuk dilaksanakan secara langsung atau tatap muka.

Berikut kendala pembelajaran daring yang sering dihadapi saat ini : 

Rendahnya motivasi belajar siswa

Kendala pembelajaran daring yang pertama adalah terkait dengan motivasi siswa.

Pada mulanya pembelajaran daring dapat menjadi alternatif metode untuk menjalankan kegiatan belajar dan mengajar jika situasi tidak mendukung untuk dilaksanakan secara tatap muka.

Namun, disisi lain beban belajar siswa semakin berat, menumpuknya e-book, banyaknya kuis, tugas belajar yang terlalu sering mengakibatkan siswa terus kehilangan motivasi untuk mengikuti pembelajaran daring.

Banyak siswa yang mengeluh kurangnya motivasi karena tidak ada sentuhan interpersonal antara siswa dan guru pada pembelajaran daring.

Hal ini juga diperburuk dengan model pembelajaran daring yang kurang interaktif.

Untuk mengatasi permasalahan pembelajaran daring, adapun solusinya adalah hal pertama yang mungkin dapat dipertimbangkan untuk meningkatkan motivasi siswa pada pembelajaran daring dengan cara melakukan penyampaian pelajaran secara efektif.

Guru juga dapat memvariasi kegiatan belajar dan mengajar dengan meminta siswa mengungkapkan alasan mereka untuk menghadiri pembelajaran bersamaan dengan tujuan jangka pendek dan jangka panjang mereka.

Sumber : Elements Envato

Selain itu, guru juga perlu tetap berhubungan dengan siswa sekelas agar siswa semakin termotivasi untuk mengikuti pembelajaran daring kedepan.

Infrastruktur yang kurang memadai dan masalah teknis

Selain itu kendala pembelajaran daring kedua yaitu terkait teknis.

Walaupun pembelajaran daring tidak memerlukan gedung, ruang kelas, meja dan kursi, hingga papan tulis dan kapur, bukan berarti pembelajaran daring tidak memerlukan dukungan infrastruktur apapun.

Kebutuhan device seperti komputer, laptop, gadget maupun software yang memadai, listrik yang konstan dan internet yang memiliki bandwidth tinggi merupakan kendala infrastruktur yang sering menghambat keberjalanan pembelajaran daring.

Di negara maju, kebutuhan infrastruktur pembelajaran daring tersedia untuk umum pada perpustakaan umum jika siswa tidak mampu menyediakannya sendiri.

Namun, di negara berkembang, kualitas infrastruktur ini amat sangat kurang memadai. 

kendala pembelajaran daring
Sumber : Elements Envato

Mengatasi kendala ini dapat dilakukan dengan menyediakan resource atau materi pembelajaran yang dapat diakses secara offline.

Dengan begitu, siswa dapat tetap mengaksesnya tanpa perlu khawatir mengenai kondisi bandwidth, listrik maupun gadget yang kurang mendukung.

Kurangnya interaksi langsung

Kendala pembelajaran daring terkadang menghambat terwujudnya interaksi langsung antara guru dan siswa.

Seringkali pembelajaran tidak sinkron yang menciptakan adanya kesenjangan dan kesalahpahaman antara guru dan siswa.

Pembelajaran daring juga kurang memungkinkan bagi guru untuk memberikan perhatian lebih pribadi untuk setiap kebutuhan siswa.

Akibatnya terdapat siswa yang tertinggal karena tidak dapat mengikuti kecepatan belajar siswa lain. 

Untuk mengatasinya, guru dapat menggunakan modul e-learning interaktif untuk meningkatkan keterlibatan dan interaksi dengan siswa.

Penggunaan modul e-learning juga dapat membantu guru untuk lebih memahami kebutuhan siswa secara personal.

Guru dapat juga mengevaluasi siswanya dengan menggunakan pre test dan post test ringan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa.

Banyak gangguan dan kurang disiplin

Pembelajaran daring dengan kondisi lingkungan masing-masing siswa tentunya menciptakan berbagai gangguan seperti rasa malas, sulit fokus, tidak mandiri  dan lainnya yang dapat menghambat pembelajaran.

Gangguan ini memerlukan adanya tanggung jawab tambahan bagi guru untuk kembali mengkondisikan pembelajaran serta manajemen waktu yang lebih banyak. 

Sebagai solusinya, guru tidak boleh bosan dalam mengingatkan dan memotivasi siswa untuk tetap mandiri terutama saat belajar mandiri dan mengerjakan tugas-tugas pembelajaran.

Guru harus menanamkan kejujuran dan kepercayaan diri pada siswa untuk dapat melakukan semua tanggung jawabnya dengan baik.

Tak lupa untuk memberikan reward seperti nilai bonus atau pujian agar siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran daring dan timbul rasa bangga pada diri sendiri.

Cara mengatasi kendala pembelajaran daring

Tenang saja! Segala macam kendala pembelajaran daring pasti ada solusi nya. Untuk itu berikut beberapa cara mengatasi kendala pembelajaran daring yang bisa kamu lakukan.

Membagikan aplikasi time management dan resource yang memadai

Time management yang efektif harusnya menjadi keterampilan dasar yang harus dikuasai siswa dalam mengikuti pembelajaran daring.

Guru dapat membantu dengan melakukan support pada siswa untuk lebih memanfaatkan berbagai aplikasi time management dan resource pembelajaran gratis yang tersedia untuk meningkatkan pemahaman siswanya. 

Para pakar pendidikan juga merekomendasikan evaluasi pembelajaran dengan melakukan survey pada siswa secara berkala untuk perbaikan pembelajaran kedepannya.  

Memanfaatkan teknologi pendidikan (“EdTech”)

Pembelajaran yang dilakukan secara daring tidak berarti bahwa komunikasi yang dilakukan harus lag atau asinkron.

Terdapat banyak tools gratis yang dapat digunakan untuk membantu guru dan siswa berkomunikasi secara real time.

Misalnya menggunakan software video conference untuk melakukan percakapan secara langsung dengan siswa baik satu persatu maupun grup.

Dengan demikian, siswa dapat memperoleh kesempatan untuk mengajukan pertanyaan, menyampaikan kendala dan kekhawatirannya serta mencari solusi bersama untuk lebih berhasil memahami materi pembelajaran yang kompleks. 

Sumber : Elements Envato

Meningkatkan Peer Review

Pada proses pembelajaran, siswa perlu adanya feedback yang tepat waktu dan bermakna untuk mengukur dan meningkatkan kinerja belajar mereka.

Terdapat beberapa cara untuk meningkatkan feedback yang diterima oleh siswa.

Salah satu metode untuk meningkatkannya adalah dengan melakukan penjadwalan sesi satu lawan satu atau grup dengan siswa.

Misalnya tiap dua minggu sekali dilakukan feedback mengenai tugas-tugas yang pernah diberikan secara verbal agar siswa tidak terbebani tanpa harus menulis dan mengedit dokumen serta menghemat waktu.

Cara lain untuk meningkatkan feedback adalah dengan membiarkan siswa terlibat dalam lebih banyak peer review atau melakukan feedback pada pekerjaan masing-masing. 

Platform pembelajaran daring

LMS merupakan singkatan dari Learning Management System berupa aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran daring.

Terdapat berbagai macam jenis platform LMS mulai dari web based atau installed, cloud atau hosted, free atau commercial, open source atau closed source, dan lain-lain.

Berikut LMS yang berlisensi open source yang paling banyak digunakan oleh lembaga pendidikan :

Memberikan silabus dan rubrik penilaian yang jelas

Silabus dan rubrik penilaian dalam kelas offline tentunya merupakan alat yang penting.

Begitu pula pada pembelajaran daring, pastikan gambaran umum mengenai silabus dan rubrik penilaian jelas dan terperinci.

Walaupun terdapat banyak kendala dan tantangan pembelajaran daring yang harus diatasi, ada juga peluang yang dapat diambil untuk membuat penyesuaian-penyesuaian pada silabus dan rubrik penilaian pembelajaran yang tidak membebani kedua pihak baik dari sisi guru maupun siswa.

ATutor

ATutor merupakan platform pembelajaran daring yang open source dimana platform ini memungkinkan guru membuat kelas pembelajaran daring dalam lebih dari 30+ bahasa.

Guru juga dapat berbagi dan melakukan pengarsipan materi pembelajaran.

Guru juga dapat akses ke Acontent dengan fitur authoring konten, pengujian authoring dan interoperabilitas konten dari Atutor. Berikut beberapa penawaran yang disediakan oleh LMS Atutor:

  • Fitur pencarian kelas pembelajaran daring : Fitur ini memungkinkan siswa menelusuri konten pembelajaran daring serta katalog pembelajaran menggunakan mesin pencari bawaan dari Atutor.
  • Kemudahan Siswa : Siswa dapat mengikuti tes yang ditugaskan, meninjau kinerja mereka, dan melacak kemajuan belajar mereka. Siswa juga dapat keluar dari tes di tengah jalan dan melanjutkan kembali dari sesi pembelajaran yang terakhir mereka tinggalkan.
  • Penyesuaian konten : Guru dapat menggunakan editor konten untuk membuat konten pelatihan baik dalam format HTML maupun teks biasa. Guru juga dapat melakukan edit materi pembelajaran secara online atau mengimpornya dari editor lain.
  • Daftar materi : Guru dapat mengumpulkan materi pembelajaran daring dari buku, situs web atau makalah penelitian terkait dan membuat daftar bacaan menggunakan resource yang dikumpulkan

Forma LMS

Forma LMS merupakan contoh lain platform LMS open source yang secara khusus melayani kebutuhan pembelajaran daring.

Forma LMS membantu melatih siswa melalui webinar daring, live session, belajar mandiri dan pelatihan yang dipimpin oleh guru.

Beberapa penawaran dari forma LMS sebagai berikut : 

  • Pembagian kelompok : Forma LMS memungkinkan guru untuk mengelompokkan siswa berdasarkan role dan fokus bidang masing-masing siswa agar lebih mudah menetapkan kelas pembelajaran daring dan hak akses.
  • Pengaturan pembelajaran daring : Guru dapat mengatur kelas pembelajaran daring pada beberapa kategori dan katalog yang memudahkan siswa untuk melakukan navigasi.
  • Fitur pemberitahuan otomatis : Fitur pemberitahuan otomatis berfungsi untuk memberikan informasi kepada siswa mengenai tenggat tugas, status penyelesaian kelas pembelajaran daring, tenggat pendaftaran, dan lain-lain.
  • Sertifikat kelulusan : Setelah siswa menyelesaikan pembelajaran daring, guru dapat membuat dan membagikan sertifikat kelulusan (dalam format PDF). Guru juga dapat menyesuaikan sertifikat untuk menambahkan merk, skema warna,grafik, dan lain-lain.

Odoo

Odoo adalah serangkaian aplikasi bisnis yang bersifat open source dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Odoo juga menawarkan platform e-learning yang memungkinkan guru membuat sebuah kelas pembelajaran daring lengkap dengan materi pembelajarannya.

Hampir sama seperti forma LMS, platform odoo juga memungkinkan guru untuk melakukan pelacakan kemajuan siswa, mengukur kinerja siswa, dan membagikan sertifikat penyelesaian kelas pembelajaran daring.

Penawaran yang dimiliki oleh odoo diantaranya :

  • Fitur pelaporan : Fitur pelaporan canggih menawarkan tampilan kinerja siswa secara real time. Fitur ini juga memungkinkan guru untuk menggambarkan data siswa dalam bentuk visual dengan menggunakan grafik, bagan, dan lain-lain.
  • Instan feedback : Instan feedback dapat membuat siswa membandingkan jawaban mereka dengan jawaban yang benar setelah penialan selesai. Fitur ini dapat membantu siswa mengevaluasi pemahaman mereka selama pembelajaran daring.
  • Variasi penilaian :  Fitur variasi penilaian dapat memungkinka guru untuk membuat berbagai jenis pertanyaan penilaian seperti kotak teks hingga pilihan ganda.
  • Papan peringkat : Papan peringkat kelas pembelajaran membantu meningkatkan daya saing dengan menampilkan profil siswa yang memiliki kinerja belajar yang baik

Open edX

Open edX adalah platform LMS yang memungkinkan guru untuk membuat berbagai jenis kelas pembelajaran daring seperti kelas yang dipimpin instruktur, pembelajaran campuran dan belajar mandiri.

Platform ini memungkinkan siswa dapat melakukan akses konten pelatihan, membuat catatan, menandai pelajaran tertentu, berdiskusi dengan rekan serta melacak kemajuan belajar mereka.

Berikut ini merupakan kemampuan yang disediakan oleh Open edX:

  • Penggunaan ulang konten : Fitur ini memungkinkan guru untuk menggunakan kembali materi dan konten yang sudah tersedia di pustaka pada seluruh kelas pembelajaran daring. Hal ini dapat membantu menghemat waktu karena guru tidak perlu melakukan desain konten untuk kelas pembelajaran daring dari awal.
  • Mendukung berbagai format konten : Guru dapat membuat konten pembelajaran daring dalam berbagai format mulai dari PPT, PDF, hingga MP4. Guru juga dapat menyematkan surel video dari youtube atau platform streaming video.
  • Terintegrasi : Guru dapat melaksanakan webinar dan acara live dengan melakukan integrasi platform dengan menggunakan alat video conference pilihan.
  • Forum diskusi : Fitur ini dapat digunakan siswa untuk terlibat dalam diskusi aktif. Mereka dapat menjawab pertanyaan atau memberikan saran kepada siswa lain yang mengambil kelas pembelajaran daring yang sama

Moodle

Moodle merupakan salah satu platform LMS open source yang paling populer digunakan oleh lembaga pendidikan.

Moodle memungkinkan guru untuk membuat pembelajaran daring dan materi pembelajaran untuk berbagai jenis program seperti pelatihan, pengembangan keterampilan dan orientasi siswa.

Beberapa layanan yang ditawarkan moodle diantaranya : 

  • Lebih banyak pilihan bahasa : Moodle memungkinkan untuk membuat konten dan materi pembelajaran daring lebih dari 100 bahasa.
  • Dapat diakses secara mobile : Moodle dapat memungkinkan siswa untuk mengakses materi dan mengirimkan tugas menggunakan perangkat seluler mereka.
  • Integrasi pihak ketiga : Fungsi integrasi pihak ketiga memudahkan guru untuk menghubungkan platform moodle dengan tools seperti konferensi video, manajemen dokumen dan manajemen konten.
  • Fleksibilitas : Moodle merupakan open source code yang memungkinkan untuk melakukan kustomisasi perangkat lunak sesuai dengan kebutuhan. Moodle memungkinkan pengguna untuk menambahkan brand, warna palet pembelajaran daring, logo dan lain-lain.

Nah, buat kamu yang punya domain dan hosting sendiri kamu bisa loh membuat LMS sendiri dengan menggunakan Moodle.

Misalnya kamu memiliki domain .PRESS atau .SITE. Kamu bisa membuat media pembelajaran daring dengan melakukan install Moodle dalam hosting dan domain .PRESS atau .SITE.

Instalasi Moodle di hosting pun juga mudah untuk dilakukan.

Selain kedua domain tersbeut kamu bisa menggunakan domain yang lain seperti .ONLINE, .TECH, .SPACE, .UNO, . dan .SPACE.

DomaiNesia bekerja sama dengan Radix untuk menyediakan berbagai macam domain yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah