• Home
  • Berita
  • Bandwidth adalah: Pengertian, Fungsi, dan Contoh! (Terlengkap)

Bandwidth adalah: Pengertian, Fungsi, dan Contoh! (Terlengkap)

Oleh Ratna Patria

Pernahkah kamu mendengar seseorang mengeluh tidak bisa akses website gara-gara bandwidth? Atau, kamu pernah mengalami bandwidth dibatasi oleh admin jaringan? Sebenarnya, apa itu bandwidth, ya? Singkatnya, bandwidth adalah maksimal transfer data yang bisa dilakukan di waktu tertentu. 

Pengertian bandwidth ini berlaku baik ketika kamu menggunakan layanan internet atau menggunakan paket hosting untuk website, terutama jenis VPS (Virtual Private Server). Meskipun berbeda layanan, ukuran bandwidth yang digunakan sama, yaitu bit per second (bps).

Nah, kalau penjelasan singkat tentang apa itu bandwidth di atas masih kurang, yuk simak artikel ini selengkapnya. Kami akan membahas mulai fungsi bandwidth sampai cara optimasinya.

Bandwidth Adalah
Sumber: Freepik

Apa itu Bandwidth?

Bandwidth adalah kapasitas maksimum data yang bisa ditransfer melalui jaringan dalam satu waktu. Ukuran bandwidth dinyatakan dalam bit per second (bps), dimana bit merujuk ke satuan data dan second terkait lamanya waktu.

Bandwidth adalah hal yang sering dibicarakan karena kapasitas transfer data mempengaruhi kualitas akses atau layanan di ranah online. Maksudnya, ketika jumlah bandwidth kecil, proses transfer data akan semakin lama atau kualitas layanan jadi harus diturunkan. 

Sebagai contoh, kalau sebuah website didukung hosting dengan bandwidth 1 Mbps, maka total jumlah data per detik yang bisa diakses dari website itu ya sebesar 1 Mbps. 

Kalau dijabarkan, akan seperti ini. Ketika ada satu pengunjung mengakses data sebesar 800kbps, tak akan ada kendala pada akses dengan bandwidth tersebut. Namun, begitu ada dua orang mengaksesnya bersama, akan mulai muncul gangguan, misalnya loading yang lama.

Analogi untuk bandwidth adalah seperti aliran air yang melewati sebuah pipa. Kalau ukuran diameter pipa 1,5 inch, hanya sebesar itulah air bisa tertampung untuk lewat. Kalau jumlah airnya terlalu banyak, bisa saja terjadi genangan seperti saat air tersumbat. 

Solusi ketika terjadi semacam itu ialah dengan memperbesar ukuran pipa atau menambahkan pipa baru. 

Meskipun ukuran bandwidth menggunakan satuan detik, jangan salah kaprah dengan kecepatan transfer data, ya. Kalau air yang bisa melalui pipa tadi itu mengucur dengan deras, maka itu terkait dengan kecepatan transfer. 

Nah, itulah kurang lebih penjelasan tentang apa itu bandwidth. Lalu, apa sih fungsi bandwidth ini?

Baca juga: Dedicated Hosting adalah: Definisi, Fungsi, hingga Cara Kerjanya!

Fungsi Bandwidth

Berikut ini adalah beberapa fungsi bandwidth yang perlu diketahui: 

1. Sebagai Media Transmisi Data

Ibarat sebuah pipa atau jalan raya, fungsi bandwidth adalah sebagai media pertukaran data. Jadi, berkat bandwidth pertukaran data dapat dilakukan yang diukur dengan satuan bit. 

Fungsi bandwidth ini akan berlaku sama baik ketika dilakukan antar komputer, antara server dan client hingga website dan pengunjung.

Itulah kenapa ketika akan membangun sebuah jaringan komputer, membangun website untuk diakses online atau menggunakan layanan internet, memperhatikan ukuran bandwith sangat penting. 

Kesalahan dalam menentukan pengaturan atau yang digunakan akan mempengaruhi proses pertukaran data yang nantinya akan dilakukan.

2. Membagi Kecepatan Transfer Data

Selanjutnya, fungsi bandwidth adalah membagi kecepatan transfer data untuk memastikan kualitas dari proses transmisi yang dilakukan. Dengan begitu, siapa saja yang ingin melakukan proses pertukaran data bisa dilayani. 

Selain itu, fungsi bandwidth ini juga untuk mencegah salah satu orang atau komputer client menguasai bandwidth untuk dirinya sendiri.

Pada praktiknya, pembagian kecepatan transfer data ini bisa dilakukan secara tetap atau dinamis. 

Sebagai contoh, dengan bandwidth sebanyak 1 Mbps, maka bisa diatur bahwa pengaturan ditujukan untuk lima orang, masing masing mendapatkan 200 kbps. Jadi, meskipun akses hanya dilakukan oleh satu orang, maka bandwidth yang bisa digunakan hanya 200 kbps.

Kalau menggunakan pengaturan dinamis, maka saat hanya diakses oleh 2 orang, maka masing masing orang akan mendapatkan benefit hingga 500 kbps. Begitu diakses oleh 4 orang, maka otomatis tiap orang akan mendapatkan 250 kbps.  

Bandwidth adalah
Sumber: Freepik

3. Membatasi Jumlah Transfer Data

Tak hanya untuk membagi kecepatan transfer data, fungsi bandwidth adalah juga untuk membatasi jumlah transfer datanya. Ini dapat dilakukan oleh seorang administrator jaringan untuk berbagai tujuan tertentu.

Sebagai contoh, administrator IT dapat menentukan batas dari besar data yang bisa transfer sehingga mencegah pengguna jaringan tersebut untuk bisa melakukan download file yang ukurannya besar. 

Dengan pembatasan yang dilakukan, pengguna jaringan masih bisa melakukan aktivitas ringan untuk browsing. Namun, akan langsung mengalami kendala saat akan mendownload file.

Kalau untuk ranah online, hal ini bisa terjadi pada jenis layanan dengan batasan bandwidth yang sudah ditentukan. Biasanya akan tersedia beberapa paket layanan dengan bandwidth berbeda, sesuai kebutuhan pengguna. 

Nah, ketika akses pengguna melampaui kebutuhan dasarnya, maka akan terjadi penggunaan bandwidth berlebih. Umumnya, akan muncul peringatan dari penyedia layanan, akses tidak bisa digunakan, atau disarankan untuk melakukan upgrade ke paket yang lebih tinggi. 

Contoh untuk fungsi bandwidth ini umum terjadi pada layanan hosting atau internet service provider (ISP) dan lainnya.

Nah, ketika kamu ingat bahwa layanan Zoom sebelumnya bisa digunakan seharian penuh, tapi saat ini hanya dibatasi selama 40 menit saja, itu bisa terkait dengan penggunaan bandwidth, lho.

Jenis Bandwidth

Secara umum terdapat beberapa jenis bandwidth yang perlu diketahui, antara lain:

1. Bandwidth Digital

Sesuai namanya, bandwidth ini merujuk ke batasan jumlah data yang dapat ditransfer per detik untuk sinyal digital. Jadi, beberapa teknologi seperti internet dan televisi digital akan menggunakan jenis bandwidth ini. 

Kelebihan dari bandwidth digital tentu saja adalah transfer data yang lebih cepat dan lebih tahan terhadap gangguan sinyal. 

2. Bandwidth Analog

Kebalikannya, bandwidth analog adalah kapasitas maksimal dari komunikasi dengan sinyal analog. Nah, kapasitas tersebut ditentukan oleh perbedaan frekuensi tertinggi dan terendah pada sinyal analog. 

Itulah kenapa satuan yang digunakan juga berbeda, yaitu menggunakan Hertz, bukan bps. Biasanya bandwidth ini digunakan untuk teknologi seperti radio maupun TV analog, yang saat ini sudah mulai ditinggalkan.

3. Bandwidth Upload

Inilah jenis bandwidth yang terkait dengan penggunaan internet. Bandwidth upload adalah jumlah maksimum data yang bisa anda gunakan ketika mengunggah file ke internet. Misalnya, ketika anda ingin mengupload foto, atau ingin melakukan attach file pada saat mengirim email.

4. Bandwidth Download

Bisa ditebak kalau bandwidth download adalah jenis bandwidth yang membatasi jumlah transfer data ketikan mengunduh file dari internet. Ketentuan ini juga berlaku pada saat anda menikmati layanan streaming secara online. 

5. Bandwidth Dedicated

Jenis bandwidth ini umumnya lebih dikenal di dunia hosting atau website. 

Ketika kamu menggunakan bandwidth dedicated, artinya website kamu akan mendapatkan maksimal jumlah transfer data yang khusus untuk digunakan sendiri. Alhasil, akses website umumnya akan lebih lancar diakses kapanpun, meskipun sedang dalam kondisi ramai dikunjungi.

Bandwidth adalah
Sumber: Freepik

6. Bandwidth Shared

Jenis bandwidth yang terakhir adalah shared.  Dalam konteks ini, bandwidth adalah batasan besaran transfer data ketika kamu berbagi sumber daya dengan pengguna layanan hosting yang lain. Inilah yang paling umum digunakan oleh pemilik website untuk kebutuhan standar. 

Baca juga: Faktor Apa yang Dapat Mempengaruhi Hosting?

Contoh Bandwidth Adalah

Setelah mengetahui apa itu bandwidth dan fungsinya, saatnya mempelajari contoh bandwidth pada komputer, hosting, dan juga VPS.  

Contoh Bandwidth pada Komputer

Beberapa contoh bandwidth pada komputer adalah sebagai berikut:

  • Bandwidth pada komponen komputer. Jumlah transfer data maksimal antar masing-masing komputer juga ditentukan, lho. Itulah kenapa ketika merakit komputer antar komponen seperti motherboard dan RAM perlu disesuaikan. 
  • Bandwidth pada jaringan lokal. Pada jaringan lokal antar komputer menggunakan kabel LAN, bandwidth bisa diatur agar sesuai tujuan pemakaian. 
  • Bandwidth Internet. Inilah contoh bandwidth yang berasal dari internet service provider yang akan menentukan kualitas akses internet yang bisa dilakukan.
  • Bandwidth WiFi. Contoh bandwidth komputer yang transfer datanya terjadi secara wireless. Umumnya, dilakukan dengan bantuan tool seperti MikroTik

Contoh Bandwidth pada Hosting

Pada hosting, besaran bandwidth adalah salah satu penentu jenis paket hosting yang harus digunakan.  Sebab, bandwidth yang nantinya dipilih sesuai dengan jumlah transfer data yang dibutuhkan untuk melayani pengunjung website tersebut.

Beberapa contoh bandwidth pada hosting yaitu:

  • Unlimited bandwidth. Inilah contoh bandwidth tanpa menerapkan batasan jumlah transfer data secara spesifik. Artinya, kamu bisa melakukan transfer data sesuai dengan kebutuhan penggunaan website yang wajar. Layanan shared hosting Domainesia juga menerapkan unlimited bandwidth. lho.
  • Metered bandwidth. Sesuai namanya, ketika menggunakan layanan hosting ini, ada batasan maksimal bandwidth yang bisa digunakan. Misalnya, 100 GB per bulan. Ketika melebihi Ketentuan tersebut maka biasanya akan dilakukan suspend.
  • Unmetered bandwidth. Kalau tidak ingin mengalami suspend, tapi kebutuhan website cukup besar, sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan layanan hosting dengan unmetered bandwidth. Tentu, harganya akan lebih mahal

Contoh Bandwidth pada VPS

Contoh bandwidth pada VPS juga sering menjadi perbincangan. Alasannya, beberapa penyedia layanan hosting menentukan batasan dari maksimal bandwidth yang bisa digunakan setiap bulannya.

Nah, untuk Domainesia sendiri, layanan CloudVPS yang ditawarkan tidak menggunakan batasan bandwidth. Mulai dari paket terkecil Cloud VPS 1GB, hingga Cloud VPS 64GB. 

bandwidth adalah

Cara Cek Bandwidth

Meskipun DomaiNesia tidak menggunakan batasan maksimal transfer data, secara umum cara cek bandwidth adalah sebagai berikut:

Cara Cek Bandwidth pada Hosting

Untuk melakukan pengecekan bandwidth pada hosting yang kamu gunakan, cukup masuk ke dashboard utama layanan hosting. 

Sebagai contoh, kalau menggunakan DomaiNesia, setelah berhasil login, kamu bisa masuk ke menu My Services. Kemudian, lihatlah pada menu Usage Statistics. Informasi tersebut ditampilkan pada menu Bandwidth Usage

bandwidth adalah 

Cara Cek Bandwidth pada VPS

Pengecekan bandwidth pada layanan Cloud VPS di DomaiNesia juga hampir mirip. Bedanya, setelah masuk ke bagian My Services, kamu bisa mengecek pada tab Graph, dan informasi bandwidth terdapat pada sisi kanan.

bandwidth adalah

Tips Optimasi Bandwidth

Kamu sudah paham tentang apa itu bandwidth dan itu terkait dengan batasan jumlah transfer data, bukan? Oleh karena itu, tips optimasi bandwidth perlu kamu ketahui agar kualitas layanan yang kamu gunakan tetap terjaga. Bagaimana caranya? 

1. Gunakan Cloud

Tergantung dari jenis bandwidth yang digunakan, penggunaan cloud sangat efektif untuk melakukan optimasi bandwidth.  Kenapa demikian? Alih-alih kamu melakukan download dan upload sebuah file terus-menerus, kamu cukup mengakses file tersebut secara online. Dengan begitu, secara bandwidth lebih hemat.

2. Gunakan QoS

Terutama apabila kamu sebagai pengelola jaringan, pertimbangkan untuk menerapkan QoS atau quality of service untuk optimasi bandwidth. Artinya kamu akan mulai mengatur lalu lintas data untuk mengurangi adanya latensi. Berapa teknik yang digunakan biasanya meliputi jitter buffer dan traffic shaping

3. Rutin Update Backup

Berikutnya, cara mengoptimalkan bandwidth adalah dengan melakukan update backup. Hal ini penting karena sejatinya adanya backup yang terbaru bisa mengurangi kinerja jaringan untuk selalu menyediakan data tersebut.

4. Mengurangi Aktivitas Internet yang Tidak Perlu

Hampir mirip dengan penerapan QoS, mengurangi aktivitas internet yang tidak perlu merupakan salah satu cara optimasi bandwidth yang paling efektif. Apalagi kalau akses internet yang digunakan tersebut membutuhkan jumlah data yang besar.

Bandwidth adalah
Sumber: Freepik

Apa yang Dimaksud dengan Bandwidth: Sebuah Kesimpulan

Kita baru saja belajar pengertian bandwidth, fungsi bandwidth dan tips optimasinya. Bandwidth adalah banyaknya jumlah transfer data yang dapat dilakukan dalam satu waktu tertentu.

Terdapat beberapa jenis bandwidth, tetapi secara umum ukuran bandwidth ditentukan dalam bit per second. Salah satu pengecualian terjadi pada bandwidth analog yang masih menggunakan Hertz.

Semoga dengan contoh bandwidth pada komputer, pada hosting dan pada vps di atas bisa membuat kamu lebih paham tentang apa itu bandwidth. Demikian artikel ini, semoga bermanfaat, ya! 

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Herlin
April 4, 2020

Seluruhnya oke..

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds