• Home
  • Berita
  • Dedicated Hosting adalah: Definisi, Fungsi, hingga Cara Kerjanya!

Dedicated Hosting adalah: Definisi, Fungsi, hingga Cara Kerjanya!

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Ada beberapa kebutuhan yang harus dipenuhi sebelum memiliki sebuah website, mulai dari pemilihan nama domain yang unik hingga memilih hosting terbaik untuk performa website yang maksimal. Ada beberapa jenis hosting yang bisa menjadi pilihan kamu, salah satunya dedicated hosting.

Bagi kamu yang menginginkan hosting dengan kapasitas yang lega maka dedicated hosting adalah jawaban dari kebutuhan tersebut. Namun, sebelum menggunakannya kamu harus mengenal lebih jauh dulu mulai dari pengertian dedicated hosting, fungsi, cara kerja dedicated hosting, hingga kelebihan dan juga kekurangannya.

dedicated hosting adalah
Sumber: Envato

Semua harus kamu pahami sekarang juga agar kamu tidak salah pilih dan lebih yakin lagi apakah dedicated hosting adalah jenis hosting yang kamu butuhkan atau tidak. Tidak usah berlama-lama lagi, yuk mulai dari pembahasan pengertian dedicated hosting!  

Pengertian Dedicated Hosting

Menurut jenisnya, hosting memiliki beragam jenis loh DomaiNesian, seperti Web Hosting, Dedicated Hosting, WordPress Hosting, Cloud Hosting, dan Cloud VPS. Tapi kamu sudah tahu kan bahwa kali ini DomaiNesia akan membahas dedicated hosting hingga tuntas?

Jadi, dedicated hosting adalah layanan hosting yang cocok digunakan oleh orang yang memiliki trafik website yang tinggi atau bahkan mereka yang memiliki data penting dalam jumlah yang banyak.

Pada intinya, pengertian dedicated hosting adalah server dan seluruh isinya hanya digunakan oleh satu pengguna saja. Sudah terbayang kan bagaimana harganya? Yang jelas jenis hosting ini memang memiliki resource yang besar dan juga biaya yang pastinya mahal. Berikut ini merupakan pembahasan singkat jenis hosting yang lain agar kamu semakin paham lagi.

  • Dedicated hosting adalah hosting yang mana satu server hanya digunakan untuk satu pengguna saja.
  • Shared Hosting adalah satu server yang digunakan oleh banyak pengguna.
  • Cloud Hosting adalah jenis hosting yang menyimpan data website ke dalam beberapa server.
  • VPS Hosting adalah hosting yang menggunakan virtual server sehingga resource yang disediakan lebih besar dari jenis yang lain.
  • WordPress Hosting adalah Shares Hosting yang memang dimaksimalkan untuk WordPress. 

Dari beberapa jenis tersebut, perbedaan yang mencolok dari Dedicated Hosting adalah pengguna memiliki kendali penuh dalam server yang mereka gunakan sendiri. Sehingga pengguna bisa melakukan segala pengaturannya sendiri.  

Baca juga: Kini, Hadir Hosting Murah DomaiNesia Dengan Teknologi Terbaru dan Lebih Canggih

Fungsi Dedicated Hosting

Macam-macam fungsi dedicated hosting yang ditawarkan juga cukup menjanjikan, jadi kita bahas dulu yuk fungsinya!

1. Memberikan kontrol penuh terhadap server

Fungsi dedicated hosting adalah memberikan kontrol penuh terhadap server. Jika dibandingkan dengan shared hosting, dedicated server adalah hak pribadi milik penggunanya. Namun jika kamu memilih untuk menggunakan jenis server ini, kamu harus paham betul bagaimana cara pengaturan dan kontrol server.

Sebab dedicated hosting dikenal dengan kontrol, pengaturan, dan juga kustomisasi server yang rumit. Jadi tidak heran bahwa perusahaan yang menggunakan jenis hosting ini menyewa orang berpengalaman khusus untuk melakukan pengelolaan server. 

2. Alamat IP Website menjadi unik

Jika bicara tentang shared hosting yang alamat IP terbagi-bagi menjadi beberapa website, bisa berakibat buruk apabila salah satu website pada server tersebut menyalahgunakannya. Akibatnya website lain dalam server tersebut akan mengalami penurunan peringkat pada mesin pencarian. Nah, fungsi dedicated hosting adalah membuat kamu lebih aman karena alamat IP dikhususkan hanya untuk satu website saja.

3. Website lebih aman

Dedicated hosting adalah pilihan bagai perusahaan dengan alasan utama yaitu keamanan yang ditawarkan. Apalagi jika website tersebut memang berisi data-data penting. Kita tahu bahwa dalam dunia internet, kita tidak bisa lepas dari ancaman cyber crime yang terus mengintai.

Tapi tenang bagi kamu pengguna dedicated hosting karena mereka akan selalu melakukan pembaruan keamanan terhadap server tersebut. Hal ini lah yang membuat dedicated hosting memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Itulah mengapa fungsi dedicated hosting adalah bisa membuat server lebih aman.

dedicated hosting adalah
Sumber: Envato

4. Mencegah terjadinya down time pada website

Mungkin bagi sebagian orang masih belum tahu apa itu downtime. Downtime adalah istilah yang digunakan saat server atau website yang tidak bisa diakses dalam kurun waktu tertentu. Salah satu penyebab terjadinya permasalahan tersebut karena kekurangan bandwidth.

Dedicated hosting adalah hosting dengan bandwidth yang diberikan jelas lebih besar sehingga bisa mengurangi resiko website mengalami downtime. Bandwidth yang besar juga pasti akan membuat website lebih cepat untuk diakses.

5. Mengoptimalkan pencarian website 

Siapa sih pemilik website yang tidak ingin website miliknya berada pada peringkat teratas pada mesin pencarian, semua pasti menginginkan hal tersebut. Salah satu penilaian dari Google untuk peringkat pada mesin pencarian adalah kecepatan website saat diakses. Kita tahu bahwa memang dedicated hosting adalah server yang digunakan hanya untuk satu website saja dan otomatis bandwidth yang dihasilkan juga besar.

Dengan begitu, kecepatan akses website akan jauh lebih cepat dibandingkan dengan jenis hosting yang lain. Alhasil, website yang menggunakan dedicated hosting akan mendapatkan kesempatan lebih besar untuk mendapatkan peringkat tertinggi dengan dibarengi optimasi SEO yang lainnya.

Cara Kerja Dedicated Hosting

Dari pengertian dedicated hosting hingga fungsi dedicated hosting yang akan didapatkan, apakah sudah cukup membuat kamu penasaran bagaimana cara kerja dedicated hosting? Di dalam dedicated hosting kita bisa melakukan optimasi dan juga menyesuaikan server sesuai dengan kebutuhan.

Jadi, kamu bisa menambahkan segala komponen lain dengan tujuan untuk meningkatkan fungsionalitasnya. Cara kerja dedicated server ini yaitu dengan menjalankan sistem operasi sesuai dengan keinginan dan juga kebutuhan. Bahas lebih detail tentang cara kerja dedicated server dengan membaca penjelasan di bawah ini yuk!

  1. Saat pengguna mengakses sebuah website melalui browser melalui protokol HTTP, maka permintaan akses tersebut akan langsung dikirimkan ke server hosting.
  2. Melalui media internet tersebut kemudian server akan mengirimkan informasi file yang diminta.
  3. Selanjutnya oleh browser informasi tersebut akan diterjemahkan ke dalam bentuk yang dapat dilihat oleh pengguna, seperti gambar atau teks.
  4. Setelah berhasil diterjemahkan, maka pengguna dapat langsung melihat tampilan website tersebut.

Dari cara kerja dedicated hosting di atas, bisa diartikan bahwa memang saat menggunakannya kamu akan diberikan server kosong yang nantinya kamu bisa menambahkan software dan juga elemen lain yang memang kamu butuhkan untuk meningkatkan fungsional website.

Baca Juga: Begini Cara Memilih Hosting untuk Aplikasi Android Buatanmu!

Apa saja Kelebihan Dedicated Hosting?

Kini saatnya membahas kelebihan dedicated hosting supaya kamu tahu apa saja kelebihan jika kamu menggunakannya. Simak penjelasan kelebihan dedicated hosting!

1. Tidak akan terganggu dengan pengguna lain

Kelebihan dedicated hosting yang utama yaitu pengguna tidak akan terganggu dengan pengguna yang lain karena kita tahu bahwa satu server hanya milik satu pengguna saja. Jadi kamu tidak perlu khawatir terkena imbas dari pengguna lain lagi saat menggunakan dedicated hosting. Selain itu, performa website juga akan tetap stabil tanpa pengaruh juga dari pengguna lain. Jika menggunakan shared hosting, apabila ada satu pengguna yang terkena hack, maka meningkatkan kemungkinan pengguna lain juga merasakan hal yang sama.

2. Sumber daya milik sendiri sepenuhnya

Kelebihan dedicated server berikutnya yaitu kamu akan mendapatkan semua sumber daya yang ada di dalam server tersebut secara sepenuhnya tanpa dibagi dengan pengguna lain. Alhasil kamu bebas melakukan segala sesuatu tanpa ada batasan limit tertentu yang biasanya ditemukan pada jenis hosting yang lain. Jadi, kamu bebas melakukan kreasi dan kustomisasi sendiri!

dedicated hosting adalah
Sumber: Envato

3. Bebas melakukan kustomisasi

Dedicated hosting adalah jenis hosting yang sangat mudah untuk disesuaikan dengan kebutuhan, seperti kamu ingin menambahkan CPU, memori, dan penyimpanan sebanyak yang kamu mau. Selain itu kamu juga diberikan kebebasan untuk penggunaan software dan hardware pendukung lainnya. 

4. Bisa dikontrol secara remote

Kelebihan dedicated hosting adalah bisa dikontrol jarak jauh atau remote jarak jauh. Di zaman sekarang kita pasti akan memilih segala sesuatu yang mudah dan instan bukan? Kemudahan tersebut akan kamu dapatkan jika memilih untuk menggunakan jenis hosting ini karena kamu hanya perlu melakukan pengelolaan server jarak jauh tanpa harus mendatangi server fisik setiap kali dibutuhkan.

Baca juga: Begini Cara Memilih Hosting untuk Aplikasi Android Buatanmu!

Kekurangan Dedicated Hosting

Setelah membaca semua pembahasan sampai sini, kamu juga harus tahu apa saja kekurangan dari dedicated hosting agar kamu bisa lebih mempertimbangkan lagi jika akan menggunakannya.

1. Harganya yang mahal

Kekurangan pertama dan yang paling mencolok dari dedicated hosting adalah harganya yang dibilang cukup mahal. Tidak heran karena satu server hanya milik satu orang saja. Jika kamu membandingkan dengan jenis hosting yang lain, jelas dedicated hosting akan kalah. Tapi memang harga sesuai dengan kualitas yang diberikan kan! Semakin tinggi spesifikasi server yang kamu pilih maka akan semakin tinggi juga harga yang dibandrol.

2. Harus memiliki pengetahuan server

Hal selanjutnya yang menjadi kekurangannya yaitu pengguna harus memiliki pengetahuan server yang mumpuni karena dedicated hosting adalah server yang kosong. Apabila kamu salah memilih software pendukung justru akan membuat server tidak berjalan optimal.

Misalnya saat kamu akan memasang software untuk keamanan lalu kamu salah memilih software. Wah berarti keamanan server akan terancam dong! Jadi sebelum memilih menggunakan dedicated software kamu harus benar-benar bisa melakukan pengelolaan server.

dedicated hosting adalah
Sumber: Envato

Alternatif dari Dedicated Hosting

Apabila kamu ingin menggunakan dedicated hosting tapi merasa harganya yang masih terlalu mahal, kamu bisa coba menggunakan beberapa opsi hosting dengan dedicated sumber daya di bawah ini.

1. VPS Hosting

Virtual Private Server atau VPS adalah server virtual yang masih dibagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil (virtual machine). Namun VPS tersebut hanya digunakan oleh satu pengguna saja. Yang artinya semua sumber daya digunakan sepenuhnya oleh pengguna tersebut tanpa harus berbagi dengan pengguna yang lain. Berikut adalah manfaat VPS:

  • Mendapatkan alamat IP yang bersifat dedicated.
  • Bebas dalam melakukan konfigurasi keamanan.
  • Bebas melakukan kustomisasi virtual machine sesuai dengan keinginan, seperti memilih sistem operasi yang akan digunakan, software apa saja yang dipasang, dan yang lainnya.

Dimana kamu bisa membeli VPS hosting yang terjamin keamanan dan kualitasnya? VPS Hosting Domainesia adalah pilihan yang sangat cocok untuk kebutuhanmu. Mulai dari Rp 80.000 per bulan, kamu sudah bisa mendapatkan infrastruktur menarik dan juga dukungan DomaiNesia yang selalu siap membantu kamu jika mengalami kendala.  

2. Cloud Hosting

Cloud hosting adalah layanan hosting yang menggunakan lebih dari satu server. Saat terjadi gangguan pada satu server, maka akan dialihkan menggunakan server lain sehingga website akan tetap aman dan stabil. Manfaat yang akan kamu dapatkan jika menggunakan cloud hosting:

  • Performa stabil.
  • Dilengkapi dengan teknologi cluster sehingga server bisa diakses oleh jutaan orang.

Apakah Dedicated Hosting Adalah Pilihan Terbaik untuk Kamu?

Dapat disimpulkan bahwa pengertian dedicated hosting adalah server yang hanya digunakan oleh satu pengguna saja yang berarti seluruh sumber daya didalamnya milik pengguna tunggal. Hosting ini cocok untuk kamu yang membutuhkan sumber daya yang besar karena trafik website yang tinggi.

Banyak fungsi dan kelebihan yang akan kamu dapatkan jika menggunakannya mulai dari kontrol penuh terhadap server, keamanan website yang tinggi, optimasi website dalam pencarian, dan masih banyak yang lain. Namun kekurangannya yaitu harganya yang terlampau mahal jika dibandingkan dengan jenis hosting yang lain.

dedicated hosting adalah
Sumber: Envato

Nah solusinya kamu bisa menggunakan hosting dengan sumber daya yang dedicated seperti VPS murah dan Cloud. Bagi kamu yang mencari jenis hosting Cloud dan bingung menggunakan layanan hosting maka Hosting Murah Domainesia bisa kamu gunakan sekarang juga. Dilengkapi dengan fitur Cloud Storage (NVMe SSD) yang membuat performa website tinggi dan juga stabilitas maksimal.

Selain itu juga dilengkapi dengan web accelerator, remote daily backup, HTTP/3 dan Brotli, dan masih banyak yang lain. Dengan fitur yang sangat menarik dan menjanjikan kamu hanya perlu membandrol mulai harga Rp 12.250 per bulannya.

Tapi bagi kamu yang membutuhkan hosting WordPress yang hanya sekali klik dan memiliki fitur instant deploy, WordPress Hosting Domainesia bisa kamu beli juga di DomaiNesia! Yang pasti dengan fitur menarik dengan harga Rp 25.000 per bulannya. Wow sangat murah bukan? Yuk tunggu apa lagi!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds