• Home
  • Berita
  • Output Adalah: Kenali Definisi, dan Penggunaan Perangkat Output!

Output Adalah: Kenali Definisi, dan Penggunaan Perangkat Output!

Oleh Hiqbal Fauzi
No ratings yet.
output adalah

Pada sebuah sistem yang ada di dalam perangkat elektronik seperti komputer, laptop, tablet dan sebagainya, mereka bisa menampilkan sebuah layar yang berisikan hal-hal yang telah kita perintahkan atau ingin dilakukan. Mulai dari ukuran layar yang kecil seperti pada handphone pada zaman awal 2000-an hingga saat ini yang sering kita sebut sebagai smartphone berlayar semakin lebar dan memiliki teknologi touchscreen. 

Bagaimana sebuah perangkat dapat menampilkan itu semua? Bahkan bisa mengikuti perintah kita untuk melakukan suatu aktivitas. Sebuah perangkat dapat menampilkan berbagai macam hal karena mereka memiliki proses input dan output. Pasti kamu sudah tidak asing lagi mendengarnya. Input disini berarti hal-hal yang kita masukkan sebagai perintah atau dari sistem. Bagaimana untuk output? Lebih detailnya, yuk kita bahas pada artikel ini, simak hingga akhir artikel ya!

output adalah
Sumber: Envato

Baca Juga : 10+ Jenis Perangkat Komputer dan Fungsinya

Output Adalah

Input dan output adalah satu pasangan yang tidak terpisahkan. Jika input adalah sebuah masukan berupa data, perintah, atau informasi yang akan di proses, maka output adalah respon, tampilan, atau suara yang merupakan dampak dari adanya masukan atau input di awal.

Mengapa mereka tidak terpisahkan? Karena output tidak akan muncul jika tidak terdapat input yang dilakukan sebelumnya. Output adalah hasil atau jawaban dari apa yang kita harapkan pada saat memasukkan sebuah inputan. Dengan adanya output, kita dapat dengan mudah berkomunikasi dengan sistem atau perangkat yang sedang digunakan. 

Ciri-Ciri Perangkat Output

Output adalah respon dari input yang sudah diberikan. Sebuah mesin ataupun sistem bisa berinteraksi dengan manusia jika menggunakan input dan output yang tepat penggunaannya. Untuk lebih mudah mengenalnya lebih dalam, yuk kita cari tahu ciri-ciri dari output pada penjelasan berikut ini!

1. Dapat Berinteraksi

Pada konteks teknologi, sebuah output nantinya akan menjadi perantara komunikasi manusia dengan mesin. Mesin diolah dengan bahasa yang tidak bisa dibaca oleh manusia dengan mudah, jadi sebuah sistem output akan menampilkan bahasa yang bisa dimengerti manusia setelah melewati beberapa proses didalamnya. Ciri utama dari sebuah output adalah dapat berinteraksi dengan beberapa pihak, karena output akan menjadi perantara adanya perintah serta permintaan dari kedua belah pihak.

2. Dapat Memvisualisasikan Respon 

Kemudian sebuah output juga harus bisa memvisualisasikan apa hasil dari rangkaian proses yang berasal dari sebuah input. Visualisasi yang dimaksud dapat berupa tampilan ataupun suara. Tugas utama output adalah agar memahami apa dampak dari sebuah input dan rangkaian proses lebih baik. Dengan divisualisasikannya sebuah output, akan membuat komunikasi akan lebih efektif dan interaktif.

3. Memiliki Input

Ciri-ciri output selanjutnya adalah memiliki input. Untuk menampilkan sebuah respon ataupun hasil, sistem pasti membutuhkan data atau informasi sebagai sumber daya yang dapat digunakan. Sebuah output tidak mungkin muncul begitu saja tanpa adanya output. Contohnya jika kamu sedang menggunakan PC dan memutuskan untuk klik tombol shutdown sebagai input, selanjutnya PC tersebut akan memberikan respon untuk mati sebagai outputnya.

4. Terdapat Media Khusus dalam Menghasilkan Output

Terakhir, ciri-ciri output adalah memiliki media khusus untuk menampilkan atau mengeluarkan output yang dimilikinya. Contohnya pada PC, pada PC terdapat monitor yang dapat memvisualisasikan apa-apa saja yang kita lakukan, perintah yang diinstruksikan sebelumnya, hingga respon berupa output akan muncul pada layar tersebut. 

output adalah
Sumber: Envato

Baca Juga : Tips Memilih Hosting Untuk Pemula

Jenis-Jenis Output

Setelah memahami output adalah sebuah respon atau visualisasi dari adanya input, saat ini kamu harus memahami bahwa output memiliki dua klasifikasi yang pastinya sudah tidak asing dilihat. Di era digital ini, hampir setiap aktivitas kita bergantung pada input dan output. Dimana sajakah kita bisa melihat output ini? Berikut merupakan jenis-jenis output, fungsi, serta ciri-cirinya yang harus kamu ketahui!

1. Perangkat Output

Pertama, terdapat perangkat output. Perangkat output adalah perangkat yang dapat menampilkan respon atau visualisasi dari sebuah informasi yang ingin disampaikan oleh mesin. Perangkat output adalah berbentuk hardware. Seiring berkembangnya jaman, perangkat output sudah memiliki cara untuk menampilkan respon yang beragam. Berikut merupakan penjelasan lebih detail terkait perangkat-perangkat output

a. Contoh Perangkat Output

Komputer

Komputer adalah salah satu perangkat keras yang umurnya sudah tidak muda lagi, dengan berkembangnya zaman, komputer menjadi salah satu perangkat output yang paling populer. Segala aktivitas saat ini bisa dilakukan melalui komputer dengan melakukan aktivitas atau interaksi pada layar monitor. Perangkat output satu ini, selain interaktif dan menampilkan respon-respon yang dimiliki oleh sistem, komputer juga dapat mengeluarkan output berupa suara jika dibutuhkan.

Smartphone

Siapa yang tidak memiliki Smartphone? Smartphone adalah salah satu perangkat keras yang saat ini sudah umum dimiliki oleh masyarakat. Smartphone saat ini memiliki layar yang lebar dari 4,7 hingga 6,5 inchi. Output dari sistem yang dimiliki oleh smartphone akan tertampil melalui layar, kemudian suara melalui speaker yang melekat pada smartphone tersebut. 

Headphone

Selanjutnya adalah perangkat output yang tidak memiliki layar monitor seperti kedua contoh di atas, yaitu headphone. Headphone merupakan perangkat output berupa suara yang berasal dari perangkat lain. Headphone bekerja jika terkoneksi dengan perangkat lain seperti smartphone atau laptop kemudian jika terdapat input berupa suara yang diperintahkan untuk diputar, maka perangkat tersebut akan mengirimkannya melalui kabel atau nirkabel kepada perangkat headphone yang akan langsung terdengar di telinga kita.

2. Program Sistem Output 

Kedua, terdapat program sistem output. Sistem output program adalah sebuah program/aplikasi, perangkat lunak atau software yang memiliki peran dalam menampilkan atau memvisualisasikan adanya respon atau informasi yang ada pada sistem. Sistem output ini biasanya berada di dalam perangkat seperti PC, smartphone, ataupun laptop. Sistem output biasanya akan lebih mengedepankan estetika dan kenyamanan penggunaan agar manusia lebih mudah berkomunikasi dengan perangkat lebih nyaman.

a. Contoh Sistem Output

Aplikasi 

Aplikasi seringkali kita gunakan melalui komputer maupun smartphone. Aplikasi dibuat agar dapat memudahkan manusia dalam memudahkan aktivitas setiap harinya. Aplikasi termasuk dari program sistem output karena di dalamnya terdapat antarmuka yang akan membantu kamu dalam menampilkan respon serta fitur-fitur yang dapat digunakan. Tentu saja melalui proses input-proses-output, sebuah perintah akan dikirimkan dan respon atau hasil akan ditampilkan melalui aplikasi.

Game

Selanjutnya yaitu game. Game adalah sistem yang mengedepankan antarmuka yang menarik dengan visualisasi yang interaktif. Pengguna akan memiliki kontrol penuh dengan sebuah game yang dimainkan. Kontrol yang dimiliki pemain tersebut akan menjadi sebuah input atau instruksi pada game yang selanjutnya akan mengarah pada output dari game tersebut.  

GUI pada Sistem Operasi

GUI atau Graphical User Interface adalah visualisasi yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan perangkat lunak atau sistem komputer dengan mudah. Contohnya yaitu sistem operasi linux, kamu bisa saja menggunakan linux tanpa menggunakan GUI, namun yang harus kamu lakukan adalah mengetikkan command setiap kali ingin melakukan sesuatu dan ingin mengetahui respon dari sistem.

Dengan adanya output yang ditampilkan melalui GUI, pengguna jadi lebih mudah memahami dan menggunakan suatu sistem operasi dan memaksimalkan fitur-fitur yang dimilikinya lewat icon-icon yang berada pada halaman awal.

output adalah
Sumber: Envato

Beli WordPress Hosting

Ciptakan Program Output Kamu Sendiri!

Kamu bisa loh membuat sebuah program output sendiri, contohnya yaitu membuat aplikasi ataupun website dengan tujuan-tujuan tertentu yang dapat memudahkan aktivitas kehidupan kita sehari-hari. Saat membuat website ataupun aplikasi, gunakan tampilan output yang nyaman dilihat dan responsif untuk meningkatkan interaksi antar sistem dan manusia.

Jika kamu ingin mengoptimalkan dari sisi input dan proses, kamu bisa menggunakan server pribadi yang akan lebih cepat serta responsif. Jangan lupa gunakan VPS DomaiNesia untuk mempercepat kinerja dari website kamu ya!

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at DomaiNesia with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds