• Home
  • Berita
  • Domain vs Subdomain; Perlu Menambah Subdomain pada Website?

Domain vs Subdomain; Perlu Menambah Subdomain pada Website?

Oleh Ratna Patria

Nama domain adalah komponen penting pada sebuah website. Domain bisa diibaratkan sebagai alamat rumah yang ada di internet. Itu sebabnya memilih nama domain tidak bisa sembarangan. Karena nama domain akan mempengaruhi bisnis kamu pada platform online.

Nama domain sama sama saja dengan identitas usaha atau pekerjaan yang kamu lakukan pada website tersebut. Sama seperti sebuah alamat rumah kamu di internet.

Dalam membuat website banyak sekali fitur atau komponen penting yang harus dimiliki, seperti hosting dan lainnya. Ada suatu fitur yang mungkin sebagian orang merasa fitur ini tidak terlalu penting. Fitur tersebut adalah subdomain.

Perbedaan Domain vs Subdomain?

Semua pemilik website sudah pasti tahu apa itu domain. Lalu apa itu subdomain? Mungkin banyak orang pengguna internet atau bahkan pemilik website masih bingung apa itu subdomain, seberapa pentingnya kah menggunakan subdomain?

Domain vs Subdomain
Sumber: Pixabay

Subdomain adalah sebuah bagian dari nama domain utama. Subdomain bukanlah sebuah domain. Walaupun sama-sama seperti membuat website baru namun subdomain tidak bisa disamakan dengan domain utama.

Perbedaaan domain vs subdomain terletak pada nama domain yang nantinya akan dibuat. Maksudnya adalah subdomain hanyalah pembagian ruang atau domain yang induknya tetap pada domain utama. Subdomain biasanya dilakukan jika kamu ingin membagi sebuah website menjadi beberapa bagian.

Sebagai contoh website yang menggunakan domain vs subdomain adalah detik.com. Detik.com adalah domain utama website tersebut, namun situs ini memiliki beberapa subdomain seperti: sport.detik.com, oto.detik.com, travel.detik.com dan masih banyak lagi.

Domain vs subdomain berbeda secara umum, tetapi banyak sekali pemilik website yang membuat website dengan nama subdomain. Hal tersebut biasanya dilakukan untuk beberapa tujuan tertentu. Karna fungsi dari subdomain sendiri sama seperti website pada umumnya.

Apa Sih Keuntungan Menggunakan Subdomain ?

Kamu mungkin bertanya-tanya untuk apa menggunakan subdomain? Toh sudah ada domain utama. Kenapa banyak orang yang menggunakan nama subdomain sebagai nama websitenya?

Jawabannya sudah sangat jelas, karena subdomain memiliki banyak keuntungan yang lebih spesifik. Diantara keuntungan menggunakan subdomain sebagai berikut:

Domain vs Subdomain
Sumber: Pixabay
  • Menyediakan Fitur Serupa Website Asli

Mungkin kamu akan bertanya mengenai fitur pada subdomain, karna walau bagaimanapun fitur adalah bagian penting dari sebuah website. kamu tidak perlu takut fitur yang ada hampir sama seperti domain utama. kamu juga bisa menggunakan berbagai macam CMS misalnya WordPress, Joomla, dan lain sebagainya.

  • Website Versi Gratis

Dengan menggunakan subdomain maka kamu bisa membuat website tanpa mengeluarkan biaya alias gratis. Hal ini tentu saja sangat menarik bukan? karena kamu tidak perlu membayar apapun.

Hal yang perlu dicatat jangan jadikan subdomain kamu sebagai web utama karena untuk dapat mencapai tingkat kredibilitas yang tinggi sebaiknya kamu menggunakan domain bukan subdomain. Jika kamu menggunakan subdomain sebagai nama domain maka kamu akan dianggap tidak profesional.

  • Bagus untuk SEO

Keuntungan lain menggunakan subdomain adalah membantu SEO. Cara ini sering dilakukan oleh internet marketer dan pemilik website besar. Mereka memaksimalkan penggunaan keyword dengan menempatkan keyword di dalam domain. Seperti yang dilakukan detik.com.

Domain vs Subdomain
Sumber: Pixabay

Sebelum Memutuskan Membuat Subdomain…

Itulah beberapa keuntungan menggunakan subdomain dan masih banyak keuntungan lainnya. Subdomain juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah instalasi dari subdomain ini lebih rumit karena harus memasukan DNS tertentu.

Dan juga beberapa platform iklan digital hanya memperbolehkan menggunakan nama domain bukan subdomain. Semoga informasi mengenai domain vs subdomain ini bisa bermanfaat. Akan tetapi perlu kamu ingat, jika kamu ingin dicap sebagai pemilik bisnis atau pemilik website yang profesional maka silahkan gunakan domain.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!