• Home
  • Berita
  • Ingin Investasi Nama Domain? Ikuti Aturan Mainnya

Ingin Investasi Nama Domain? Ikuti Aturan Mainnya

Oleh Ratna Patria

Pada era digital saat ini kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa dibendung perkembangannya. Hampir semua bisnis bisa dilakukan secara online. Bahkan kamu bisa berbisnis yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Pernahkah kamu berpikir untuk berinvestasi domain?

Perlu kamu ketahui investasi domain menjadi hal yang cukup menjanjikan walaupun banyak sekali pesaing jika kamu ingin berinvestasi di bisnis ini. Apa itu nama domain? Sederhananya domain adalah nama URL atau alamat website.

Peluang Bisnis Investasi Domain

Perkembangan dunia digital saat ini membuat permintaan pembuatan website semakin meningkat. Hal ini dijadikan peluang bisnis oleh sebagian orang. Bisnis jual beli domain unik sebenarnya sudah menjadi tren yang cukup lama. Namun, seiring berkembangnya bisnis online, bisnis jual beli domain ini juga ikut menjamur.

investasi domain
Sumber: Pixabay

Walaupun sudah banyak orang yang menggeluti bisnis ini tapi bukan berarti kesempatan untuk para pemula sudah tertutup. Jika kamu berpikiran untuk mulai meraup rupiah dari bisnis ini, kamu harus tahu aturan main layaknya investasi atau bisnis lainnya.

Hal-hal yang Perlu Kamu Tahu

Menariknya bisnis ini bisa dilakukan sendiri. Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum kamu memulai bisnis jual beli domain. Jika kamu melakukannya dengan tepat maka kamu akan mendapat banyak keuntungan dari bisnis ini.

  1. Riset Tren dan Pasar

Sebelum memulai bisnis ini ada baiknya kamu melakukan riset pasar secara terus menerus. Hal ini untuk membantu kamu memperbarui pengetahuan kamu tentang hal apa saja yang sedang up to date. Dunia internet sangatlah cepat. Sebuat trend bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Tren budaya, industri, atau peristiwa terbaru bisa membuat nama domain yang tadinya tidak dilirik, menjadi mendadak diminati banyak orang. Jika kamu tidak melakukan riset pasar makan peluang kamu akan langsung diambil oleh kompetitor kamu.

  1. Pilih Top Level Domain Potensial

Kamu dapat memulai investasi dengan membeli nama domain murah seperti ekstensi .COM. Mengapa? Karena domain ini merupakan ekstensi domain yang paling populer di seluruh dunia. Peluang kamu dalam berinvestasi domain .COM terbuka lebih luas tapi bukan berarti jika kamu membeli eksistensi yang lain peluangnya kecil.

investasi domain
Sumber: Pixabay
  1. Domain Bermerek Dagang

Sama seperti bisnis-bisnis lainnya kamu harus pandai-pandai melihat peluang. Domain-domain yang memiliki trademark atau merek dagang terdaftar biasanya dapat menarik pembeli dengan modal yang besar. Hal ini membuat peluang untuk kamu mendapat keuntungan terbuka lebih lebar. Walaupun kamu harus berhadapan dengan resiko yang cukup besar juga.

  1. Kualitas diatas kuantitas

Saat ini domain bisa kamu beli dengan harga yang cukup terjangkau. Namun bukan berarti kamu bisa membeli ratusan domain sekaligus tanpa pertimbangan matang. Pilihlah domain yang menjanjikan untuk dibeli dan tunggu momen kenaikannya.

  1. Promosikan Domain Kamu

Sama seperti bisnis-bisnis lainnya, pada bisnis jual beli domain pun kamu membutuhkan yang namanya promosi. Investasi domain bisa lebih mendapatkan hasil yang maksimal jika kamu mempromosikannya. Kamu bisa mempromosikan dengan memasang iklan pada sejumlah marketplace domain dan berikan penawaran yang menarik.

investasi domain
Sumber: Pixabay

Penasaran? Coba Sekarang!

Demikian beberapa aturan main jika kamu ingin memulai bisnis jual beli domain. Jadi, kamu bisa memulai bisnis ini segera mungkin. Berbekal riset pasar yang cukup dan sedikit kreatifitas kamu bisa meraup keuntungan besar di bisnis jual beli domain ini.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Iyanpcb Official
May 9, 2020

Terima kasih banyak telah berbagi info yang sangat bermanfaat buat saya, yang masih awam ini. Semoga dengan trik ini bisa mendongkrak popularitas chanel youtube saya di http://www.youtube.com/c/iyanpcbofficial

Kaharuddin
May 8, 2020

ingin buat aplikasi

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!