• Home
  • Berita
  • 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Kartu Nama

6 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Kartu Nama

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Hampir setiap orang yang bekerja sebagai profesional baik dalam bisnis ataupun bekerja pasti sudah sangat familiar dengan yang namanya kartu nama. Kartu nama sendiri adalah kertas kecil yang berisi informasi identitas bisnis kamu. Hampir semua orang memperkenalkan bisnis kamu menggunakan kartu nama.

Hubungan bisnis terjalin atas dasar kepercayaan dan kepercayaan itu tidak dibentuk dalam waktu yang singkat. Banyak bahkan bisa dibilang hampir semua terjalinnya hubungan bisnis dimulai dari hal kecil yaitu bertukar kartu nama.

Manfaat Memiliki Kartu Nama Pribadi

Pada era teknologi saat ini mungkin kartu nama dianggap salah satu barang konvensional. Meski demikian kartu nama pribadi masih digunakan semua orang dalam menjalin hubungan bisnis. Sebenarnya apa sih fungsi dari benda kecil berisi identitas kamu dan bisnis kamu?

Kartu Nama Pribadi
Sumber: Pixabay

Padahal kartu nama pribadi hanyalah sebuah benda kecil dan simpel tapi mungkin kamu tidak akan menyangka jika benda tersebut bisa mengubah bisnis kamu. Berikut beberapa alasan mengapa kamu perlu membuat kartu nama:

  1. Memberikan Kesan Profesional

Saling bertukar kartu nama pribadi tentu tidak asing dikalangan profesional terutama dalam berbisnis. Dengan memiliki kartu nama maka kamu secara tidak langsung memberi tahu kepada calon client atau calon partner kamu jika bisnis yang kamu bangun itu tidak main-main. Mereka pun akan menganggap jika kamu adalah orang yang profesional.

Oleh karena itu kamu perlu mendesain kartu nama pribadi kamu dengan design yang menarik. Hal tersebut akan membuat orang yang akan menjadi konsumen atau partner kamu tidak ragu untuk melakukan kerja sama atau melakukan transaksi pembelian.

  1. Media Promosi

Kartu nama pribadi juga bisa dijadikan sebagai media promosi bisnis kamu. kamu bisa memasukan logo perusahaan kamu selain tentunya nama perusahaan dan nama jabatan kamu.

Selain itu kamu bisa memasukan profil bisnis kamu secara singkat misalkan bisnis kamu bergerak dibidang apa atau kamu bisa juga memasukan produk yang memang kamu jual. Buatlah kartu nama pribadi simpel dan sekreatif mungkin.

  1. Membangun Koneksi

Hal yang satu ini tentu kamu semua telah mengetahuinya. Berapa banyak bisnis yang berkembang menjadi besar hanya berawal dari sebuah kartu nama . Tentunya kamu tidak ingin membiarkan kesempatan besar hilang di depan mata kamu bukan?

Itulah pentingnya memiliki kartu nama pribadi. Jika kamu berinteraksi dengan orang lain dan kamu melihat ada peluang bisnis disana kamu bisa langsung bertukar kartu nama.

Kartu Nama Pribadi
Sumber: Pixabay

 

  1. Membangun Brand Image

Apakah kamu pernah bertukar kartu nama dengan seseorang yang memiliki desain yang keren? Mengapa orang tersebut sampai harus membuat desain sebagus itu hanya untuk sebuah kartu nama pribadi?

Hal tersebut berkaitan dengan brand image dari perusahaan atau bisnis yang orang tersebut geluti. Semakin bagus dan unik desain kartu nama pribadi kamu, hal tersebut akan menjadi brand image yang baik untuk perusahaan kamu. Buatlah kartu nama sesuai dengan konsep bisnis kamu.

  1. Murah

Sebenarnya untuk yang satu ini adalah hal yang relatif. Harga sebuah kartu nama ditentukan oleh design dan material yang kamu gunakan untuk kartu nama tersebut. Jangan karena fokus kamu ingin membuat kartu nama yang unik maka kamu mengesampingkan budget.

Karena yang paling penting dari kartu nama pribadi adalah bagaimana kamu bisa membuka ruang diskusi yang lebih luas lagi dari kartu nama tersebut. Oleh sebab itu jangan sampai melupakan poin-poin penting yang harus tercantum di dalam kartu nama kamu.

  1. Kartu Nama Bisa Meningkatkan Lead Generation

Kartu nama bisa membantu kamu memenangkan klien baru. Secara umum, kartu nama dibagikan setelah kamu membuat koneksi dengan seseorang. Kamu juga bisa memberikan kartu nama setelah mempromosikan brand kamu.

Desain kartu nama biasanya hanya satu sisi saja. Manfaatkan sisi lainnya untuk membuat Unique Selling Proposition (USP). Kamu bisa menulis tips, trik, atau hal unik lain yang merepresentasikan bisnismu.

Kartu Nama Pribadi
Sumber: Pixabay

 

Buat Kartu Nama Kamu Sebaik Mungkin

Itulah 6 alasan mengapa kamu masih bahkan sangat perlu membuat kartu nama. Dengan kartu nama kamu tidak perlu repot mencatat kontak orang yang ingin kamu jadikan partner atau kontak calon konsumen kamu. Karena di dalam kartu nama semua kontak penting yang kamu butuhkan sudah tercantum.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Akhmad Kusairi
May 9, 2020

Channel yang dapat memberikan isnpirasi dan mengetahui kuliner nusantara dengan ikuti Channel Youtube: SAIREY AKHMAD

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!