File Transfer Protocol: What Beginners Should Know6 min read

No ratings yet.

FTP adalah cara untuk melakukan transfer secara online. Yang kita tahu selama ini, situs yang dikunjungi di browser adalah ‘internet’. Browser yang kita gunakan sehari-hari ini hanya menggunakan satu protokol, yaitu HTTP. Selain HTTP, ada banyak protokol lain yang secara kolektif akan membentuk internet. Misalnya IMAP dan POP, dua protokol yang digunakan klien email untuk mengirim dan menerima pesan. Sementara XMPP adalah protokol yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan instan. Begitu pula dengan FTP, yang juga merupakan sebuah protokol semacam itu.

FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol. Ia merupakan protokol tertua yang masih digunakan hingga saat ini, dan masih menjadi cara yang nyaman untuk memindahkan file. Server FTP menawarkan akses ke direktori dan sub-direktori. Pengguna terhubung ke server ini dengan klien FTP, sebuah perangkat lunak yang memungkinkan kamu mengunduh file dari server dan mengunggah file ke sana. Tidak banyak pengguna internet yang menggunakan FTP, tapi buat kamu yang sedang membangun website, FTP adalah alat yang penting. Tools ini cukup mendasar di dunia website, jadi kamu juga perlu tahu meskipun kamu bukan seorang developer.

File Transfer Protocol From A to Z

FTP adalah alat yang akan membantu kamu untuk memindahkan informasi dari komputer ke server, tempat sebuah situs di web-host. Kalau kamu ingin menginstal WordPress di server web, kamu akan memerlukan FTP ini untuk menyalin file. Hal itu juga bisa digunakan sebagai cara untuk berbagi file. Satu orang akan mengunggah file ke server FTP, kemudian membagikan tautan tersebut ke orang lain. Penggunaan FTP memang semakin berkurang karena sudah banyak layanan cloud yang dirasa lebih mudah digunakan. Namun masih ada beberapa pihak yang memiliki file di host, di home server dan menggunakan FTP untuk mengaktifkannya.

Hal penting yang harus kamu tahu adalah FTP bisa dikatakan kurang aman. Menggunakan FTP sama seperti kamu kembali ke tahun 1971, waktu-waktu dimana cybersecurity belum booming. Transfer FTP tidak dienkripsi, sehingga relatif mudah untuk mencegat file. Karena alasan ini pula, sekarang lebih banyak orang yang menggunakan FTPS. Pada dasarnya, FTPS bekerja dengan cara yang sama dengan FTP, namun lebih aman karena sudah terenkripsi. Jadi tidak sembarang orang bisa melihat file yang ada di dalamnya. FTPS adalah FTP yang dilengkapi dengan SSL.

ftp adalah

Sumber: Pixabay

FileZilla dan CyberDuck adalah dua contoh FTP yang banyak direkomendasikan. Keduanya memiliki fitur yang lengkap dan sudah berpengalaman selama bertahun-tahun. Mereka sudah membuat user interface dan alat yang semakin disempurnakan untuk membuat proses transfer file FTP lebih cepat dan mudah. Kamu juga bisa mengatur server FTP mu sendiri. Kamu yang menggunakan Windows bisa mengunduh dan menjalankan server FileZilla. Sementara untuk pengguna Mac tidak memerlukan perangkat lunak pihak ketiga. Kamu cukup membuka “Sharing” di System Preferences, lalu aktifkan “Remote Login”. Ini akan mengaktifkan server FTPS di Mac kamu, sehingga kamu aman untuk menjelajah komputer dan mengambil file dengan FTP apapun.

  • Logging in

Menghubungkan ke server FTP sama seperti menghubungkan ke hampi semua server lain di website. Sama ketika kamu ingin masuk ke akun Hotmail atau e-commerce seperti Lazada atau Tokopedia, kamu harus memiliki alamat server, nama pengguna, dan kata sandi sebelum bertukar informasi dengan server. Berikut adalah contoh set login untuk sebuah server FTP.

Site: my.domainesia.com login: maxblack pass: XbvCk046gaff port: 21

Baris pertama dalam contoh di atas adalah alamat situs, alamat server FTP yang ingin disambungkan. Baris kedua dan ketiga adalah contoh username dan password. Baris terakhir adalah port yang disambungkan ke server. Kamu bisa membayangkan port adalah pintu kecil di server. Sebagian besar server di web memiliki banyak pintu, masing-masing dengan tujuannya sendiri. Setiap port menangani jenis transaksi tertentu antara server dan klien. Seringkali nomor port akan ditampilkan pada akhir alamat web server, dipisahkan oleh tanda titik dua. Misalnya seperti ini ftp.contoh.org:21

Kamu tidak perlu tahu setiap port TCP/IP tunggal untuk setiap aplikasi internet yang ada, tetapi paling tidak kamu harus bisa mengenali nomor port. Ini akan penting ketika kamu terhubung ke server yang merutekan koneksi FTP ke port lain yang tidak jelas.

  • FTP yang Anonim

Banyak server publik di internet yang memungkinkan pengguna untuk masuk dan mengunduh file melalui FTP dengan menghubungkan secara anonim. Saat kamu terhubung secara anonim ke server FTP, kamu tidak benar-benar anonim. Ada saat-saat kamu harus memasukan username dan alamat email sebagai kata sandi. Hal ini sebagai tanda sopan santun kepada administrator server, sehingga mereka bisa tahu siapa saja yang masuk dan mengunduh file. Anonim memang tidak diharuskan memberikan informasi pribadi apapun selama proses koneksi. Setiap sysadmin akan mencatat setiap sesi. Jadi, kalau kamu melakukan sesuatu yang jahat atau ilegal, administrator server memiliki domain host dan alamat IP kamu. Kamu bisa-bisa diblokir atau bahkan dituntut. Hal yang perlu diingat adalah anonim tidak pernah benar-benar anonim, jika menyangkut tentang FTP anonim.

ftp adalah

Sumber: Pixabay

  • Terbesar Dari Beberapa Klien

Sebagian besar klien FTP memiliki semua fitur dasar yang kamu perlu untuk menjadi pengguna FTP. Namun, mungkin kamu perlu waktu singkat trial and error sebelum menemukan klien FTP yang benar-benar sesuai. Pastikan saat memilih klien FTP, kamu mencari aplikasi yang:

  • Memiliki interface yang mudah digunakan, secara jelas menampilkan lokasi komputer dan lokasi jarak jauh.
  • Memiliki alat untuk mengelola beberapa akun yang bisa masuk di beberapa server
  • Mencatat sesi FTP
  • Memberikan pilihan antara FTP aktif atau pasif saat menghubungkan
  • Memungkinkan kamu untuk mengatur izin folder dan file di server

Untuk kamu pengguna Windows, aplikasi yang mudah digunakan dan gratis adalah Filezilla. Aplikasi ini cocok untuk pemula. Dibuat oleh komunitas open source yang dikepalai oleh Tim kosse. FileZilla memiliki semua fitur yang kamu perlukan untuk di crack. Aplikasi favorit pengguna Windows lainnya adalah WS_FTP Pro milik Ipswitch. Aplikasi ini menawarkan clean interface dan manajemen koneksi. Kalau kamu pengguna Macintosh, kamu bisa menggunakan Fetch Softwork, Panic’s Transmit. Klien FTP gratis ada Fugu atau sama seperti pengguna Windows, kamu juga bisa menggunakan Filezilla.

  • FTP Melalui Browser

Cara terbaik untuk menjalankan FTP adalah dengan menggunakan klien FTP. Namun terkadang, lebih mudah untuk mengambil file dari server FTP menggunakan web browser. Ketika browser diarahkan ke server dan bukan ke web server, http:// akan berubah menjadi ftp:// karena kamu bekerja dengan protokol yang berbeda. Alamat browser kamu akan menjadi seperti ini: ftp://username:password@ftp.contoh.org/

Ketika kamu menggunakan browser untuk terhubung ke server FTP, kamu mungkin juga diminta untuk login seperti ketika kamu ingin masuk ke FTP dengan menggunakan klien FTP (misalnya FileZilla). Setelah masuk ke dalam server, username dan password akan ditampilkan di jalur server, seperti contoh di atas. Kalau kamu login secara anonim, username akan muncul dengan kata ‘anonim’ dan alamat email kamu akan berfungsi sebagai kata sandi.

Web browser bisa menavigasi server FTP seperti halnya sistem file lainnya. Kamu bisa klik salah satu folder untuk menjelajahinya dan bisa mengklik file di dalamnya untuk mengunduh. Meskipun FTP melalui browser itu menyenangkan dan nyaman, menggunakan klien FTP adalah aturan umum. Jadi gunakanlah klien FTP pada saat-saat yang memungkinkan. Browser menawarkan fungsionalitas yang minimalis, dan tentu saja, keamanan yang minimalis juga.

So, Hal yang Perlu Digaris Bawahi Adalah

FTP adalah cara untuk melakukan transfer secara online. FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol. Ia merupakan protokol tertua yang masih digunakan hingga saat ini, dan masih menjadi cara yang nyaman untuk memindahkan file. Transfer FTP tidak dienkripsi, sehingga relatif mudah untuk mencegat file. Karena alasan ini pula, sekarang lebih banyak orang yang menggunakan FTPS. FTPS adalah FTP yang dilengkapi dengan SSL. Untuk kamu pengguna Windows, aplikasi yang mudah digunakan dan gratis adalah Filezilla. Kalau kamu pengguna Macintosh, kamu bisa menggunakan Fetch Softwork, Panic’s Transmit, dan Fugu.

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar