• Home
  • Berita
  • Ingin Merintis Bisnis UMKM? Jangan Lupa Buat Website UMKM Menarik!

Ingin Merintis Bisnis UMKM? Jangan Lupa Buat Website UMKM Menarik!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Sejak seluruh negara di bumi termasuk Indonesia dilanda pandemi Covid-19, memaksa masyarakat untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru. Seperti, semula berbisnis dilakukan secara langsung atau dikenal dengan face to face antara pembeli dan penjual.

Namun saat pandemi dipaksa untuk memutar otak bagaimana caranya agar bisnis tetap berjalan dan waspada penyebaran Covid-19 dengan membatasi mobilitas diluar rumah. Salah satu cara beradaptasi dalam hal bisnis adalah dengan membangun website bisnis.

Hal yang sama juga terjadi pada UMKM. Agar bisnis UMKM tetap eksis dan banyak peminatnya, pelaku UMKM disarankan untuk membuat website UMKM.

Pembuatan website UMKM sebenarnya tidak rumit, ada fitur DomaiNesia yang dapat membuat website hanya dengan sekali klik saja.

Sebelum mengetahui bagaimana caranya, yuk ketahui lebih dulu mengapa website UMKM sangat penting agar UMKM tetap eksis, simak artikel di bawah ini ya DomaiNesians!

UMKM Adalah Bisnis Yang Menjanjikan

UMKM memiliki kepanjangan Usana Mikro Kecil dan Menegah. UMKM adalah bisnis yang dimiliki oleh perorangan atau badan usaha yang memenuhi kriteria sebagai usaha mikro.

Biasanya usaha mikro bergerak di bidang perdagangan, pangan, olahan pangan, tekstil dan garmen, produk kayu, dan masih banyak lagi.

website umkm
Sumber : envato

Kebanyakan UMKM adalah bisnis yang dirintis oleh anak bangsa. Walaupun termasuk usaha mikro atau kecil, namun sebenarnya bisnis UMKM ini menyerap hampir 90% dari total tenaga kerja di Indonesia loh di tahun 2016.

Itu berarti bahwa bisnis UMKM sangat cepat berkembang di Indonesia dan juga mendongkrak ekonomi kreatif di Indonesia.

Kategori Bisnis UMKM Dominan di Indonesia

Sebenarnya semua bisnis atau ide kreatif mu bisa dijadikan bisnis UMKM. Nah berikut ini adalah sektor-sektor bisnis UMKM yang banyak berkembangan di Indonesia, antara lain :

Bisnis Kuliner

Siapa yang tidak suka kulineran? Dijamin semua masyarakat Indoensia senang dengan kulineran.

Bagaimana tidak, Indonesia merupakan negara kepulauan yang masing-masing pulau memiliki keunikan atau kuliner khas daerahnya. Dari situlah banyak berkembang bisnis UMKM pada sektor kuliner.

Selain mencari cuan, juga sambil mengenal kuliner-kuliner khas dari daerah tersebut.

Bisnis Fashion

Bisnis fashion sudah banyak berkembang dan bermacam-macam variasi model fashion di Indonesia. Apalagi mengikuti tren fashion yang hampir tiap bulan mengalami perubahan.

Sumber : envato

Nah sekarang ini kebanyakan bisnis fashion tidak hanya dapat dibeli secara offline namun juga online. Bisa melalui platform e-commerce atau juga dapat melalui website UMKM.

Bagi sebagian pelanggan, membeli secara online dianggap mudah dan efektif. Cukup klik-klik pada website dan melakukan pembayaran, maka pakaian yang dibeli akan tiba di rumah melalui ekspedisi paket.

Bisnis Kebutuhan Sehari-Hari

Bisnis UMKM juga sudah berkembang pada sektor kebutuhan sehari-hari seperti bahan masak, bahan mencuci, peralatan mandi, dan masih banyak lagi.

Salah satu contohnya adalah Sayurbox. Sayurbox adalah salah satu platform online yang memudahkan kamu untuk mendapatkan sayur, buah, bahan dapur cukup melalui aplikasi atau website.

Cukup memilih yang kamu butuhkan kemudian membayar, nantinya kebutuhan yang kamu pilih akan diantar ke rumah. Mudah bukan?

Bisnis Handcraft

Sektor lain yang banyak berkembang di Indonesia adalah bisnis handycraft atau kerajinan tangan.

Bisnis handycraft banyak ditemukan di daerah wisata, biasanya kerajinan-kerajinan yang dibuat nantinya akan dijadikan cenderamata atau oleh-oleh bagi wisatawan.

Adapun contoh produk yang biasa dibuat dengan kerajinan tangan misalnya, tas rajut, lilin aromaterapi, makrame, dan lainnya.

Sumber : envato

Beberapa Alasan Penting Penggunaan Website UMKM

Sudah terpikirkan ingin memulai bisnis UMKM sektor mana? Apabila sudah sebaiknya juga membangun website UMKM untuk bisnis mu ya.

Berikut ini beberapa alasan penting pengunaan website UMKM yang harus kamu ketahui, meliputi :

Diakses Kapan Saja dan Mudah

Alasan pertama adalah dapat diakses kapan saja dan mudah.

Apabila kamu menggunakan website untuk bisnis UMKM, maka secara otomatis kamu akan memberikan kemudahan pada calon dan pelanggan kamu.

Hal ini karena dengan menggunakan website, pelanggan mudah mengaksesnya kapan saja dan tentunya alur pembelian pun mudah.

Komunikasi Dengan Pelanggan Cepat

Selanjutnya alasan yang kedua adalah komunikasi dengan pelanggan dapat dilakukan dengan cepat. Komunikasi adalah hal yang krusial pada suatu bisnis.

Apalagi sebelum bertransaksi pasti calon pelanggan akan bertanya-tanya terkait produk yang dijual.

Maka dari itu, bagaimana caranya kamu harus menemukan cara untuk membangun komunikasi dengan cepat dan responsif dengan pelanggan.

Pada website sekarang ini sudah disediakan fitur WhatsApp yang secara langsung mengarah ke WhatsApp kamu.

Strategi Promosi Yang Murah

Apabila ingin membangun website, kamu memang harus menganggarkan untuk komponen-komponen website seperti domain, hosting, dan SSL.

Ketiga komponen penting tersebut disarankan harus ada saat kamu ingin membangun website. Domain sebagai alamat website yang juga menjadi nama bisnis. Hosting sebagai tempat penyimpanan website.

Sedangkan SSL sebagai pelindung website. Namun tenang saja! Tidak semua domain, hosting, dan SSL itu mahal. Ada juga yang murah, jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu.

“Bagaimana jika menggunakan website gratis?”

Sebenarnya menggunakan website gratis juga boleh-boleh saja namun tentunya ada batasan-batasan dari platform website gratis tersebut.

Seperti tidak bisa memilih domain, apabila penyimpanan full akan berikan tagihan upgrade, dan lain-lain.

Namun balik lagi, semua sesuai dengan kebutuhan ya DomaiNesians!

Mengikuti Perkembangan Digital

Di era digital sekarang ini, masyarakat lebih banyak bertransaksi secara online. Salah satunya melalui website. Untuk itu sebagai pelaku bisnis UMKM, kamu juga harus mengikuti perkembangan teknologi.

Tidak hanya menjual bisnis secara offline, namun juga menjual nya secara online. Digitalisasi yang mudah dilakukan adalah dengan membangun website UMKM.

Informasi Pelanggan Mudah Didapatkan

Pagi pelaku bisnis, informasi pelanggan merupakan informasi yang penting dan dapat dijadikan untuk strategi promosi.

Misalnya, saat kamu mendapatkane email pembeli, untuk menarik bertransaksi lagi kamu bisa memberikannya kode promo yang dikirimkan melalui email.

Informasi-informasi pelanggan biasanya didapatkan ketika mendaftar akun atau saat ingin membeli produk pada website.

Meningkatkan Kepercayaan

Apabila bisnis mu memiliki website sendiri, akan menambah nilai plus di mata pelanggan.

Nilai plus yang dimaksud adalah nilai kesan bisnis yang tidak abal-abal.

Sehingga pelanggan tidak merasa takut untuk bertransaksi pada bisnismu dan menaruh kepercayaan kepada produk bisnismu.

Membangun Branding

Website UMKM juga dapat digunakan sebagai branding bisnismu. Misalnya kamu bisa menambahkan konten-konten yang menarik di dalam websitemu yang mendukung branding bisnis.

Selain itu juga bisa menambahkan sosial media aktif, memasang logo dan tagline.

Mudah Menganalisis Tingkat Hidup Bisnis

Sekarang ini dalam berbisnis tidak hanya yang penting asal jalan dan cuan.

Namun juga dilakukan analisis agar bisnis tetap eksis dan tidak ketinggalan dengan kompetitor lainnya.

Kamu bisa menambahkan tools analisis bisnis seperti Google Analytics pada website UMKM.

Cara Membuat Website UMKM

“Bagaimana cara membuat website UMKM yang mudah dan anti ribet?”

Oke, sebelum kamu membuat website seperti yang sudah dijelaskan diatas, kamu harus mempersiapkan komponen website terlebih dahulu.

Kamu harus mempersiapkan untuk beli domain, beli hosting, dan SSL terbaik terlebih dahulu. Setelah domain, hosting, dan SSL yang kamu beli telah aktif, kamu bisa langsung membuat website.

Khusus di DomaiNesia ada fitur Instant Deploy yang cukup sekali klik apabila kamu ingin membuat website.

Banyak kategori website yang bisa kamu pilih, mulai dari blog hingga e-commerce. Atau kamu bisa mengikuti panduan cara membuat website.

Baca Juga : Pahami Cara Membuat Website Ecommerce

Siap Membuat Website UMKM Menarik?

Sudah tergerak hasrat untuk mengembangkan UMKM dengan membuat website UMKM? Kapan lagi jika tidak sekarang.

Segera pilih domain, hosting, dan SSL sesuai kebutuhan kamu dan bangun website UMKM dengan menarik.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds